Artikel

Pentingnya mengasah skill dalam dunia kerja

Pentingnya mengasah skill dalam dunia kerja- Menjadi karyawan yang berkualitas memberikan kepuasan tersendiri dalam bekerja, dan memberi dampak positif bagi kemajuan perusahaan.

Bagaimana menjadi seorang pekerja yang berkualitas dan disukai?

7 Poin Penting Membangun Karyawan Berkualitas di Perusahaan - DBC

Hal terpenting untuk menjadi seorang karyawan yang baik di sebuah perusahaan adalah melakukan dan menghasilkan pekerjaan dengan baik.

Sikap dan kemampuan merupakan hal yang penting dalam memelihara hubungan sosial yang baik. Berikut sikap yang baik yang dapat dilakukan agar menjadi karyawan yang berkualitas

1. Dapat Beradaptasi

Sebagai karyawan yang baik, Kamu harus mampu beradaptasi dalam dunia kerja dan mau belajar hal-hal baru terkait dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan. 

Adaptasi ini merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan seseorang.

2. Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan adalah suatu hal yang penting bagi karyawan.

 Komunikasi yang baik dapat menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kerja tim yang sohib,  untuk itulah komunikasi dalam dunia kerja sangat dibutuhkan.

3. Disiplin

Disiplin dan ketepatan waktu adalah salah satu kualitas yang harus dimiliki setiap karyawan jika ia ingin sukses. 

Disiplin merupakan salah satu kualitas yang dihargai oleh manajer dan supervisor. Karyawan yang disiplin cenderung menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya dan tanpa penundaan.

Tidak suka terlambat dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Manajer sangat menghargai karyawan yang selalu disiplin.

4. Pekerja Keras

Keuletan seorang karyawan tercermin dalam sikap mereka terhadap pekerjaan yang dilakukan. Kerja keras seorang karyawan dapat mempengaruhi tingkat produktivitas perusahaan.

5. Kejujuran

Kinerja yang baik tidak cukup untuk menjadi karyawan yang baik, Salah satu sikap dan karakter yang baik harus dimiliki karyawan adalah jujur. 

Orang jujur ​​akan disukai oleh perusahaan dan orang-orang yang sekitar yang terlibat dalam kinerja dengannya.

Karyawan yang jujur ​​akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari perusahaan dan umumnya diberi tanggung jawab yang lebih banyak.

Sebab, karyawan yang jujur ​​biasanya lebih dapat dipercaya karena akan dinilai tidak akan melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.

6. Kesopanan

Seorang karyawan berkualitas harus memiliki etika yang baik terhadap rekan kerja, atasan dan klien. Sopan santun adalah nilai tambah bagi karyawan. 

Mereka yang memiliki nilai kesopanan biasanya dapat dengan mudah mematuhi kebijakan dan aturan perusahaan. 

7. Kemampuan Bekerja dalam Tim

Bekerja di perusahaan berarti kita tidak bekerja secara mandiri, kita perlu terlibat aktif dengan banyak orang dalam perusahaan tersebut. 

Keuntungan mempersiapkan kerja

Ingin Karir Cemerlang? Ikuti 9 Tips Jadi Karyawan Teladan – Pintek Blog

Mencapai karir yang sukses tidak hanya sebatas dari persiapan materi atau ilmu akademik saja lho! Tapi juga dengan perencanaan karir yang matang dan terarah. 

Maksudnya, kamu tidak harus menunggu lulus sekolah atau kuliah untuk mempersiapkan karir impianmu.

Nah ada keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika mempersiapkan karir dari jauh hari, simak ulasan berikut

1. Kesempatan untuk mencari tahu passion dan karir impian

Keuntungan mempersiapkan karir satu ini dapat memancing kamu untuk menemukan passion dan karir impian yang sesungguhnya.

Dan kamu dapat menggali berbagai potensi yang ada dalam dirimu untuk dapat mengembangkannya.

2. Menambah wawasan tentang dunia kerja

Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai dunia kerja, kamu akan mengetahui perkembangan dalam dunia kerja terbaru, jenis pekerjaan yang banyak dicari, dan budaya kerja yang sesungguhnya.

3. Terbiasa untuk berfikir jauh kedepan

Pastinya kamu akan berpikir bagaimana langkah untuk mencapai karir impianmu itu. dengan demikian kamu akan terbiasa untuk berfikir jauh kedepan secara matang.

4. Memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri

Kamu akan memiliki banyak waktu untuk mengasah skill dalam diri kamu dengan banyak belajar dan mencari banyak pengetahuan.

Apa itu Hard Skill dan contohnya?

Perbedaan Soft Skill dan Hard Skill serta Contoh Menulisnya di CV

Hard skill adalah suatu kemampuan yang dapat diasah melalui pendidikan dan latihan. Hard skill sangat menunjang karirmu untuk kedepan.

Setelah mengetahui pengertian hard skill, saatnya kamu memahami contoh hard skill sebagai berikut

  • Kemampuan bahasa asing
  • SEO
  • Analisis data
  • Kecepatan mengetik
  • Pengoperasian komputer
  • Web development
  • Sales
  • Design
  • Mengoperasikan kamera
  • Kemampuan media sosial
  • Google analysis
  • Menyetir kendaraan

Pentingnya mengasah skill dalam dunia kerja 

Apa Itu Soft Skill Serta Contoh dan Cara Meningkatkannya - GreatNusa

Skill adalah suatu kemampuan atau keahlian sesuai bidangnya yang dimiliki seseorang dalam mengerjakan sesuatu agar lebih baik lagi. 

Dengan adanya skill tersebut, dapat menambah nilai lebih guna memasuki lingkungan kerja yang kita inginkan.

Karena kita sudah memiliki skill yang dibutuhkan, tentu kita dapat mengerjakan tugas tersebut dengan baik dan benar.

Maka dari itu, pentingnya skill dalam dunia kerja dapat mendukung proses jalannya suatu pekerjaan. Selain memperoleh nilai yang tinggi, mempunyai suatu keahlian atau skill juga dapat menjadikan suatu kelebihan yang ada pada diri sendiri. Sebab belum tentu orang lain memiliki kemampuan sama dengan apa yang kita bisa.