Strategi Bisnis dalam Media Sosial
Strategi Bisnis dalam Media Sosial – Merupakan susunan Langkah dari rencana yang akan dilakukan dan keinginan yang akan di capai pada platform Media Sosial. Langkah pertama yang paling penting untuk dilakukan yaitu dengan menerapkan 5w + 1h, yaitu :
- What, Apa tujuan dari adanya bisnis ini dan apa strategi yang akan di buat ?
- Who, Siapa yang akan menjadi target pasar dari produk tersebut ?
- When,Kapan waktu yang tepat untuk mengepost pada Media Sosial dan kapan waktu yang tepat untuk menerapkan strategi tersebut ? Apakah sekarang atau pada waktu yang akan datang ?
- Where, Dimana strategi yang di buat tersebut akan dilakukan ? apakah hanya bersifat lokal, nasional, atau bahkan internasional ?
- Why, Mengapa stategi ini bisa di katakan penting ?
- How, Bagaimana strategi ini akan dilakukan ?
Strategi Bisnis dalam Media Sosial yang bisa dicoba :
1. Menentukan goals
Menantukan goals / tujuan dalam membuat bisnis tersebut. Dengan membuat tujuan yang jelas akan lebih memudahkan dalam Langkah – Langkah yang akan di lakukan selanjutnya.
Perlu diingat bahwa setiap goals / tujuan sebaiknya dibuat dengan cara SMART, yaitu Specific,Measurable,Attainable,Relevant,dan Time – bound.
2. Menerapkan Tujuan
Setelah menentukan tujuan yang telah di buat, berusahalah sebaik mungkin agar tujuan tersebut bisa tercapai. Dengan menerapkan tujuan,dapat mempengaruhi semua hal. Mulai dari media sosial yang di tuju hingga anggaran – anggaran yang di keluarkan.
3. Melakukan Riset
Saat menggunakan Media Sosial sebagai tempat memasarkan suatu produk hal yang utama harus dilakukan adalah dengan melakukan riset. Karena Langkah ini dapat membantu dalam memajukan bisnis yang dilakukan.
4. Mengenal Audiens
Strategi Bisnis dalam Media Sosial selanjutnya yaitu dengan mengenal lebih dekat audiens / konsumen akan memudahkan kalian untuk bertindak. Mengenal audiens pada Media Sosial seperti sekarang ini tidak sulit,karena Media Sosial bisa membantu berkomunikasi secara langsung antara pemilik bisnis dan juga audiens.
Dengan strategi mengenal audiens secara lebih dekat, akan lebih bisa mengetahui apa yang sedang di butuhkan audiens, selain itu juga akan mendapatkan inspirasi – inspirasi konten.
Dengan hal ini juga akan membuat audiens memberikan feedback yang baik terhadap bisnis yang kalian lakukan.
5. Menyelidiki Strategi Kompetitor
Dalam melakukan bisnis apalagi melakukan bisnis menggunakan Media Sosial pastinya akan memiliki banyak kompetitor / pesaing. Kalian bisa menyelidiki strategi apa yang di gunakan oleh kompetitor, dengan ini akan membantu kalian untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan dari kompetitor tersebut.
6. Buat Konsep
Buat konsep rencana bisnis secara matang, agar bisnis bisa berjalan sesuai dengan harapan yang di inginkan.
7. Membuat plann Konten
Audiens sekarang ini sangatlah pandai untuk menilai mana konten yang bagus dan tidak. Jika kalian benar benar ingin memiliki konten yang menarik dan mudah di pahami audiens sebaiknya buat plan / rencana konten yang akan di buat terlebih dahulu. Sehingga lebih mudah untuk melihat plan konten tersebut dan lebih mudah juga untuk melakukan pembuatan konten yang bagus.
Dalam membuat plan konten ada 3 hal yang prlu di persiapkan yaitu tujuan konten, tema konten, dan juga persiapkan topik / caption. Pada tahap ini plann akan di buat menggunakan kalender konten sebagai jadwal pembuatan konten. Dengan adanya jadwal akan memudahkan dalam pembuatan konten yang menarik.
8. Memanfaatkan Live
Saat ini sudah banyak Media Sosial yang bisa di gunakan untuk live. Dengan memanfatkan live akan lebih mudah memperkenalkan bisnis yang di lakukan kepada audiens.
Saat live harus bisa memilih topik yang sesuai dengan target yang di tuju. Karena video yang menarik di Media Sosial bisa menaikkan traffic dan pada akhirnya juga akan menaikkan penjualan. Juga bisa membangun komunikasi saat live bersama audiens dengan cara membuat sesi tanya jawab.
9. Perhatikan Waktu
Memperhatikan waktu dalam berbisnis menggunakan Media Sosial juga sangat penting. Karena saat melakukan publish juga perlu memperhatikan waktu audiens yang di tuju, apakah audiens sedang berada di waktu santai atau tidak. Jika audiens sedang sibuk tidak mungkinkan mereka akan membuka handphone, sehingga tidak bisa melihat postingan yang di posting kalian. Jadi dalam berbisnis menggunakan Media Sosial wajib memperhatikan mana waktu – waktu yang tepat untuk melakukan publish.
10. Lakukan Evaluasi
Evaluasi merupakan hal yang penting di lakukan. Karena dengan melakukan evaluasi kita bisa mengetahui bagaimana perjalanan bisnis kita apakah berjalan sesuai harapan atau justru sebaliknya.
Maka dari itu, melakukan evaluasi itu penting untuk mengetahui strategi manakah yang cocok untuk perkembangan bisnis kalian, sehingga bisa meningkatkan strategi bisnis yang akan di lakukan selanjutnya.
Strategi Bisnis dalam Media Sosial
Manfaat membuat strategi bisnis yaitu agar perusahaan bisa menentukan arah untuk perkembangan bisnisnya. Karena dengan membuat strategi akan memberikan gambaran bisnis kedepannya sehingga akan memudahkan kita untuk melakukan evaluasi.
Seperti itulah sedikit penjelasan Strategi Bisnis dalam Media Sosial yang bisa kalian coba. Jika masih bingung bagaimana mencoba strategi bisnis, yuk ikuti pelatihan dan sertifikasi sosial media BNSP!
Kalian bisa mengikuti pelatihan dan sertifikasi sosial media BNSP bersama Akademi Kombas dari PT Kombas Digital Internasional. Untuk informasi lebih banyak bisa cek Instagram @akademikombas atau bisa hubungi WhatsApp Akademi Kombas pada https://wa.me/628112829002 .