RISET PADA DUNIA MARKETING
Riset pada dunia marketing- Riset merupakan proses untuk mengumpulkan, dan menganalisis informasi atau sebuah data. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan cara sistematis yang bertujuan untuk menambah pemahaman audiens terhadap suatu informasi.Riset pada dunia marketing berperan penting pada proses kegiatan pemasaran produk baik jasa maupun barang.
Riset pada pemasaran merupakan sebuah proses mengumpulkan data yang berkaitan dengan suatu produk dan juga pasar. Hal ini bertujuan untuk panduan seluruh kegiatan pada proses pemasaran. Riset pada pemasaran mempunyai beberapa langkah yang perlu di perhatikan. Proses riset harus di lakukan secara berurutan agar hasil data yang di dapat valid dan bisa digunakan untuk melakukan proses pemasaran. Seperti perencanaan, pengembangan strategi dan evaluasi.
Langkah riset pada dunia marketing :
1.Merumuskan masalah
Pada setiap penelitian memerlukan rumusan masalah sebagai kerangka awal dalam sebuah penelitian. Carilah penyebab masalah dalam sebuah proses pemasaran yang mana berpengaruh pada berlangsungnya kegiatan pemasaran kurang optimal. Hal ini di lakukan agar nantinya penelitian dapat berjalan secara terarah sesuai dengan tujuan.
2.Menentukan jenis data
Setelah melakukan rumusan masalah, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan jenis data yang di perlukan dalam riset pemasaran. Terdapat beberapa jenis riset yang dapat dilakukan dalam pemasaran, yaitu seperti analisis kompetitor, strategi pemasaran, penjualan pada produk, dan juga persaingan harga.
Menentukan jenis data yang akan di lakukan bertujuan agar nantinya fokus terhadap penelitian yang akan di lakukan pada sebuah data. Serta penelitian yang di lakukan tidak menyimpang dari topik dan dapat menghasilkan banyak data yang sesuai.
3.Menentukan metode
Menentukan metode riset pada pemasaran dapat di lakukan dengan metode pengumpulan data seperti, survey, observasi, wawancara, fokus pada diskusi kelompok, dan kuesioner. Menyesuaikan metode sesuai dengan target pasar yang telah di tetapkan sebelumnya dan kemampuan sebuah perusahaan mendapat narasumber. Namun saat ini dengan teknologi yang dapat memudahkan para peneliti untuk menemukan seorang narasumber dengan tanpa adanya batasan waktu dan jarak.
Dalam hal ini disarankan untuk menggunakan dua jenis data yaitu primer dan sekunder. Data primer dapat diperoleh langsung dari target pasar sedangkan data sekunder dapat di peroleh dari referensi beberapa sumber seperti buku, artikel, pendapat para ahli dan juga dengan menggunakan situs online.
4.Analisis data
Setelah selurus proses penelitian selesai dan data telah terkumpul, hal selanjutnya yang di lakukan adalah melakukan analisis. Data yang baru di kumpulkan cenderung belum dapat memberikan jawaban dari masalah. Sebab data yang di peroleh dari berbagai narasumber yang berbeda-beda. Untuk itu perlu melakukan analisis pada data yang telah di dapat. Hal ini dapat di lakukan dengan cara menyimpulkan dari beberapa data yang nantinya akan menjadi satu data yang valid.
5.Membuat hasil laporan
Setelah melakukan empat langkah di atas, langkah terakhir yang harus di lakukan adalah dengan membuat laporan hasil riset. Laporan hasil riset ini berisi mengenai rencana penelitian, proses riset, dan hasil yang di dapat. Melalui laporan hasil riset, sebuah perusahaan akan menemukan jawaban dari permasalahan yang terjadi dan perusahaan dapat merancang rencana pemasaran sebagai solusi.
Peran riset dalam dunia marketing :
-
Menciptakan ide baru
Dengan melakukan riset anda dapat menemukan ide baru yang bermanfaat untuk perkemangan bisnis anda. Setiap pertumbuhan yang terjadi pada pasar, dapat membantu bisnis anda agar terus berkembang. Hal ini akan memberikan anda pengetahuan mengenai pasar yang akan berkembang dan juga bertindak sebagai pondasi bagi sebuah perusahaan.
-
Memudahkan dalam pengembangan konsep
Kesulitan dalam mengembangkan konsep pemasaran meruapakan salah satu kendala yang sering di hadapi oleh banyak pebinis. Hal ini menyangkut dengan proses pemasaran yang berjalan tidak sesuai dengan yang telah perusahaan rencanakan. Proses pengembangan konsep dapat di perbarui apabila anda telah melakukan riset, sebab anda telah mengetahui hal apa yang harus di perbaiki dengan menggunakan data-data yang telah di kumpulkan.
-
Variasi pemilihan ide
Ide yang dapat anda tuangkan untuk bisnis anda tidak terbatas. Dalam sebuah perusahaan anda tidak perlu untuk membatasi diri hanya untuk menggunakan satu konsep saja. Seiring dengan berkembangnya zaman, pastinya muncul ide-ide baru yang nantinya akan mendukung perkembangan bisnis anda.
-
Strategi pemasaran
Riset pemasaran merupakan hal yang penting untuk di lakukan, sebab hal ini menunjukkan bahwa seberapa cepat perubahan keadaan pasar dari satu hari ke hari selanjutnya. Dengan melakukan riset anda akan mengetahui berbagai informasi yang nantinya dapat digunakan sebagai panduan.
Tujuan riset dalam dunia marketing
Tidak hanya bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menentukan strategi dalam pemasaran dan penjualan, riset juga memiliki tujuan lain seperti :
-
Evaluasi produk
Evaluasi produk dapat di lakukan pada produk baik barang maupun jasa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada produk.
-
Membantu untuk memanfaatkan kesempatan
Dengan adanya riset dapat membantu anda untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang ada pada pasar. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan dan memenuhi kebutuhan pasar.
-
Membantu menentukan metode pemasaran
Menentukan metode pemasaran harus sesuai agar tepat sasaran dan mengurangi terjadinya kerugian.
Riset dalam dunia marketing memerlukan berbagai sumber data untuk mendapat hasil yang valid dan dengan di olah dengan beberapa metode. Hal di sebabkan sebuah usaha memerlukan data yang valid menunjukkan keadaan pasar terhadap produk dengan tujuan dapat meningkatkan penjualan.
Mempelajari riset dapat anda lakukan dengan mengikuti pelatihan. Akademi Kombas menyediakan pelatihan bagi anda yang berminat dapat menghubungi :
Telp/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas