TRIK MARKETING ANTI GAGAL
Trik marketing anti gagal – Gagal dalam suatu bisnis bukan lagi hal yang asing bagi seorang pebisnis. Kegagalan bukanlah hal yang sangat menakutkan. Dengan adanya kegagalan maka akan belajar untuk memperbaiki dan berusaha lebih baik lagi.
Seperti halnya seorang pebisnis, pebisnis sukses biasanya telah melalui berbagai kegiatan yang menimpa bisnisnya. Namun dengan kegagalan pebisnis akan tahu hal apa yang harus di perbaiki dan apa yang harus di pertahankan. Tentu saja pebisnis memerlukan trik khusus agar bisnis yang di jalani tidak gagal lagi. Berikut terdapat trik marketing yang dapat anda coba.
Trik marketing anti gagal
Dalam menjalankan sebuah bisnis tentu saja memerlukan trik agar bisnis selalu berjalan terarah dan jauh dari kegagalan. Berikut trik dalam menjalankan bisnis adalah :
1.Visability
Visability dalam dunia marketing merupakan satu-satunya pesan yang paling kuat di mana pesan tersebut akan di terima konsumen dari perusahaan. Pesan atau informasi yang di berikan akan menggambarkan bagaimana produk yang perusahaan miliki berkualitas serta dapat di percaya oleh para konsumen.
Visability memiliki fungsi yaitu untuk mendorong serta memotivasi konsumen untuk melihat keberadaan produk dan layanan yang di miliki oleh perusahaan. Oleh sebab itu biasanya perusahaan akan menyewa beberapa agensi untuk mendukung proses ini.
Perusahaan harus melakukan perencanaan yang matang agar brand produk yang di tawarkan dapat meningkat dengan pesat. Banyak cara yang dapat di lakukan untuk meningkatkan visability dalam dunia marketing. Cara di bawah ini dapat anda lakukan agar visability dapat meningkat.
-
Melalui iklan secara berkala
Cara pertama yang dapat di lakukan untuk meningkatkan visability adalah dengan melalui pengiklanan yang di lakukan secara berkala. Iklan tersebut dapat di bagikan melalui TVC maupun dalam bentuk siaran radio. Perusahaan juga dapat membagikan iklan dengan cara media cetak. Misalnya dengan majalah, blog, atau melalui platform lain yang di mana target brand tersebut dapat menemukan dengan mudah.
-
Strategi word of mouth
Cara yang dapat di lakukan selanjutnya adalah dengan menerapkan strategi word of mouth. Strategi word of mouth merupakan strategi pemasaran yang perusahaan lakukan dengan cara dari mulut ke mulut. Keuntungan jika anda menerapkan word of mouth adalah mulai dari meningkatkan kepercayaan konsumen, membangun brand, dan tidak membutuhkan biaya yang banyak.
-
Memastikan produk yang beredar di pasaran
Strategi terbaik untuk meningkatkan visability selanjutnya adalah dengan melihat produk benar-benar konsumen gunakan.
Inti dari visability dalam dunia marketing adalah menyangkut mengenai keberadaan brand anda secara online yang mudah untuk ditemukan para konsumen. Hal ini dapat didukung dengan riset keyword yang relevan dan banyak dicari oleh para konsumen. Namun tentu saja perlu di lakukan dengan perencanaan yang matang.
2.Aset
Aset dalam dunia marketing merupakan segala bentuk materi atau konten yang biasa membantu anda untuk melakukan komunikasi suatu informasi atau pesan kepada pengunjung atau konsumen. Aset marketing harus direncanakan dengan menarik serta mencerminkan identitas brand. Tidak hanya berperan penting dalam proses promosi saja, namun aset marketing juga membantu bisnis dalam membangun sebuah citra dan kredibilitas bisnis di mata banyak orang.
Alasan mengapa aset marketing penting untuk di kelola :
- Sebagai alat pengenalan identitas brand yang kuat
- Mempertahankan konsistensi pemasaran brand
- Menghemat waktu dan sumber daya
Setiap perusahaan tentu saja memiliki aset dalam bisnisnya. Aset tersebut dapat berupa Email, brosur, artikel, logo, gambar dan video bahkan hingga audio. Selain itu website yang di miliki perusahaan juga dapat disebut sebagai aset. Ketika perusahaan memiliki website, perusahaan akan jauh terlihat profesional, lebih di percaya, dan dapat menaikkan penjualan.
3.Database
Database dalam marketing merupakan sebuah proses pendekatan secara sistematis untuk proses mengumpulkan, konsolidasi serta pemprosesan data yang di miliki konsumen. Biasanya data konsumen yang memiliki potensial akan di kumpulkan dan di simpan oleh perusahaan melalui database yang perusahaan miliki. Jenis data yang dapat di kumpulkan antara lain seperti nama konsumen, alamat, nomor telepon serta riwayat pembelian yang di lakukan oleh konsumen.
Data yang telah di kumpulkan akan di proses dan digunakan dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan dari bisnis tersebut. Setelah data di kumpulkan, informasi yang telah di peroleh dapat digunakan untuk menciptakan personaliasi dari setiap konsumen. Ketika data telah di personalisasi, tentu saja akan mempermudah pelaku bisnis untuk memberikan penawaran mengenai brand-nya.
Database juga memberikan banyak manfaat seperti dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen, mengidentifikasi persona konsumen, melakukan segmentasi konsumen, dapat memberikan layanan terbaik kepada konsumen dan dapat meningkatkan loyalitas konsumen.
4.Remarketing
Remarketing adalah apabila anda mengambil tindakan untuk melibatkan kembali pelanggan berdasarkan pembelian yang mereka lakukan sebelumnya. Hal ini merupakan hal yang penting untuk di lakukan dan dapat di lakukan dengan menggunakan pemasaran email.
Pada intinya remarketing merupakan hal yang mengenai bagaimana sebuah perusahaan dapat membawa kembali para konsumen yang telah membeli atau menggunakan produk yang di jual untuk melakukannya lagi.
Remarketing memiliki manfaat yaitu dapat membantu anda untuk mempertahankan atau terhubung kembal dengan para konsumen yang telah mengunjungi dan melakukan pembelian terhadap penjualan bisnis anda. Caranya dengan mengoptimalkan iklan, tawaran, serta keyword yang di pakai.
Hal di atas dapat anda lakukan untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis yang anda jalani. Trik marketing anti gagal di atas dapat anda coba dan anda juga dapat meminimalisir terjadinya kegagalan besar besaran dalam bisnis anda.
Untuk mengasah skill anda dalam dunia marketing, anda juga dapat mengikuti pelatihan digital marketing yang terdapat di Akademi Kombas, dengan cara menghubungi :
Telp/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas