DIGITAL MARKETING UNTUK PELAKU USAHA
Digital marketing untuk pelaku usaha – Digital marketing adalah proses memasarkan suatu brand baik produk barang maupun juga produk jasa. Yang dilakukan melalui media digital serta memerlukan jaringan internet untuk melakukan kegiatan tersebut. Digital marketing untuk pelaku usaha merupakan cara baru untuk menjangkau konsumen di berbagai wilayah agar tidak terbatas.
Digital marketing dapat berupa menggunakan iklan online, media sosial, optimisasi mesin pencari (SEO), email dan juga dapat melalui pemasaran konten produk maupun brand. Para digital marketer biasanya menggunakan berbagai media sosial untuk melakukan pemasaran terhadap produk atau brand yang mereka miliki. Digital marketing menerapkan prinsip dan juga konsep yang sebelumnya di pelajari meliputi materi digital marketing.
Dengan menggunakan media digital para konsumen akan lebih mudah untuk mencari produk yang mereka cari. Bahkan jika di lihat zaman sekarang semua bisa di lakukan melalui media digital. Dengan memanfaatkan momen tersebut para pengusaha dapat memperoleh keuntungan dari usaha yang mereka bangun.
Para pengusaha juga bisa membangun hubungan dengan konsumen, mencapai keberhasilan pemasaran yang lebih baik dari sebelumnya, dan tentunya para pengusaha dapat meningkatkan penjualan.
digital marketing untuk pelaku usaha memiliki peran apa saja?
-
Meningkatkan kesadaran brand
Brand awarenss merupakan suatu kemampuan dimana konsumen akan selalu mengingat brand atau merk dari produk yang di pasarkan oleh suatu pelaku usaha. Kemampuan ini sangat penting untuk pelaku usaha agar apa yang mereka pasarkan selalu di cari ketika konsumen membutuhkan barang tersebut.
Para konsumen tentunya akan membeli produk yang sudah mereka ketahui. Hal ini dapat terbentuk karena beberapa hal diantaranya adalah mereka sudah pernah melihat produk atau brand tersebut, mengetahui brand tersebut dari orang lain, mereka sudah pernah membeli bahkan dari citra yang telah di bangun oleh para pelaku usaha.
Cara meningkatkan brand awareness diantanya adalah :
- Memanfaatkan media sosial yang tersedia
- Membuat konten marketing
- Memberikan promosi secara konsisten
- Menggunakan iklan baik berbayar maupun gratis
- Mengadakan event
-
Menjangkau konsumen yang lebih luas peran digital marketing untuk pelaku usaha
Melakukan pemasaran melalui media marketing adalah salah satu strategi untuk menjangkau konsumen agar lebih luas. Apalagi di zaman sekarang sudah banyak sekali media yang dapat di pakai. Namun tentunya memerlukan strategi agar jangkauan konsumen semakin luas, berikut beberapa tips untuk meningkatkan jangkauan konsumen :
- Melakukan survei
Mengumpulkan data-data dan membantu menjangkau konsumen agar lebih tepat. Hal ini dapat di lakukan melalui riset seperti riset kata kunci menggunakan google tends dan google co.id.
- Memberikan informasi yang jelas
Informasi yang mengenai produk harus di sampaikan dengan jelas agar para konsumen dapat mengetahui tentang produk secara detail dan tidak terjadi salah paham.
- Konsumen memberikan review
Ulasan-ulasan tentang produk dapat di lakukan oleh para konsumen dengan cara memberikan testimoni terhadap produk yang mereka gunakan atau mereka beli. Konsumen akan melihat dari review produk tersebut apabila rating dari produk tersebut baik konsumen pastinya akan tertarik.
- Berikan respon yang cepat
Ketika ada konsumen yang merespon apa yang kita posting alangkah baiknya kita harus segera membalas. Konsumen akan merasa senang apabila mereka di respon dengan cepat oleh pelaku usaha.
-
Mendorong konsumen agar melakukan tindakan
Mendorong konsumen agar mereka melakukan tindakan setelah melihat produk kita bukanlah hal yang mudah. Namun terdapat beberapa tips yang dapat anda coba agar konsumen melakukan tindakan, di antaranya adalah :
- Produk yang di pasarkan berkualitas
Hal pertama yang menjadikan dasar konsumen membeli atau menggunakan produk yang di pasarkan adalah dari kualitas produk tersebut. Oleh karena itu, pastikan produk yang di jual memiliki kualitas terbaik agar konsumen nantinya merasa puas terhadap produk yang di pasarkan.
- Produk yang di pasarkan memiliki keunggulan
Selain tergantung dengan kualitas yang kita berikan, konsumen akan semakin yakin apabila produk yang kita pasarkan memiliki keunggulan. Terlebih lagi produk yang di pasarkan sama dengan yang di pasarkan oleh pesaing. Dapat di pastikan jika para konsumen akan membandingkan produk kita dengan produk pesaing. Untuk mencegah hal tersebut anda dapat memberikan keunggulan yang dapat membedakan produk anda dengan produk pesaing.
- Tunjukan pencapaian produk yang di tawarkan
Dalam hal ini para pelaku usaha dapat memberikan informasi tentang pencapaian tertinggi yang telah di peroleh oleh perusahaan. Ini akan mendukung usaha agar konsumen semakin percaya bahwa produk yang di pasarkan merupakan produk dengan kualitas terbaik yang harus di beli.
- Izinkan konsumen untuk mencoba
Para pelaku usaha sesekali perlu mengizinkan konsumen untuk mencoba secara langsung produk yang di pasarkan. Terutama apabila produk yang di tawarkan adalah berupa fashion. Jadi para pelaku usaha perlu menyiapkan sempel untuk dicoba para konsumen. Hal ini dapat dilakukan apabila produk yang ditawarkan secara offline.
Sangatlah penting digital marketing dalam sebuah bisnis bukan?mau tahu lebih dalam tenang digital marketing?
Yuk ikuti pelatihan digital marketing bersama Akademi Kombas, bersama para mentor yang tentunya sudah ahli dalam bidang ini. Dengan materi dan metode pembelajaran yang sangat menarik dan pastinya seru untuk diikuti.
Info lebih lengkap :
Telp?/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas