UKK SMK Kabupaten Temanggung
UKK SMK Kabupaten Temanggung – Hallo guys.. Bagaimana sih pelaksanaan UKK di salah satu SMK Kabupaten Temanggung? Silahkan simak sampai selesai.. Enjoy….
Penjelasan UKK
Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Merupakan penilaian yang penyelenggaraanya khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Pelaksanaan UKK biasanya pada akhir masa studi siswa oleh lembaga sertifikasi profesi atau satuan pendidikan terakrediatasi bersama dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK menjadi sumber informasi kompetensi yang calon tenaga kerja miliki.
Materi UKK telah tersusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu. Soal UKK dapat berbentuk penugasan atau bentuk lain yang penilaiannya secara individual sesuai tuntutan standar kompetensi.
Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang siswa tempuh selama masa pembelajaran di SMK. Pelaksanaan UKK oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.
Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan ikut dalam perhitungan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.
Pelaksanaan UKK
Dalam Pelaksanaan UKK, SMK dapat memilih salah satu atau beberapa dari 6 (enam) jenis skema penyelenggaraan ujian berikut:
Ujian melalui sistem sertifikasi mitra DUDIKA atau Asosiasi Profesi:
SMK terakreditasi dan mitra DUDIKA atau asosiasi profesi melakukan uji kompetensi pada TUK yang telah disepakati bersama mengacu standar kualifikasi kompetensi yang ditetapkan mitra DUDI atau asosiasi profesi dengan tujuan mendapatkan sertifikat yang diakui oleh mitra DUDI, asosiasi profesi, asosiasi industri, atau mitra dari mitra DUDI;
Ujian melalui LSP Pihak Kesatu (LSP-P1):
LSP yang didirikan oleh lembaga pendidikan dan atau pelatihan dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan/pelatihan berbasis kompetensi dan /atau sumber daya manusia dari jejaring kerja lembaga induknya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP;
Ujian melalui LSP Pihak Kedua (LSP-P2):
LSP yang industri atau instansi dirikan dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap sumber daya manusia lembaga induknya, sumber daya manusia dari pemasoknya dan /atau sumber daya manusia dari jejaring kerjanya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP;
Ujian melalui LSP Pihak Ketiga (LSP-P3) :
LSP yang asosiasi industri dan/atau asosiasi profesi dirikan dengan tujuan melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja. hal ini sesuai sektor dan atau profesi tertentu sesuai ruang lingkup yang BNSP berikan;
Ujian melalui Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) sesuai regulasi yang BNSP keluarkan;
UKK Mandiri :
SMK terakreditasi yang melakukan uji kompetensi secara mandiri menggunakan instrumen UKK yang telah pemerintah pusat susun sebagai standar minimal dengan melibatkan institusi pasangan dan berorientasi pada standar kompetensi lulusan.
Perangkat UKK
Adapun beberapa perangkat yang harus terpenuhi dalam melaksanakan Ujian kompetensi Keahlian ini antara lain
1. Instrumen Soal:
Instrumen ini dapat berbentuk penugasan untuk mengerjakan suatu hal sebagai salah satu standar dari pemerintah untuk menguji aspek ketrampilan sehingga akan menghasilkan suatu produk ataupun jasa. Untuk tm penguji biasanya akan mengujinya berdasr pada indikator yang tercantum dalam lembar pedoman penilaian.
2. Lembaran pedoman penilaian UKK
Lembaran penilaian ini terdiri dari beberapa aspek yaitu aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikat yang memuat beberapa komponen dan sub komponen, di samping itu juga ada rubrik penilaian yang berisikan tentang hasil unjuk kerja, sikap kerja dan komponen indikator lainnya.
3. Instrumen Verifikasi Penyelenggara UKK
Selain itu SMK yang akan menyelenggarakan UKK Mandiri ini mereka harus terverifikasi instrumennya dari beberapa standar, seperti standar persyaratan peralatan, kelayakan tempat ruang, standard penguji internal maupun eksternal dari luar sekolah dan masih banyak lagi.
Pelaksanaan UKK di Kabupaten Temanggung
Kabupatèn Temanggung) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribu kota di kota Temanggung dan berbatasan dengan Kabupaten Kendal di utara, Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Magelang di selatan, serta Kabupaten Wonosobo di barat. Jumlah penduduk Kabupaten ini per tahun 2017 mencapai 759.128 jiwa.
Rabu 5 Maret 2019 pengawas SMK dari dinas pendidikan Wilayah 8 Jawa Tengah melaksanakan verifikasi ke SMK Mutu Temanggung. Kegitan tersebut di laksanakan oleh Bapak Suratman, S.Tp yang bertugas sebagai verifikator. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan sekolah dalam mempersiapkan ujian kompetensi kejuruan tahun 2019. Acara mulai dengan open meeting dengan kehadiran jajaran manajemen sekolah, Penguji internal maupun eksternal dan panitia pelaksana UKK Masing masing jurusan. Dalam sambutannya Bapak Suratman menyampiakan pentingnya pemenuhan standar peralatan sesuai dengan SOP yang di tentukan. Peninjauan Lokasi dan verifikasi peralatan dengan mengecek di Program Keahlian Tata Busana, Multimedia dan di Jurusan Otomotif.
Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan menjadi perhitungan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.
Program UKK di PT Kombas Digital Internasional
Akademi Kombas merupakan divisi pendidikan dari PT Kombas Digital Internasional. PT Kombas Digital Internasional berasal dari kesepakatan anggota Komunitas Bisnis Online Banyumas Raya (Komunitas Kombas). Pembentukan PT. Kombas berawal dari sebuah komunitas yang bernama Komunitas Bisnis Online Banyumas Raya, yang sering mereka sebut dengan Kombas. Komunitas tersebut berdiri pada awal 2014, yang pada Maret 2018 bersepakat untuk membuat bisnis bersama menggunakan nama PT.Kombas Digital Internasional.
Setelah 1 tahun berjalan dan mulai stabil, akhirnya membuka di beberapa cabang regional untuk semakin mendekatkan dengan mitra bisnisnya, salah satunya di Cilacap. Para founder sepakat untuk mendirikan PT Kombas Digital Internasional demi meningkatkan profesional layanan ke masyarakat dan memberikan kontribusi yang lebih luas. Karena salah satu visi PT Kombas Digital Internasional adalah menyebarluaskan pendidikan bidang digital marketing, maka Akademi Kombas inilah yang menjadi pelaksana visi tersebut.
PT Kombas Digital Internasional sebagai sebuah perusahaan yang komunitas bisnis online Banyumas Raya dirikan telah 3 tahun membimbing dan mengembangkan siswa SMK di bidang digital marketing.
Untuk mendukung suksesnya Uji Kompetensi Keahilan (UKK) SMK, maka skema sertifikasi yang kami sediakan antara lain :
1. Network Administrator Muda
2. Network Administrator Madya
3. Network Administrator Utama
Dll
Jadi, Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang penyelenggaraanya khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Pelaksanaan UKK di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Akademi Kombas berfokus pada pendidikan digital marketing ke masyarakat luas.
Kelompok masyarakat dan program yang telah dan akan terus melakukan program oleh Akademi Kombas : Praktek Kerja Lapangan untuk siswa SMK di wilayah karesidenan Banyumas di bidang digital marketing.
Terimakasih sudah membaca artikel PKL SMK Kabupaten Temanggung sampai selesai. untuk info tentang program UKK Kombas silahkan kunjungi akademikombas.co.id
Sampai Jumpa di artikel berikutnya.
bye bye…