TIPS SOCIAL MEDIA MARKETING
Tips social media marketing – Pada saat ini setiap suatu usaha tentu saja memiliki social media untuk mendukung proses pemasaran produknya. Bahkan saat ini telah banyak profesi khusus dalam social media marketing. Biasanya seseorang yang bekerja dalam social media marketing disebut dengan nama social media specialist.
Melihat adanya potensi yang besar dari social media marketing, yang menyebabkan banyak bisnis untuk memanfaatkan media social untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen. Social media marketing juga sudah menjadi pekerjaan baru saat ini. hal ini disebabkan karena saat ini semua dapat dilakukan secara online.
Tips social media marketing
Mengingat persaingan dalam social media marketing sangat ketat, anda perlu memiliki trik khusus untuk mengelola social media marketing. anda dapat mengikuti tips di bawah ini untuk mengelola social media marketing bisnis anda.
1.Brand persona
Tips pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat brand persona. Brand persona merupakan salah satu elemen yang paling penting untuk di libatkan. Hal ini akan mendukung anda dalam memasarkan suatu brand. Brand persona memiliki fungsi untuk mewakili personifikasi suatu brand maupun sebuah perusahaan.
Terdapat 5 jenis brand persona dalam bisnis, jenis tersebut antara lain :
- Sincerity
Sincerity dapat diartikan sebagai bahwa brand tersebut memiliki citra lugas dan mudah untuk dipercaya. Brand juga akan memberikan experience dari konsumen loyal sebagai sarana promosi. Sifat dari persona sincerity adalah jujur, hangat, ramah, ceria, dan juga nyata.
- Excitement
Excitement merupakan brand yang memberikan pengalaman tak terlupakan terhadap konsumen. Pada brand exitement bisnis berperan untuk mendorong konsumen supaya melakukan perjalanan serta mendapat experience baru. Sifat dari brand exitement adalah berani, imajinatif, bersemangat, memiliki kesan yang menyenangkan dan juga up-to-date.
- Competence
Competence memosisikan brand untuk dilihat menjadi top of pyramid atau market leader. Sifat yang dimiliki oleh competence sendiri seperti dapat diandalkan, inovatif, cerdas, berpengalaman dan juga pekerja keras.
- Sophistication
Pada jenis brand persona ini menunjukkan bawah brand memiliki kemewahan dan keunggulan dari bisnis tersebut. Jenis brand sophistication memiliki sifat seperti berkelas, elegan serta upper class.
- Ruggedness
Brand ruggedness merupakan brand yang memiliki citra dengan cara menekankan pada kekuatan dari para konsumen. Sifat dari brand ruggedness adalah maskulin, tangguh, serta memiliki tipe yang senang outdoor.
2.Memastikan brand image anda konsisten
Brand produk anda harus selalu terlihat dengan cara yang benar pada setiap platform social media. selain itu semua harus selaras dengan strategi branding termasuk dalam website anda. Selain aspek visual, hal ini juga mencangkup beberapa hal seperti pesan, nada dan juga nilai.
3.Fokus terhadap platform media social
Terkadang anda tidak perlu untuk fokus pada semua platform social media. namun yang terpenting adalah menciptakan dampak. Hal ini mungkin menjadi salah satu tips terbaik pada social media marketing.
Dalam hal ini hal yang terpenting adalah kualitas bukan kuantitas. Mengeluarkan konten di bawah standar hanya akan memperburuk keadaan social media yang anda miliki. Anda juga perlu untuk teliti serta merencanakan kehadiran social media anda agar sesuai dengan tujuan serta daya tarik target audiens.
4.Atur budget
Tips selanjutnya untuk mengelola social media adalah dengan mengalokasikan budget dengan baik. Hal ini disebabkan anda perlu untuk melakukan iklan pada social media dan tentu saja memiliki potensi untuk menjangkau calon konsumen.
Terdapat alasan yang menjadikan suatu bisnis perlu untuk melakukan iklan, diantaranya adalah :
- Hasil yang di dapat cepat
- Lebih murah di bandingkan Google Ads
- Target audiens yang lebih terarah sesuai dengan kebutuhan
- Anda dapat menjangkau calon konsumen berdasarkan target audiens
- Dapat meningkatkan peluang audiens untuk melakukan share terhadap konten anda
- Mendatangkan konsumen baru
- Dapat meningkatkan penjualan
5.Membuat kalender dan content pillar
Sebelum membuat konten anda perlu untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan eksekusi kampanye atau melakukan posting pada konten yang telah anda buat. Dengan cara menjadwalkan posting secara teratur, akan membantu social media marketer untuk menganalisis jenis konten yang akan di posting dalam waktu tertentu.
Unntuk memahami konten apa yang baik untuk di posting, anda perlu untuk membuat content pillar. Hal ini di buat dengan tujuan agar anda dapat memetakan jenis konten apa saja yang akan anda gunakan saat promosi.
6.Melakukan posting yang bermanfat dan relevan
Tidak ada yang lebih buruk dari sebuah postingan konten hanya untuk demi konten. Pada saat anda membuat postingan pada social media atau memikirkan kampanye anda perlu untuk menanyakan pada diri anda bagaimana konten tersebut membantu bisnis anda atau tidak.
Tujuan beberapa tujuan yang dapat di capai dengan social media adalah :
- Meningkatkan engagement (share, like, clik, dan reply)
- Meningkatkan kepuasan dan layanan kepada konsumen
- Lebih banyak kunjungan pada situs website anda
- Meningkatkan jumlah pengikut
- Meningkatkan brand awareness
Anda dapat menggunakan tips social media marketing di atas apabila anda ingin sukses dalam mengelola social media. anda dapat mengikuti pelatihan untuk meningkatkan skill anda dalam mengeloa social media.
Ikutilah pelatihan social media marketing bersama Akademi Kombas. Apabila anda membutuhkan narasumber anda juga dapat menghubungi kami.
Telp/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas