Artikel

Pixel Pembantu Facebook

Pixel Pembantu Facebook – Facebook Pixel merupakan sebuah alat pemecah masalah yang bisa membantu kamu dalam memvalidasi implementasi piksel kamu.

 

Facebook Pixel helper untuk apa?

 

Agar iklan yang telah Kamu pasang secara online sampai kepada target yang tepat, Facebook Pixel merupakan salah satu tools terbaik untuk Kamu yang ingin melakukannya.
Saat ini, Facebook Pixel justru sudah digunakan begitu banyak oleh para marketer yang mempunyai bisnis.
Facebook Pixel merupakan sebuah kode yang nantinya akan dipasang pada situs webmu.
Dengan adanya kode ini, akan memudahkan semua hal terutama hal melacak konversi dari Facebook Ads, optimisasi dari iklan digital, dan dapat membangun audiens yang tepat untuk iklan.
Selain itu, kamu pun bisa dengan cepat menarget ulang orang-orang yang pernah berinteraksi terus dengan situsmu itu.
Kode yang digunakan dalam Facebook Pixel ialah cookie.
Mengapa Cookie? Karena, Cookie ini mampu melacak pengunjung situs Kamu, sehingga pengiklanan bisa lebih sesuai dengan harapannya.
Kode Pixel juga bisa berguna bagi orang yang melacak perilaku pengguna ketika kembali mengunjungi situs.
Menurut pendapat Shopify, Facebook Pixel dapat melacak pageview, dapat penambahankam barang ke keranjang, pembelian, scroll depth, atau juga waktu yang telah dihabiskan oleh pelanggan di situs, dan masih banyak lagi.

 

Dengan menggunakan hal ini, pemasangan iklan online bisa lebih efektif lagi dan relevan, sehingga jenis iklan produk dapat ditampilkan kepada orang-orang yang tepat berdasarkan dengan data yang diperolehnya.

 

Manfaat Facebook Pixel

 

Seperti yang telah dijelaskan diatas, Bahwa Facebook Pixel ternyata sangat bermanfaat jika digunakan untuk marketing/dunia bisnis.
Bidang Profesi Marketing Social Media biaasanya Dikenali dan Dikuasai oleh Facebook Pixel sebagai tempat promosi Iklan Online yang Tepat Sasarannya.
Menurut Hootsuite, Facebook Pixel merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam tujuan untuk meningkatkan sebuah conversion rate iklan Facebook sehingga mendapatkan return of investment (ROI) yang lebih baik dari sebelumnya.
 Nah, berikut adalah beberapa penjelasan lebih detail mengenai hal kegunaan dan manfaat dari Facebook Pixel.

 

 

1. Melacak konversi

 

Facebook Pixel merupakan sebuah cara untuk melihat bagaimana orang berinteraksi dengan situsmu. setelah mereka melihat suatu iklan yang telah ditampilkan di akun Facebook kamu.

 

Bahkan dengan adanya Facebook Pixel ini, pelanggan juga dapat dilacak ketika sedang menggunakan perangkat yang berbeda jenisnya.

 

2. Retargeting

 

Fitur Facebook yang selanjutnya adalah retargeting pixel data and dynamic ads yang artinya fitur tersebut dapat membuatmu menampilkan sebuah iklan secara khusus untuk ditujukan kepada orang-orang yang sudah mengunjungi situsmu.

 

3. Pengelompokan audiens

Data yang dikumpulkan dari Facebook Pixel bisa digunakan untuk bisa mengumpulkan beberapa audiens yang memiliki kesukaan, ketertarikan, dan demografi yang sama terhadap apa yang kita tawarkan.

 

Hal ini juga bermanfaat untuk memperluas cakupan dari seorang pelanggan potensial bagi bisnismu.

 

4. Optimasi iklan Facebook

 

Optimasi dari iklan Facebook sebenarnya dapat dilakukan dengan cara menggunakan Facebook Pixel saja loh. Pasalnya sudah sesuai dengan tujuan bisnis yang lebih tepat dikapai.

 

5. Akses penuh tools iklan dan metrik

 

 Meng-install aplikasi Facebook Pixel adalah cara bagi Kamu agar bisa menggunakan beragam macam tool, fitur, serta metrik kampanye marketing yang lebih banyak lagi pastinya.

 

 Hal itu misalnya terjadi saat kamu sengan mengumpulkan data cost per lead atau cost per conversion.

 

Urutan Serta Cara Menggunakan Facebook Pixel

Sekarang ini Kamu telah mengetahui bahwa apa saja yang bisa Kamu lacak lewat Facebook pixel. Maka mulai saat ini saatnya Kamu mempelajari bagaimana cara membuat dan memasang Facebook pixel pada website Kamu.

 

Berikut urutan langkah-langkah dalam memasang Facebook pixel.

 

 

 1. Pertama, Buat Pixel

 

  • Masuk ke dalam Facebook Event Manager , lalu klik Connect to Data Sources pada bagian menu sebelah kiri, lalu pilih Web.
  •  Pilihlah Facebook Pixel , kemudian klik Connect.

 2. Kedua, Mengganti Kode Pixel di Website

 

Agar pixel Kamu dapat mengumpulkan sebuah informasi dalam website, Maka dari itu Kamu perlu memasang kode Facebook pixel pada website tersebut.

 

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memasang kode pixel pada website, hal ini bergantung dari sebuah platform website yang Kamu gunakan itu.

 

Caranya:
  • Pertama, Klik Salin Kode.
  • Kedua, Diharapkan Kamu meng-paste kode pixel pada kode header di website Kamu. Lakukan hal ini dalam setiap halaman yang ingin Kamu pantau.

 

3. Mengatur Facebook Pixel Events

 

1. Klik Open Event Setup Tool.
Pilihlah Facebook pixel ID Kamu, setelah itu klik Settings dan scroll hingga ke bawah sampai menuju Open Event Setup Tool.

 

2. Masukkan URL Kamu dan Klik Open Website tersebut.

 

3. Facebook akan secepatnya menampilkan beberapa pilihan rekomendasi event. dilanjutkan dengan Klik Finish Setup untuk menyelesaikan pengaturan tersebut.

 

Jadi, jika Pixel kamu telah selesai dibuat, maka kamu dapat langsung menambahkannya ke website agar tools kamu bisa sesegera mungkin bekerja untuk mengumpulkan data.
Nah, dalam tahap ini, penting juga bagi kamu menginstall beberapa kode kedalam halaman situs website tersebut, tergantung dengan platform situs yang digunakan/dipilih.
Didalam Facebook Pixe ini jugal menyediakan tiga pilihan, diantaranya Integration atau Tag Manager, Instalasi kode yang dilakukan secara manual, atau bisa juga meng-email instruksi instalasi ke dalam developer.
Teruntuk Kamu ingin melakukannya sendiri, Socialights sangat menyarankan kamu untuk memahami terlebih dahulu tentang kode HTML. Setelah kode ditambahkan pada sebuah situs web, hal yang selanjutnya harus dilakukan ialah mengaktifkan automatic advanced matching.