Artikel

SOCIAL MEDIA MANAGER

Social media manager itu apa – Social media manager merupakan suatu profesi di mana orang tersebut berperan untuk mengawasi, menyaring, menyunting, serta menganalisis aktivitas social media yang di miliki oleh suatu perusahaan. Social media yang biasa digunakan adalah Instagram, Tiktok, X, YouTube dan juga Linkedln.

Di era sekarang penggunaan social media terus berkembang setiap hari. Pada awalnya social media hanya di gunakan untuk hiburan saja, namun sekarang social media juga biasa di gunakan untuk kegiatan lain seperti berjualan, promosi, dan yang lain.

Perkembangan ini juga di ikuti dengan perkembangan fitur-fitur yang semakin canggih. Contohnya pada aplikasi Instagram yang kini sudah bisa di jadikan untuk berbelanja, reels dan juga instastory. Begitu juga dengan aplikasi Tiktok.

Nah apabila anda menjadi seorang social media manager anda di tuntut agar selalu update mengenai social media dan juga trend. Seorang social media manager juga disebut sebagai voice of the company. K

arena profesi ini merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan. Hal ini di karenakan social media manager berinteraksi dengan konsumen melalui apa yang mereka posting di social media.

Tugas yang harus dilakukan oleh seseorang dalam profesi ini

Pada dasarnya social media adalah profesi yang mirip dengan admin yaitu :

  • Membuat konten
  • Mengunggah atau memposting konten
  • Memberikan caption pada konten yang mereka posting
  • Membalas komentar
  • Menjalin komukasi langsung dengan konsumen

Seorang yang bekerja dalam bidang ini tentunya harus menguasai semua yang berkaitan dengan social media. Apabila tidak nantinya akan berpotensi menimbulkan beberapa masalah kecil yang mungkin nantinya akan mengganggu proses pengerjaan.

Hal yang harus di kuasai oleh seorang social media manager yaitu :

  • Social media tools

Tools dalam media social tentunya sangat beragam, tidak hanya satu saja namun ada banyak dan memiliki fungsi yang berbeda beda di antaranya adalah :

  • Hootsuite

Merupakan alat social media yang lengkap dengan berbagai macam fitur yang dapat membantu para pemilik social media mandiri dan bahkan juga tim. Alat ini memiliki manfaat untuk mempermudah dalam perencanaan dan berbagi postingan pada media social di berbagai saluran.

  • Basis jaringan

Alat ini baik untuk perusahaan menengah hingga perusahaan besar yang ingin menganalisis dan memantau percakapan konsumen di luar media social.

  • Wawasan panaromiq

Menyediakan berbagai analisis untuk berbagai aktivitas Instagram. Seperti untuk postingan, instastory, dan juga reels. Alat ini juga dapat digunakan untuk memantau data penggunanya, seperti halnya followers lama dan baru.

  • Facebook dan juga X analytics
  • Canva

Tentunya seseorang yang berada pada posisi ini harus menguasai canva atau aplikasi desain lainnya. Di karenakan seorang social media manager harus bisa mengoprasikan aplikasi desain untuk membuat konten yang nantinya akan di posting di berbagai social media.

Para social media harus mengetahui desain yang cocok untuk mereka posting itu seperti apa yang mana nantinya di harapkan para pelihat akan tertarik dan mendatangkan closing untuk bisnis yang mereka pegang.

  • Google trends

Google ini digunakan untuk mengetahi kompetitor dan juga dan juga untuk melihat naik turunnya grafik pencarian kata kunci yang di pakai. Tidak hanya itu para social media manager juga harus menguasai hal-hal lain agar mempermudah proses pekerjaan yang mereka jalani.

Pekerjaan seorang social media manager

Pekerjaan social manager banyak berkaitan dengan tim desain, karena mereka memerlukan konten-konten yang harus mereka posting ke berbagai social media. Oleh karena itu mereka juga harus memiliki plan konten untuk memudahkan proses pengerjaan. Plan konten berisi tentang tema,judul, caption, hashtag dan yang lain.

Orang yang bekerja dalam bidang ini harus memiliki jiwa kreativitas yang tinggi. Hal ini dapat membantu para social media manager agar tidak kehabisan konten untuk mereka posting. Konten-konten tersebut tentunya harus bersifat menarik, inovatif, kreativ dalam mengembangkan social media yang di pegang serta dapat mendorong untuk menciptakan ide-ide.

Selain itu social media manager juga memerlukan kemampuan copy writing. Hal ini berguna dalam proses pembuatan caption agar menarik, memberikan informasi yang jelas dan membuat pelihatnya melakukan tindakan.

Manfaat media social untuk bisnis :

  1. Bersosialisasi
  2. Memperluas jaringan
  3. Pendukung bisnis yang dibangun
  4. Bergabung dengan grup yang berkaitan dengan digital marketing
  5. Sumber informasi

Pekerjaan yang berkaitan dengan social media bisa di katakan bahwa ini merupakan pekerjaaan yang mudah untuk di lakukan. Semua orang sebenarnya bisa untuk melakukan pekerjaan ini. Selama penggunakan media social ini masih banyak peluang pekerjaan dalam bidang social media manager juga akan semakin banyak khususnya dalam dunia digital maketing.

Tidak hanya mudah pekerjaan ini juga menyenangkan. Penggunaan social media dari tahun ke tahun sudah membuktikan bahwa penggunaan social media sangat efektif untuk memasarkan suatu produk.

Pekerjaan ini juga dapat di latih dengan mengikuti pelatihan social media marketing. Akademi Kombas menyediakan pelatihan dalam bidang ini. Yuk segera gabung dan ikuti pelatihan!!!

Telp/WA : https://wa.me/628112829002

Instagram : @akademikombas