Artikel

PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL UNTUK BISNIS

Perkembangan media sosial untuk bisnis – bisnis merupakan kegiatan menjual dan membuat suatu produk dengan tujuan memperoleh keuntungan. Peran media sosial saat ini menjadi sebuah hal yang sangat mempengaruhi perkembangan bisnis,karena dengan menggunakan media sosial bisa di gunakan untuk membuat konten yang menarik dan juga bisa langsung membagikan konten dengan mudah dan cepat kepada audiens.

Dengan menggunakan media sosial,bisa membantu membangun citra perusahaan dalam dunia digital secara kuat. Hal tersebut bisa di lakukan dengan cara mengembangkan strategi media sosial secara efektif dan juga untuk tempat menentukan target pasar,dan jenis konten apa yang sesuai untuk di bagikan. Saat ini menggunakan media sosial merupakan hal yang di lakukan karena mengikuti perkembangan zaman.

Apa saja sih media sosial untuk bisnis ?

Perkembangan media sosial untuk bisnis :

1. Instagram

Dulu Instagam digunakan hanya untuk berbagi postingan mengenai kegiatan yang dilakukan,dan seiiring perkembangan teknologi Instagram saat ini bisa di gunakan untuk memposting produk yang akan di jual.

 

2. Facebook

Sama seperti Instagram,Facebook dulu juga di gunakan sebagai tempat memposting foto & juga video. Tapi saat ini,mulai mengikuti perkembangan teknologi dan membuat fitur baru yaitu Facebook Marketplace. Yang bisa digunakan untuk menawarkan dan juga membagikan postingan – postingan produk.

 

3. TikTok

TikTok di gunakan tidak hanya anak – anak namun juga orang dewasa,mereka tertarik dengan konten yang ada pada TikTok. Dan karna banyak yang suka membuat,membuka,dan melihat aplikasi TikTok,membuat TikTok memanfaatkan hal ini dengan cara menyediakan fitur TikTok Shop yang bisa di gunakan untuk berjualan. Baru – baru ini TikTok Shop memang sempat di tutup,namun saat ini sudah di buka Kembali dengan berkolaborasi bersama Tokopedia.

 

4. X

Yang dulu di kenal dengan sebutan Twitter sekarang berubah menjadi X. Ternya X bisa di gunakan untuk bisnis juga,dengan orang meretweet status berarti semakin banyak juga yang mengetahui bisnis kamu.

 

5. Linkedln

Siapa yang menyangka aplikasi ini bisa di gunakan secara efektif untuk mengelola sebuah bisnis . Media sosial yang satu ini sering menjadi andalan yang di gunakan untuk membangun brand awareness ( kesadaran merek ).

 

Manfaat dari media sosial dalam bisnis apa saja sih? Ini dia

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis :

  • Relevan

Kenapa Relevan ? karena Media sosial saat ini banyak di gunakan oleh kaum – kaum milenial,yang dimana mereka menyukai media sosial sebagai tempat berbelanja yang cepat dan tidak ribet.

  • Unggul

Di sebut unggul karna setiap konten yang di buat akan memiliki visibilitas yang tinggi di mata audiens. Terlebih lagi video konten yang sedang di minati saat ini. Media sosial menjadi tempat untuk menunjukan terkait uniknya sebuah bisnis, sehingga mampu membuat audiens menjadi terkesan.

  • Meningkat

Media sosial bisa membantu membuat audiens merasa percaya dengan melihat konten yang dilihat. Dan hal itu membuat reputasi bisnis meningkat dan mendapat konsumen yang percaya bisnis kamu.

  • Cepat

Menggunakan Media sosial bisa membuat bisnis tersebar luas secara cepat. Dan juga bisa mengetahui mengenai keluhan dan saran audiens secara cepat, sehingga bisa cepat di tangani.

  • Efektif

Media sosial lebih efektif ketimbang pemasaran yang di lakukan dulu. Apalagi kamu bisa gunakan media sosial secara geratis dan akan mendapatkan uang. Kamu juga bisa menggunakan fitur iklan untuk menjangkau konsumen secara lebih luas dan fitur iklan tersebut pastinya membutuhkan biayadan biaya yang di keluarkan sangatlah ekonomis dari pada iklan di televisi.

Langkah berikut ini bisa di gunakan untuk meningkatkan penjualan pada penggunaan media sosial kamu.

Ini dia Langkah yang bisa di lakukan :

  1. Buat konten berkualitas

Langkah pertama yang bisa di lakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan mengutamakan kualitas dalam pembuatan konten. Jika konten yang di buat menarik, maka akan banyak pula orang yang tertarik.

  1. Memahami target

Setiap bisnis pastinya memiliki target yang berbeda – beda. Nah hal ini bisa kalian teliti supaya kalian bisa benar – benar memahami siapa target pasar kalian, dan bagaimana karakteristik target tersebut. Hal ini di lakukan dengan tujuan memudahkan kita dalam mempromosikan suatu produk.

  1. Buat respon baik

Setiap ada pesan dan komentar yang di berikan audiens, respon dengan cara yang tidak menyakiti hati audiens. Jika pesan yang di berikan kritik maupun saran, tanggapi dengan hati yang tetap tenang. Dan selalu ingat bahwa respon yang kita lakukan harus selalu ber hati – hati, karna yang namanya digital tidak akan mudah terhapus atau bisa di sebut jejak digital. Jejak digital bisa sangat mudah untuk di ketahui, jadilah orang – orang yang bijak dalam menggunakan media sosial.

Nah seperti itulah sedikit penjelasan mengenai Perkembangan media sosial untuk bisnis . ingin mengetahui perkembangan – perkembangan media sosial lebih banyak lagi ? yuk ikuti pelatihan dan sertifikasi social media BNSP ! dimana sih tempat pelatihannya ? emang beneran ada ? ya beneran lah.

Kalian bisa mengikuti pelatihan bersama PT kombas Digital Internasional yang menyediakan kelas pelatihan Akademi Kombas. yuk ikuti pelatihanya untuk informasi lebih lengkap bisa cek dan hubungi Instagram @akademikombas dan WhatsApp https://wa.me/628112829002 .