Uncategorized

PKL SMK Jurusan Pemasaran

PKL SMK Jurusan Pemasaran – jurusan pemasaran adalah salah satu jurusan yang mempelajari tentang ilmu-ilmu, strategi serta praktek untuk memasarkan suatu produk.

Apa itu Jurusan Pemasaran?

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jurusan Pemasaran atau dahulunya lebih di kenal dengan nama Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah suatu kompetensi keahlian termasuk ke dalam program keahlian pemasaran. Jurusan ini, akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan bidang pemasaran.

Pembelajaran yang akan di lakukan selama 3 tahun ini di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), siswa-siswi akan di ajarkan tentang bagaimana caranya untuk menganalisis pasar serta mendapatkan peluang di dalamnya.

Pada siswa-siswi tersebut juga akan di berikan bekal agar dapat menggunakan media online sebagai tempat untuk memasarkan sebuah produknya. 

Media online tersebut dapat berupa situs web atau pun media sosial. Sehingga, para siswa-siswi tersebut di harapkan dapat memanfaatkannya sebagai suatu e-commerce.

Apa Saja yang Dipelajari Jurusan Pemasaran?

Di dalam jurusan pemasaran, ada beberapa mata pelajaran yang di pelajari oleh para siswa-siswi SMK yang masuk ke bidang pemasaran tersebut. Mata pelajaran tersebut yaitu:

  1. Penataan Produk

Pada materi penataan produk ini, akan di bahas tentang cara untuk mengelompokkan barang-barang yang sesuai dengan jenis serta kegunaannya.

Pengelompokkan atau penggabungan tersebut tentunya harus memperhatikan juga keindahan atau keestetikaannya agar dapat menarik minat para calon pelanggan/konsumen supaya mau membeli produk tersebut.

Dalam mengelompokkan produk tersebut, para siswa-siswi juga di wajibkan untuk betul-betul memahami spesifikasi dari produk yang di perjual belikan tersebut.

  1. Bisnis Online

Pada materi ini, para siswa-siswi akan di beri bekal tentang bagaimana cara untuk memasarkan sebuah produk melalui internet. Pemasaran itu dapat di lakukan melalui situs web atau dengan menghindari media sosial yang ada.

Karena dengan melakukan bisnis online, tentu akan mempermudah dalam memasarkan produk serta tidak membutuhkan biaya yang banyak. 

  1. Pengelolaan Bisnis Ritel

Untuk pengelolaan bisnis ritel ini akan mempelajari tentang bagaimana caranya untuk mengatur keseluruhan faktor-faktor yang mempunyai pengaruh di dalam proses perdagangan ritel.

  1. Administrasi Transaksi

Pada materi ini, siswa-siswi akan di berikan sebuah bekal agar bisa melakukan pencatatan keuangan dengan rapi dan juga terstruktur, sehingga hasil dari pencatatan itu lebih mudah untuk di mengerti dan di pahami.

  1. Produk Kreatif Kewirausahaan 

Pada mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan ini, pada siswa-siswi akan di bentuk agar dapat menjadi pribadi yang siap untuk bekerja.

Materi yang akan di bahas, di antaranya yaitu tentang bagaimana untuk memahami personality/kepribadian dari seorang wirausahawan, mengerti dan memahami sebuah peluang usaha dari produk atau layanan, sampai dengan prosedur pengajuan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Jurusan Pemasaran Bisa Jadi Apa?

Dengan semua bekal ilmu pengetahuan dan juga keterampilan yang sudah di berikan selama masa pendidikan, maka ada beberapa peluang kerja yang bisa di dapatkan oleh para siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jurusan pemasaran. Prospek kerja tersebut, di antaranya yaitu:

  • Tenaga Marketing atau Pemasaran
  • Pramuniaga (tenaga pelayanan)
  • Tenaga Pembelian
  • Pengelolaan Gudang
  • Tenaga Administrasi Penjualan serta Pembelian
  • Perantara atau Makelar Dagang
  • SMM atau Sosial Media Marketing
  • Seorang Wiraswasta 

Dengan perkembangan zaman yang hampir semuanya digital ini, maka transaksi perjual belian ini juga di lakukan dengan cara online.

Barang di perjual belikan juga sangat beragam. Bisa sai makanan, make-up atau kosmetik, fashion, elektronik, serta ada berbagai macam jenis yang lainnya.

Pastinya, para siswa-siswi lulusan SMK dari jurusan pemasaran ini akan banyak di butuhkan. Lagi pula, jika kamu tidak ingin melakukan pekerjaan di suatu perusahaan, maka kamu dapat berwiraswasta.

PKL SMK Jurusan Pemasaran 

Nah, dengan penjelasan-penjelasan tentang jurusan pemasaran atau tersebut, di harapkan bisa menambah pengetahuan kepada para pembaca dari artikel ini.

Lalu, ada ngga sihh yang sebentar lagi menjalankan kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dengan jurusan Pemasaran tersebut?

Jika iya, apakah sudah tau tempat untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan yang tepat dan sesuai dengan jurusan kamu?

Jika belum, yuk gabung di PT Kombas Digital Internasional!

PT Kombas Digital Internasional itu apa sih? Jadi, PT Kombas Digital Internasional ini merupakan sebuah kantor bagi para siswa-siswi atau pun mahasiswa yang sedang mencari tempat untuk di lakukan PKL maupun untuk pelatihan.

Kenapa harus di PT Kombas Digital Internasional? Karena, jika kamu melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL)  di tempat kami,maka kamu akan mendapatkan profit atau keuntungan. Di antaranya:

  • Kamu akan dapat 3 sertifikat. yang terdiri dari Sertifikat Pelatihan, Sertifikat PKL, serta ada juga Sertificate Of Excellence.

Sertificate Of Excellence tersebut akan di berikan kepada siswa-siswi untuk di jadikan sebuah bukti bahwa siswa-siswi tersebut telah siap untuk masuk ke industri digital. 

  • Bagi siswa-siswi alumni PKL yang mendapat Sertificate Of Excellence, dapat menjadi anggota tim freelancer di PT Kombas Digital Internasional.

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik dan berminat untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan di tempat kami?

Ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kami? Kamu bisa mengunjungi website akademikombas.co.id dan pklsmk.com kami. Serta Instagram kami yang bernama @kombasdigitalinternasional.

Atau kamu ingin bertanya-tanya langsung dengan kami? Yuk, langsung saja hubungi kami! klik disini yaa…