CARA MENAIKKAN PENJUALAN PADA SHOPEE
Cara Menaikkan Penjualan Pada Shopee – Shopee merupakan salah satu marketplace yang terkenal di Indonesia. Dengan adanya banyak pengunjung, membuat penjual juga semakin banyak. Maka dari itu Anda harus membuat sebuah Langkah atau cara untuk bisa menaikkan penjualan Anda. Bagaimana caranya? Yuk simak!
Cara Menaikkan Penjualan Pada Shopee
1.Analisa pasar
Jika Anda baru menggunakan marketplace shopee untuk berjualan, hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah dengan melakukan Analisa pasar. Anda bisa membuat riset mengenai produk apa yang akan di jual, seberapa besar target pasar yang akan Anda tuju, berapa harga yang akan di buat, dan melakukan riset yang lain.
Dengan menganalisa pasar, Anda menjadi paham seberapa besar persaingan yang ada. Cara yang dapat Anda lakukan dengan mencari produk yang ingin Anda jual lalu klik kolom “terlaris”
Amati apa yang membuat produk menjadi laris, apakah karena harganya yang murah, memiliki banyak varian, atau karena hal lain. Nah dari sini, Anda bisa memutuskan harga yang akan Anda gunakandan varian yang akan Anda jual untuk produk tersebut.
2.Menggunakan fitur Top Picks
Shopee menyediakan fitur Top Picks / sering di sebut dengan kategori halaman toko. Jadi penjual bisa manambahkan 4 sampai dengan 8 produk dalam 1 kategori. Dengan ini dapat memudahkan pembeli untuk memilih produk yang mereka inginkan pada toko Anda.
Agar dapat mengaktifkan fitur ini, yang harus anda lakukan adalah megakses akun penjual shopee. Masuk ke pusat penjualan setalah itu klik pusat pemasaran.
Lalu pilih “pilihan top” dan tambah koleksi. Nah di tahap ini, Anda akan dimintai untuk memberikan nama koleksidan memilih produk apa saja yang ingin Anda masukan.
Anda bisa membuat sampai 10 koleksi, namun hanya 1 koleksi saja yang dapat di tampilkan pada waktu tertentu. Jika Anda akan mengatur jam tayang koleksi, bisa di lakukan lewat halaman awal yaitu “ pilihan top” atau bisa juga “top picks”.
3.Mengikuti shopee campaign
Shopee sudah menyediakan banyak fitur untuk penjual memaksimalkan marketingnya. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah “My Campaigns”.Di situ Anda bisa mendaftarkan toko supaya di iklankan pada banner situs web secara gratis.
Ada beberapa kriteria jika Anda ingin mendaftarkan toko Anda untuk mengikuti Kampanye,
- Nama dan deskripsi produk di wajibkan sesuai dan jelas.
- Penjual bersedia untuk memberikan diskon dari 10 – 20%
- jika toko telah di setujui untuk mengikuti Campaign, maka harga yang ditawarkan harus bersaing.
Cara untuk mendaftarkan toko Anda pada fitur ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu masuk pada akun penjual Shopee, setelah itu ke tab “Marketing Centre”. Nah, pada tab tersebut akan di tampilkan fitur Shopee yang memiliki fungsi untuk meningkatkan penjualan pada Shopee. Terakhir, Anda hanya memilih fitur “Campaign”. Jika ada kampanye yang sedang berlangsung, maka akan muncul pilihan untuk mendaftar.
Dengan mengikuti fitur yang sedang di jelaskan tersebut, akan membuat produk Anda memiliki potensi besar untuk bisa di lihat oleh lebih banyak pengguna. Hal ini karena akan di tampilkan pada banner homepage Shopee dan di tampilkan lewat push notification.
4.Memberikan voucher
Dengan memberikan voucher toko kepada konsumen, maka bisa menarik mereka untuk banyak memasukan produk ke keranjang mereka. Anda bisa mengatur berapa batas untuk minimal belanja menggunakan voucher tersebut.
Cara untuk membuat voucher sangatlah mudah. Caranya buka laman pusat penjualan, pilih menu “voucher”. Dan sekarang ini ada dua macam voucher, yaitu voucher toko yang dapat di gunakan untuk semua produk yang ada pada toko Anda, dan voucher produk yang hanya bisa digunakan untuk prodyuk tertentu.
Setelah Anda menentukan voucher apa yang akan Anda buat, selanjutnya Anda mengikuti instruksi yang selanjutnya. Setelah berhasil, voucher tersebut bisa di akses melalui dashboard dari toko yang Anda miliki.
5.Memahami proses pembelian konsumen
Sebelum membeli sebuah barang pada Shopee, konsumen melalui 4 tahap, pertama pengguna saat pertama kali menemukan produk Anda. Pada “Fitur Pencarian” dan “Top Picks” harus Anda maksimalkan untuk bisa mendapatkan pelanggan pada tahap ini.
Selanjutnya yaitu tahap keterlibatan. Hal ini merupakan keterlibatan pelanggan untuk menentukan harga. Anda bisa memaksimalkan fitur Shopee Live dan juga Voucher Toko untuk tahap ini.
Yang ketiga merupakan konversi. Hal ini terjadi apabila pembeli memutuskan untuk checkout produk dari toko Anda. Program Gratis Ongkir dan Voucher Toko memiliki peran yang kuat dalam proses konversi ini.
Dan yang terakhir adalah proses yang paling penting, yaitu proses penyimpanan.
Dalam proses ini, pelanggan akan membuat keputusan apakah membeli kembali produk Anda atau mungkin tidak. Kualitas produk dan rating yang tinggi penting untuk bisa mempertahankan loyalitas pelanggan.
Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai Cara Menaikan Penjualan Pada Shopee. Semoga cara tersebut bisa bermanfaat dan bisa untuk menaikan penjualan Anda. Ingin tau informasi penting lainnya? Yuk ikuti pelatihan bersama Akademi Kombas!
Informasi lebih lengkap bisa Anda cek pada Instagram yaitu @akademikombas. Atau langsung saja hubungi WhatsApp Akademi Kombas di 0811-2829-002
Jika Anda sedang mencari narasumber untuk digital marketing jangan bingung – bingung. Anda langsung saja menghubungi WhatsApp Akademi Kombas, Akademi Kombas menyediakan mentor – mentor yang sudah berpengalaman dan professional terkait dengan digital marketing.