Blog

UKK SMK Kota Tegal

UKK SMK KOTA TEGAL РHaloo guys!! Sama seperti artikel-artikel sebelumnya tentang UKK. Kali ini saya akan membahas mengenai UKK SMK Kota Tegal.  Kata UKK tentunya sangat identik dengan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Uji Kompetensi Keahlian atau UKK sekolah gunakan untuk menguji kemampuan siswa pada bidang yang telah siswa pelajari selama belajar 3 (tiga) tahun di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Uji Kompetensi Keahlian atau UKK, yuk simak artikel berikut ini.

Penjelasan UKK

Uji kompetensi keahlian atau UKK adalah bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada suatu pendidikan sekolah menengah kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur kompetensi siswa pada tingkat tertentu sesuai kompetensi keahlian yang di capai selama masa pembelajaran di SMK.

Uji Kompetensi Keahlian atau UKK dapat satuan pendidikan laksanakan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 (satu) acara. Pelaksanaan UKK menggunakan standar yang telah industri tetapkan, lembaga sertifikasi profesi, dan atau perangkat uji yang di keluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat uji kompetensi.

Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK (Uji Kompetensi Keahlian) harus layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Nilai UKK akan menjadi Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kejuruan.

Pelaksanaan UKK di Kota Tegal

Dengan adanya pembatalan Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020. Otomatis keikutsertaan Ujian Nasional tidak menjadi syarat kelulusan Peserta didik dari satuan pendidikan. Penentuan kelulusan peserta didik sekarang berdasarkan pada empat kriteria kelulusan.

Keempat kriteria tersebut adalah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik, memiliki nilai Ujian Sekolah, dan memperoleh nilai sesuai Standar Kelulusan Minimal (SKM) yang satuan pendidikan tetapkan.

Pada tahun pelajaran 2019/2020 terdapat sedikitnya 39 siswa SMK yang berada di Kota Tegal tidak lulus. Banyak faktor yang mengakibatkan beberapa siswa tidak lulus pada tahun pelajaran 2019/2020. Beberapa faktor bersebut yaitu, tidak mengikuti Ujian Sekolah dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Untuk Ujian Sekolah, pelaksanaan dalam bentuk porfolio nilai rapor dan prestasi, penugasan, tes daring dan atau bentuk asesmen jarak jauh lainya tanpa mengumpulkan peserta didik di suatu tempat.

Sedangkan nilai Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk siswa SMK berasal dari rata-rata nilai praktik semester I-V untuk SMK 3 (tiga) tahun dan semester I-VII untuk SMK 4 (empat) tahun.

Sekolah menengah kejuruan yang ada di Kota Tegal akan melaksanakan dan memfasilitasi pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi bagi peserta didik. Namun dengan ketentuan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam situasi darurat Covid-19.

Namun bagi sekolah yang tidak melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK), sebagai gantinya sekolah dapat membuat skill passport, yaitu sertifikat yang berisi nilai mata pelajaran prduktif dari kelas X, XI, dan XII.

Program UKK di PT Kombas Digital Internasional

PT Kombas Digital Internasional merupakan perusahan yang bergerak pada bidang digital marketing. PT kombas Digital Internasional menyediakan berbagai macam program pendidikan dalam akademi kombas. Salah satu program pendidikannya adalah Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Akademi Kombas menyediakan program Uji Kompetensi Keahlian dari Iduka. PT Kombas Digital Internasional telah 3 (tiga) tahun membimbing dan mengembangkan siswa SMK dalam bidang digital marketing.

Skema sertifikasi yang oleh PT Kombas Digital Internasional sediakan untuk mendukung suksesnya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) antara lain :

  1. Network Administrator Muda, Madya, dan Utama
  2. Junior Technical Support
  3. Staff Operasi Layanan IT
  4. Ahli Cloud Coputing
  5. System Integrator
  6. Network Security Analyst
  7. Digital Computer Techology Scientist
  8. Network Security Auditor
  9. Web Administrator
  10. Programmer Web tingkat junior
  11. Junior Mobile Programmer
  12. Mobile Computing Junior
  13. Database Programmer
  14. System Analyst
  15. Big Data Scientist
  16. Desainer Grafis Muda, Utama, dan Madya
  17. Desainer Multimedia Utama
  18. Animator Muda, Madya
  19. Teknisi Audio Visual
  20. Digital Artist Junior
  21. Operator Komputer Muda
  22. Advance Office
  23. ICT Project Manager
  24. IT Quality Assurance
  25. IT Auditor
  26. Chief Information Officer
  27. Digital Marketing

Sertifikat yang siswa peroleh

Siswa yang mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di PT Kombas Digital Internasional akan mendapatkan 2 (dua) sertifikat. Sertifikat yang akan siswa terima merupakan sertifikat dari DUDIKA (sertifikat kompetensi dari PT Kombas Digital Internasional) dan sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

UKK SMK Kota Tegal

Jadi kita dapat mengetahui bahwa pelaksanaan UKK SMK di Kota Tegal pada tahun pembelajaran 2019/2020 terdapat beberapa siswa yang tidak mengikuti kegiatan tersebut.

Pelaksanaan UKK sekolah menengah kejuruan yang ada di Kota Tegal dapat sekolah lakukan secara mandiri atau dengan bekerja sama dengan DUDIKA atau Asosiasi Profesi.

PT Kombas Digital Internasional merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan Tempat Uji Kompetensi Keahlian (TUK) untuk sekolah menengah kejuruan. Selain itu sekolah juga dapat melakukan uji kompetensi keahlian tersebut secara mandiri.

Itulah beberapa pembahasan mengenai UKK SMK Kota Tegal. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat bagi kalian. Untuk informasi lainya silahkan kunjungi web akademikombas.co.id. Sampai jumpa di artikel berikutnya….