TIPS MENGGUNAKAN HASHTAG YANG BENAR
Tips menggunakan hashtag yang benar – Pada umumnya kita menemukan hastag pada sebuah postingan di social media. Hashtag biasanya terletak pada caption atau deskripsi sebuah postingan.
Hashtag merupakan kata atau frasa yang di awali dengan tanda pagar (#). Pada biasanya hastag digunakan pada postingan social media atau untuk membantu orang yang tertarik dengan topik akan menemukan postingan yang terkait. Saat menggunakan hastag pada social media akan jauh lebih bagus untuk membantu orang yang bukan follower social media anda untuk menemukan konten anda. Hal tersebut dapat menarik perhatian pada konten serta mendorong interaksi pada akun anda.
Tips menggunakan hashtag yang benar
Untuk penempatan hashtag dapat di tempatkan di awal caption, disisipkan di antara kalimat dalam kata-kata yang ingin Anda tekankan, atau posisi paling populer berada di akhir caption. Pada sebagian besar Social Media Marketing, brand memilih memiliki tagar di platform populer yang kita kenal, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.
Berikut ini cara menggunakan hashtag yang benar agar postingan anda dapat dilirik oleh orang lain.
1. menggunakan kata kata yang sederhana serta to the point
Terdapat banyak hastag yang dapat digunakan pada social media. Namun jika anda menggunakan hashtag yang terlalu sulit untuk dimengerti atau tagar yang tidak terkait, maka lebih baik anda mengubahnya dengan menggunakan kata yang tepat. Sebab hal ini akan lebih mempermudah untuk diketik. Terutama pada kata yang sedang di cari pada saat itu. Apabila anda menggunakan tagar dengan kata kunci yang sedang trend atau banyak digunakan, hal tersebut akan membantu lebih banyak orang lain untuk melihat postingan anda.
2. Gunakan hashtag yang sedang trend
Memilih tagar atau hashtag yang sedang trend atau paling banyak di bicarakan pada waktu tertentu akan membantu brand Anda menjangkau lebih banyak orang dengan lebih mudah. Sebagian besar hashtag difokuskan pada headline berita utama di dunia. Saat Anda melihat trend yang terkait dengan bisnis Anda. Selain itu jangan sampai anda menunda hal ini. Segeralah terlibat dalam hashtag tersebut.
Jika isi postingan Anda memiliki informasi yang disukai oleh sekelompok orang tersebut. Orang yang menggunakan tagar tersebut dapat merepost atau meretweet. Hal ini akan membantu meningkatkan kesadaran brand atau brand awareness juga. Anda dapat mencari tagar pada Twitter dan Instagram untuk mengetahui yang sedang tren.
3. Hindari terlalu banyak menggunakan hashtag
Tentu saja tagar atau hashtag merupakan bagian penting untuk membuat brand Anda lebih di kenal karena dapat menyebarkan berita tentang brand Anda ke sebagian besar orang. Namun, penggunaan hashtag pada platform yang berbeda memiliki frekuensi yang berbeda pula.
Terdapat cara yang dapat anda lakukan untuk menambahkan hashtag pada tiap social media.
Satu postingan pada Twitter memiliki batas 240 karakter yang dapat anda tambahkan. Jadi pada social media yang satu ini hindari untuk menggunakan lebih dari 2 hashtag per tweet untuk interaksi yang terbaik.
Pada social media yang satu ini sebaiknya menggunakan 2 sampai 3 tagar atau hashtag pada setiap postingan Facebook. Anda dapat memiliki 1 hashtag populer serta 1 hashtag yang terkait dengan brand anda.
Pada setiap satu postingan di Instagram, di perbolehkan menggunakan maksimal 30 hashtag. Akan tetapi sebaiknya anda menggunakan tidak lebih dari 9 hashtag per postingan untuk partisipasi yang lebih baik.
• TikTok
Untuk mendapatkan hasil terbaik anda perlu menggunakan 4-5 hashtag pada TikTok. Hashtag yang populer dapat anda gunakan untuk membuat postingan anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan tagar terkait brand agar mudah di ingat orang.
4. Mencari hashtag sebelum digunakan
Ketika anda menggunakan Social Media Marketing, anda perlu memeriksa platform yang relevan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa hashtag yang anda gunakan sesuai mengenai apa yang benar-benar anda inginkan.
Apabila anda menggunakan tagar atau hashtag yang tepat, maka akan membantu menciptakan percakapan online baru untuk brand dalam meningkatkan kesadaran brand. Selain itu juga akan mengarah pada peningkatan penjualan yang cepat juga.
Jadi dalam hal ini anda perlu memikirkan audiens yang menelusuri tagar tersebut seusai atau tidak dengan target bisnis anda.
Untuk mencari hashtag yang cocok untuk digunakan anda dapat mencari hashtag dari halaman-halaman lain atau hashtag yang sering digunakan oleh para influencer atau selebriti KOL di social media. Influencer merupakan orang yang memiliki suara kredibel serta sangat berpengaruh dalam keputusan pembelian, baik itu blogger maupun YouTuber yang mengkhususkan diri pada sebuah topik.
5. Pilihlah hashtag yang spesifik dan unik
Apabila anda ingin menjangkau target audiens anda, maka seiring dengan membuat acara atau keterlibatan brand menggunakan tagar, anda harus membuat tagar baru dan unik yang belum pernah digunakan sebelumnya.
Pada akhir-akhir ini di social media, tagar yang sedang trend cenderung tagar yang unik dan sangat mudah untuk memahami. Bisnis anda juga dapat menerapkan gaya tagar ini untuk social media marketing yang lebih baik.
Dapat di simpulkan bahwa dengan cara yang benar dalam menggunakan hashtag maka suatu brand dari produk akan semakin di kenal oleh banyak orang. Biasanya seseorang menambahkan hashtag pada caption di social media. Hal ini bertujuan jika seseorang mencari dengan kata kunci tersebut konten yang anda buat dapat menjadi rekomendasi. Untuk itu anda perlu memahami tips meggunakan hashtag di atas.
Untuk mengethui informasi lebih lanjut mengenai penggunaan hashtag pada social media anda dapat mengikuti pelatihan social media marketing bersama Akademi Kombas. Anda dapat menghubungi kami jika anda membutuhkan narsumber digital marketing.
Telp/WA : https://wa.me/62812829002
Instagram : @akademikombas