Persiapan Menghadapi Dunia Kerja
Persiapan menghadapi dunia kerja- Apakah kamu adalah fresh graduate yang ingin melamar di berbagai perusahaan? Atau pelamar yang belum lulus perekrutan perusahaan? Berikut yang harus kamu persiapkan sebelum menghadapi dunia kerja
Tantangan apa saja untuk menghadapi dunia kerja?
Dunia kerja pada dasarnya adalah tempat dimana berbagai macam hal akan terjadi, yang mana itu semua tergantung atasan dan orang berkuasa. Sehingga ketika kamu memasuki dunia kerja kamu sudah harus siap untuk menghadapi berbagai hal tak terduga yang mungkin terjadi.
Dibawah ini kami sajikan pembahasan mengenai beberapa tantangan di dunia kerja
1. Tiba-tiba dipindahkan ke bidang yang tak sesuai skill
Ini merupakan tantangan yang paling umum dalam dunia kerja, yaitu rotasi jabatan dan posisi yang terkadang tidak sesuai skill yang kamu punya.
Di mana kamu bisa tiba-tiba dipindahkan ke divisi yang berbeda dari sebelumnya dan mungkin sama sekali tak sesuai dengan yang kamu kuasai.
Untuk menghadapi situasi seperti ini, kamu hanya bisa bergantung pada diri sendiri untuk survive.
Bersikap profesional agar cepat beradaptasi dan mempelajari skill baru yang mendukung pada posisi pekerjaanmu saat dipindahkan.
2. Ditawari naik jabatan dengan kesepakatan tertentu
Peluang seperti ini tidak datang dua kali, sehingga kamu perlu bijak dalam mengambil keputusan untuk menerimanya. Pastikan kesepakatan yang ditawarkan tidak merugikan dan membahayakan karirmu kedepannya.
3. Kerja satu tim dengan orang yang tak disukai
Tantangan selanjutnya di dalam dunia kerja adalah ketika tanpa terduga kamu ternyata bekerja di satu tim yang sama dengan orang yang tak kamu suka.
Entah dia itu musuh mu, saingan, atau bahkan mantan kekasih yang bekerja pada suatu kantor yang sama.
4. Deadline pekerjaan yang tiba-tiba dipercepat
Ini biasanya dipengaruhi dari kondisi atau keputusan dari atasan. Itulah mengapa hal ini menjadi tantangan yang menguji profesionalitas, sanggupkah kamu untuk bisa mengikuti perubahan deadline atau tidak.
5. Perubahan kontrak dengan relasi yang bikin proyek terganggu
Perubahan keinginan oleh relasi terkait kontrak kerja sama, Semua kesepakatan memang sudah tercantum dalam surat kontrak, tapi ada satu atau dua relasi yang biasanya ingin mengubah isi kontrak, hal itu dapat mempengaruhi proyek.
6. Dimanfaatkan oleh rekan kerja
Salah satu tantangan di dunia kerja adalah kondisi rekan kerja yang menyebalkan. Salah satu contoh rekan kerja yang sukanya hanya memanfaatkan kebaikan orang lain.
Dalam bekerja hal apakah yang paling penting untuk diperhatikan?
Berikut kami sajikan Faktor yang perlu diperhatikan dalam bekerja yang dapat membuat kamu menjadi seorang pegawai yang profesional
1. Bekerja harus memiliki tujuan
Kerja itu harus memiliki tujuan dan menjadikannya sebuah plan utama agar kamu tetap berada di dalam jalan yang diinginkan.
Buatlah tujuan itu menjadi nyata, agar menjadikanmu pribadi yang lebih baik serta bertanggung jawab.
2. Bekerja harus pintar
Pintar dalam bekerja itu menjadi keharusan. Dengan menjangkau tentang solusi apa saja yang dapat kita lakukan dalam menghadapi sebuah permasalahan yang kerap kali datang mengganggu pekerjaan. Kamu dapat menyelesaikannya dengan cara yang benar dengan sebaik-baiknya.
3. Bekerja dengan sepenuh hati
Segala sesuatu yang tidak dilakukan dengan sepenuh hati, maka tidak akan pernah menghasilkan sesuatu yang baik.
Bila kamu melakukan segala pekerjaan dengan senang hati, makan hasil yang kamu dapat menjadi optimal.
Persyaratan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum bekerja?
Hal penting yang harus kamu persiapkan dalam bekerja adalah kelengkapan berkas. Sebab, berkas tersebut akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima pelamar yang sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan.
Ada sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi oleh seorang pelamar, berikut diantaranya
• Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran menjelaskan mengenai minat pelamar terhadap perusahaan tertentu.
• Curriculum Vitae
Syarat selanjutnya yaitu curriculum vitae atau yang biasa disingkat CV, dianggap sebagai daftar riwayat hidup seperti; data diri, alamat email, riwayat pendidikan, nomor telepon, pengalaman kerja, dan skill atau kemampuan yang dimiliki.
• Portofolio
Sebagai bukti bahwa keterampilan atau skill yang tertera di dalam CV benar adanya.
• Ijazah Dan Transkrip Nilai
Syarat ini diperlukan untuk membuktikan dan mendukung legalitas dari informasi yang telah ditulis sebelumnya di dalam CV, surat lamaran kerja, atau cover letter.
• Formulir Data Pribadi dari Perusahaan
Umumnya, sebuah perusahaan akan memberikan formulir untuk diisi oleh pelamar.
• Pas Foto terbaru
Pas foto terbaru berguna untuk menunjukkan umur atau kondisi terkini dan agar tidak menimbulkan kekeliruan.
• Fotokopi SKCK
Selanjutnya adalah fotokopi SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian. SKCK adalah dokumen yang menunjukkan catatan kriminalitas atau kejahatan seseorang.
• Fotokopi Surat Keterangan Sehat
Fotokopi surat keterangan sehat ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan saat pelamar telah lulus tahap perekrutan
• Kartu AK1 (Kartu Kuning atau Kartu Pencari Kerja)
Kartu AK 1, adalah kartu tanda pencari kerja yang dikeluarkan lembaga pemerintah (Dinas Ketenagakerjaan atau Disnaker).
Persiapan menghadapi dunia kerja
Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum memasuki dunia kerja yang sudah kami ringkas
- Kenali diri sendiri
- Mampu Mengontrol emosi
- Fleksibel
- Bentuk Network Profesional
- Selalu mengasah kemampuan
- Mencari tahu tentang Perusahaan yang akan kamu lamar.