Artikel

Perkembangan Sejarah Digital Marketing

Perkembangan Sejarah Digital Marketing – Digital Marketing merupakan metode pemasaran sebuah produk atau layanan melalui online dengan memanfaatkan media digital dan elektronik.

Suatu perusahaan menggunakan digital marketing untuk menarik perhatian dari pelanggan dan juga untuk menaikan omset penjualan. Peluang yang ada pada digital marketing tidak terbatas, sehingga membuat semua pelaku usaha yang ingin melewatkannya untuk mendapatkan kesempatan mendorong pertumbuhan dan kemajuan sebuah bisnis. Bagaimana sih sejarah perkembangan dari adanya digital marketing itu? Yuk simak!

Perkembangan Sejarah Digital Marketing

Pada awal munculnya digital marketing karena ada suatu perusahaan yang melakukan cara atau metode pemasaran dengan cara menyampaikan pada radio, media cetak, televisi, dan papan reklame. Dan dengan menggunakan media internet akan lebih memungkinkan menerima sebuah informasi dengan lebih mudah lagi. Tetapi tidak ada informasi yang tersedia.

Setelah itu, beberapa perusahaan mulai mencoba untuk beradaptasi dan dengan selalu berhati – hati untuk menggunakan platform digital sebagai media untuk melakukan pemasaran.

Tahun 1993

Pada tahun 1993, ada spanduk yang pertama kali mengarahkan langsung pada sebuah link. Saat itu ada salah satu majalah yang membeli spanduk untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Dan era transisi pun terjadi, dan Yahoo menjadi populer untuk mendorong seseorang untuk melakukan bisnis dan hal itu dilakukan untuk mempertimbangkan pemasaran secara digital.

 

Tahun 1994 – 2003

Pada tahun 1994 sampai tahun 1997 mesin pencari yang baru mulai muncul. Seperti Google, HotBot, sampai dengan LookSmart. Dan di tahun 1998 dan 1999 microsoft meluncurkan sebuah mesin pencarian MSN. Yang memungkinkan untuk pengguna mengunggah konten dan juga untuk berbagi konten. Tahun 2003 google memberikan pengumuman tentang layanan iklan konten yang Bernama AdSense.

 

Tahun 2006

Dan di tahun 2006 ternyata pendapatan yang didapat melalui iklan internet hampir mencapai 3miliar dollar amerika. Mesin pencarian kira -kira menyentuh 6,5miliar penggunaan yang di hasilkan selama satu bulan. Pemasaran melalui digital memiliki pengaruh yang terasa untuk perusahaan. Dan YouTube, Twitter mulai berjalan dan muncul split test marketing.

 

Tahun 2008 – 2009

Pengguna dari situs web lebih banyak dari pada pengguna televisi. Pada tahun 2008 google memunculkan layanan Spotify, Streaming, dan microblogging. Dan pada satu tahun kemudian di tahun 2009 google mengeluarkan google instan yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil dari penelusuran yang nyata.

 

Tahun 2010 – 2012

Di tahun 2010 WhatsApp memberikan penawaran untuk promosi produk dan layanan dengan akun bisnis. Pemasaran menggunakan media sosial naik menjadi lebih dari 60% di tahun 2012. Dan google mengumumkan layanan AdSense bisa berhubung melalui YouTube, dan juga media sosial yang lain.

 

Tahun 2014 – sekarang

Dan pada tahun 2014 sampai dengan sekarang, pengguna smartphone menjadi semakin bertambah dan pembelian melalui layanan secara online menjadi meningkat secara pesat. Iklan, promosi, penjualan, hampir ada pada semua platform online.  Pemasaran dengan cara membuat konten semakin aktif, dan hal tersebut menjadi penanda bahwa digital marketing menjadi trend sampai dengan saat ini.

 

Seperti apa sih gambaran tentang digital marketing ke depannya? Yang pasti, persaingan yang berlangsung pada dunia digital semakin menantang dari sekarang ini sampai ke depannya. Dan Yang bisa bertahan pada dunia digital ini adalah mereka yang ingin dan mau untuk bersungguh – sungguh mempelajari tren yang sekarang ini sudah mulai muncul.

Saat ini semua hal bisa menjadi mudah dengan adanya digital marketing. Anda lebih mudah untuk bisa melihat dan mengetahui bahwa ada layanan, alat, dan teknologi baru yang dapat mendukung metode ini. Hampir semua jenis usaha bisa memasarkan produknya secara digital. Manfaat dari adanya digital marketing yaitu produk Anda bisa di lihat oleh konsumen secara online dan offline, dan produk yang Anda miliki bisa menjangkau target secara lebih luas.

Seperti itulah sedikit penjelasan tentang Perkembangan Sejarah Digital Marketing. Jika Anda berminat untuk memiliki ilmu digital marketing lebih dalam lagi, dapat Anda lakukan dengan cara mengikuti pelatihan dan sertifikasi digital marketing bersama Akademi Kombas. pelatihan bisa di lakukan secara online ataupun offline, jadi tidak ada alasan lagi jika Anda ingin mendapatkan ilmu digital marketing namun tidak bisa hadir untuk mengikuti pelatihan. dan yang paling penting pelatihan yang di lakukan bersama Akademi Kombas akan mendapatkan sertifikat dari BNSP. Sertifikat BNSP merupakan salah satu sertifikat yang di akui secara sah oleh negara.

Yuk gabung pelatihan bersama Akademi Kombas!!! untuk informasi lebih lengkap bisa Anda cek di Instagram yaitu di @akademikombas. Atau jika Anda langsung berminat mengikuti pelatihan, langsung saja hubungi nomor WhatsApp Akademi Kombas di nomor 0811-2829-002. Yuk tunggu apa lagi langsung aja gabung!

Jika Anda sedang mencari narasumber untuk digital marketing jangan bingung – bingung. Anda langsung saja menghubungi WhatsApp Akademi Kombas, Akademi Kombas menyediakan mentor – mentor yang sudah berpengalaman dan professional terkait dengan digital marketing.