Artikel

Tips Untuk Riset Kompetitor

Tips Untuk Riset Kompetitor – Riset kompetitor merupakan proses untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan yang di miliki oleh kompetitor atau pesaing bisnis Anda. Kompetitor merupakan seseorang yang memiliki bisnis yang sama dan memiliki target pasar yang sama dengan bisnis Anda. Dalam meneliti kompetitor perusahan Anda harus menganalisis strategi pemasaran perusahaan  kompetitor tersebut. Mulai dari harga, potensi pasar, dan hal yang lainnya.

Riset kompetitor tidak digunakan untuk mencontek atau meniru strategi tersebut. Namun dengan Anda mengetahui strategi tersebut, Anda bisa mengambil pelajaran bagaimana manfaat dari strategi tersebut. Sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih maju dan berkembang lagi. Anda juga tidak boleh terlalu fokus dengan mengetahui kompetitor, tetapi Anda tetap fokus kepada visi misi dan tujuan awal dari perusahaan Anda tersebut. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mengetahui riset kompetitor secara efektif.

 Tips Untuk Riset Kompetitor :

1. Buat Daftar Kompetitor

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat daftar profil dari kompetitor yang akan di amati. Mulai dengan menulis daftar yang memiliki bisnis sama dengan Anda dari dalam kota Anda terlebih dahulu. Agar lebih memudahkan, Anda bisa membuatnya dengan cara dibagi. Yaitu dengan 3 tingkatan yaitu, pertama kompetitor di atas bisnis Anda, kedua yang setingkat atau potensi targetnya itu hampir sama atau bahkan mirip, yang ketiga bisnis yang bisa menyusul Anda di dalam kompetisi.

 

2. Identifikasi Marketing Mix

Setelah mendapatkan daftar profil kompetitor, selanjutnya Anda bisa mengamati bagaimana penerapan strategi marketing mix yang mereka gunakan. Mulai dari 4P Product ( produk ), Price ( harga ), Place ( tempat ), dan juga Promotion ( promosi ) terlebih dahulu. Setelah mengetahui 4 yang utama tersebut, selanjutnya Anda bisa mengamati 11P  yang selanjutnya. Karena dengan informasi dari marketing mix bisa memberikan Anda pemahaman yang lebih dalam terkait dengan kompetitor.

 

3. Analisis Strategi SEO

Langkah ini juga sangatlah penting jika Anda ingin menjangkau target pasar secara lebih luas. SEO tidak hanya digunakan untuk mengetahui performa website, namun juga bisa untuk mengetahui posisi bisnis Anda melalui fitur. Anda juga bisa mengetahui peringkat dari kompetitor melalui cara mengetik sebuah kata kunci yang akan menggambarkan bagaimana aktivitas bisnisnya.

 

4. Fokus Terhadap Riset

Banyak hal yang bisa di amati dari kompetitor. Tapi Anda harus selalu fokus pada riset. Fokus bisa saja berupa brand awareness, penjualan, potensi pasar, produk, atau bisa juga dengan hal lain. Sesuaikan fokus tersebut pada tujuan riset, sehingga Anda lebih mudah Menyusun strategi untuk menghadapi kompetitor.

 

5. Komunikasi Dengan Pelanggan Kompetitor

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan untuk mengetahui bagaimana preferensi target pasar dengan kompetitor. Langkah ini di lakukan dengan senetral mungkin dan tidak melibatkan pelanggan tersebut untuk obrolan terkait usaha yang sedang Anda lakukan.

Anda bisa melakukan dengan memahami berapa pengeluaran yang mereka keluarkan dalam sekali belanja. Dan apa alasan mereka menggunakan kompetitor tersebut, bisa juga dengan seperti apa kelebihan dan kekurangan dari kompetitor tersebut.

 

6. Gunakan Analisis SWOT

Lakukan analisis SWOT yaitu Strength ( kekuatan ) , Weaknes ( kelemahan ) , Opprtunity ( peluang ) , dan Threat ( ancaman ). Biasanya analisis SWOT digunakan oleh sebuah bisnis untuk mengetahui lebih dalam kompetitornya. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kekurangan dari kompetitor melalui cara ini.

 

7. Cari Peluang Bisnis Dan Kekurangan Kompetitor

Hasil dari analisis SWOT yang telah dilakukan pasti akan menemukan kekurangan kekurangan dari bisnis kompetitor. Kekurangan tersebut bisa menjadikan peluang untuk Anda agar bisnis yang sedang Anda lakukan bisa menjadi lebih unggul dari kompetitor. Anda juga bisa menemukan strategi baru yang menarik supaya bisa bersaing dengan kompetitor tersebut.

 

8. Buat Strategi Baru

Riset Anda akan berhasil jika Anda membuat strategi yang baru untuk menyaingi kompetitor bisnis Anda. Anda sangat perlu untuk membuat strategi baru yang lebih relevan dari hasil analisis. Dan pastikan strategi tersebut bisa digunakan untuk mencapai keuntungan Anda.

 

Melakukan riset kompetitor itu sangatlah penting bagi sebuah bisnis. Apa saja sih manfaat dari melakukan riset kompetitor?

  • Bisa memperkuat posisi brand Anda
  • Untuk memahami preferensi dari pelanggan
  • Agar bisa memahami trend pasar
  • Membantu Menyusun strategi bisnis Anda
  • Memahami masalah produk yang ada

 

Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai bagaimana Tips Untuk Riset Kompetitor. Setelah Anda mengetahui manfaat melakukan riset kompetitor Anda pasti paham seberapa pentingnya melakukan riset kompetitor untuk perkembangan dari bisnis yang Anda lakukan. Jangan lupa coba tips tersebut agar bisa mendapat hasil yang sesuai dengan apa yang di harapkan.

Jika Anda ingin mengetahui tips – tips yang lain, Anda bisa mengikuti pelatihan bersama Akademi Kombas agar bisa mendapatkan informasi penting lainnya. Yuk gabung pelatihan bersama kami!

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa cek Instagram Akademi Kombas di @akademikombas. Bagi Anda yang ingin langsung gabung juga bisa, langsung saja hubungi nomor WhatsApp Akademi Kombas di https://wa.me/628112829002 .