Artikel

Tips Closing Bagi Pemula

Tips Closing Bagi Pemula – Closing merupakan proses mengakhiri transaksi Antara Anda ( penjual ) dengan customer sampai mencapai deal. Pada proses tersebut Anda perlu mempersiapkan beberapa jawaban yang bisa meyakinkan customer. Biasanya pertanyaan yang sering digunakan dan wajib Anda jawab sebelum tahap closing adalah :

1.  Apa alasan customer harus membelinya sekarang juga

Tugas ini memang berat, lalu bagaimana cara untuk bisa meyakinkan customer? Anda bisa melakukan strategi seperti :

  • Diskon hanya hari ini
  • Jika membeli hari ini juga akan mendapatkan bonus
  • Harga hari ini lebih murah
  • Stok terbatas
  • Promo hanya hari ini saja
  • Dan penawaran – penawaran yang lain.

2. Bagaimana cara supaya customer bisa percaya dengan Anda

Membangun kepercayaan sangatlah sulit. Tapi dengan hal ini menjadi tantangan untuk Anda. Membangun kepercayaan bisa dengan menampilkan sebuah testimoni, produk yang sudah bersertifikat, dengan melakukan endorsement, atau dengan yang lain. Selain menampilkan hal tersebut, juga bisa dengan memberikan sebuah tips yang bermanfaat, memberikan sampel produk tersebut secara geratis, dan yang paling penting selalu ramah dan fast respon.

3. Kenapa harus di beli?

Pertanyaan ini mungkin sering menjadi pertanyaan yang di berikan oleh customer Anda. Maka, Anda harus mempersiapkan jawaban yang tepat untuk customer Anda. Missal saja jika melalui online pengiriman akan lebih cepat, mudah digunakan, bisa tahan hingga lama, dan yang lain – lain.

 

Setelah menyiapkan jawaban dari pertanyaan yang mungkin akan di pertanyakan oleh customer. Selanjutnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa cepat closing dan menuju closing yang lancar.

Tips Closing Bagi Pemula :

1. Ekslusif

Semua yang Ekslusif atau spesial banyak di sukai oleh orang – orang. Teknik ini Akan membuat Anda untuk bisa menunjukan kepada customer bahwa mereka merupakan orang yang spesial jika memiliki produk yang sedang Anda tawarkan tersebut. Contoh : “produk ini sangatlah terbatas kak, hanya ada 7 di Indonesia, jadi kalau kakaknya mau beli hari ini maka akan kami berikan ( hadiah ) ini secara geratis.” Atau bisa juga dengan cara yang lain.

 

2. Keuntungan

Anda bisa lakukan dengan cara menunjukan  keuntungan yang bisa di dapat oleh customer Anda secara singkat, padat, dan juga jelas. Sebisa mungkin sampaikan keuntungan yang tidak di miliki oleh kompetitor dari bisnis Anda. Karena dengan ini akan menjadi nilai tambahan untuk Anda meyakinkan customer. Contoh jika produk Anda skincare maka “kalau kakak menggunakan produk kami maka akan membuat kulit kakak lebih cerah glowing, dan lebih awet muda.”

 

3. Harga di coret

Berikan cantuman harga dengan cara di coret. Dengan begitu, akan memberikan kesan bahwa Anda menawarkan harga yang lebih murah. Apalagi jika Anda menjual produk yang bisa digunakan satu untuk semua. Tenuti saja akan membuat orang menjadi lebih tertarik. Contoh “harga normal Rp 150.000 menjadi Rp 149.000”

 

4. Jika….maka

Buat customer merasa menyesal. Anda bisa lakukan dengan menyampaikan kerugian jika tidak membeli dan mendapatkan produk tersebut sekarang juga. Contoh, “jika kakak tidak membeli sekarang, maka besok kakak akan membeli dengan harga yang lebih mahal lagi.”

 

5. Memuji

Siapa yang tidak suka di puji? Pasti hampir semua orang menyukainya. Nah Anda bisa melakukan Teknik ini karena semua orang suka untuk di puji . contoh, “wah kakaknya terlihat cantik dan cocok sekali menggunakan ( produk ) ini.”

 

6. Membandingkan

Siapa yang tidak tertarik melihat harga yang lebih murah namun tetap dengan kualitas yang sama? Nah cara ini bisa Anda lakukan. contoh, “produk (  yang lain ) kualitasnya memang sama seperti ini tapi lebih mahal kak, nah kalau kakak mau produk ( lain ) kakak bisa nih menggunakan produk ( produk Anda ) kualitasnya sama, namun harganya lebih terjangkau.”

 

7. Sekarang atau tidak sama sekali

Menggunakan cara ini dapat membuat customer Anda untuk menentukan. Meskipun terlihat seperti memaksa namun sudah terbukti banyak yang berhasil. Contoh, “mohon maaf kak untuk (produk Anda) yang ini sudah ada yang menawarnya, jadi takut nanti malah tidak kebagian, lebih baik langsung saja di beli sekarang kak.”

 

8. Cerita tentang orang lain

Anda bisa memberikan sebuah testimoni dari produk Anda tersebut sebagai alasan yang kuat untuk bisa meyakinkan customer Anda. Contoh, “waktu itu ada pelanggan ( lain ) yang memesan ( produk tersebut ), awalnya ragu juga sama seperti kakak, namun setelah kami memberikan penjelasan yang detail mengenai manfaat dan juga keuntungan yang di dapat ( produk tersebut ). Dan baru saja tadi memesan produk ini lagi karena merasa puas dengan manfaatnya.

 

Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai Tips Closing Bagi Pemula. Buat Anda yang masih pemula bisa mencoba cara tersebut. Semoga tips tersebut bisa berhasil dan juga bermanfaat. Selamat mencoba ya.

Jika Anda masih bingung, Anda bisa mengikuti pelatihan bersama Akademi Kombas. pelatihan akan di bimbing dengan penuh kesabaran dan materi di sampaikan dengan jelas oleh mentor. Yuk gabung bersama Akademi Kombas! informasi lebih lengkap bisa cek Instagram @akademikombas. Bisa juga langsung menghubungi nomor WhatsApp Akademi Kombas di https://wa.me/628112829002 .