Artikel

Pentingnya Leadership Dalam Dunia Kerja

Pentingnya Leadership Dalam Dunia Kerja – Leadership bukanlah sebuah jabatan, namun seseorang yang mampu mempengaruhi untuk memaksimalkan sebuah usaha orang lain untuk mencapai tujuan. Sebuah dunia kerja atau perusahaan wajib memiliki seorang Leadership karena akan lebih terstruktur alur kerjanya. Lebih singkatnya, Leadership adalah orang memimpin produktifitas dan memastikan pekerjaan bisa selesai sesuai dengan target yang telah di tentukan. Dengan adanya seseorang yang bisa memimpin produktifitas tersebut, akan membuat perusahaan menjadi lebih maju dan lebih berkembang lagi.

 Pentingnya Leadership Dalam Dunia Kerja

Dengan adanya Leadership dapat membuat perusahaan menjadi lebih terstruktur dan juga lebih terarah. Kenapa si Leadership itu penting bagi perusahaan ?

  • Menciptakan alur kerja yang jelas dan terstruktur
  • Menciptakan operasional perusahaan yang lebih serius
  • Meningkatkan kemampuan untuk bekerja dibawah Leadership
  • Meningkatkan ketrampilan berkomunikasi
  • Meningkatkan kesadaran mengenai keberagaman yang ada pada lingkungan kerja.

Jika Anda ingin menjadi Leadership sebuah perusahaan, Anda bisa menjadi manager atau kepala produksi. Namun Anda harus memiliki beberapa skill yang biasanya di cari oleh perusahaan. Apa saja?

1. Integritas

Banyak perusahaan yang mencari seorang Leadership yang memiliki integritas. Skill ini merupakan bagaimana sikap orang tersebut sesuai dengan apa yang mereka katakan.

Integritas itu mengenai prinsip, perilaku, sampai dengan usaha yang selaras dan mendapat hasil yang sesuai. Misal saja Anda bersikap secara tegas untuk tidak korupsi, maka Anda harus bisa memegang kata – kata tersebut. Anda harus menghindari semua hal yang mengarah pada korupsi karena Anda harus selalu berpegang teguh dengan prinsip yang Anda jalani.

 

2. Berpikir kritis

Skill ke dua yang biasanya di cari perusahaan adalah memiliki sikap untuk berpikir kritis. Seorang Leadership yang baik melihat persoalan tidak hanya dari satu sisi saja namun dari banyak sisi. Tujuannya adalah untuk melihat gambaran mengenai tujuan atau masalah tersebut. Karena pemimpin sering di tuntut untuk memiliki sikap berpikir kritis agar bisa menghasilkan keputusan yang baik dan bijak.

 

3. Problem solving

Pemimpin yang bijak, harus bisa memecahkan sebuah masalah. Hal itu berarti pemimpin harus bisa memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang di alami oleh timnya. Dan sebisa mungkin leadership memberikan solusi pada waktu yang secepatnya.

 

4. Kreatif

Dengan berpikir kritis dan problem solving berarti berkaitan dengan bagaimana mereka untuk bisa berpikir secara kreatif. Hasil dari berpikir secara kreatif mampu memajukan dan mengembangkan perusahaan lebih maju lagi untuk kedepannya. Maka dari itu, berpikir secara kreatif merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang leadership.

 

5. Membangun hubungan

Leadership merupakan seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan. Agar hubungan kerja dapat terjalin dengan baik maka mereka harus bisa membangun hubungan kerja agar bisa berjalan dengan baik. Mereka harus bisa dan harus mampu untuk membangun hubungan antara yang satu dengan yang lain dan menyatukan timnya. Dengan seperti itu akan membangun hubungan yang suportif dan juga hubungan yang sehat.

 

Leadership itu sangatlah penting,

Anda dapat membangun karakter untuk Leadership. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa membangun karakter Leadership ;

  1. Membiasakan diri untuk selalu disiplin
  2. Pahami kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki
  3. Pantang menyerah
  4. Selalu berinisiatif untuk melakukan sesuatu
  5. Perbaiki cara Anda untuk berkomunikasi lebih baik lagi

 

Leadership itu sangatlah penting. Alasan mengapa Leadership penting itu karena dapat membangun kerja sama tim, meningkatkan kualitas dan juga skill, membangun kepercayaan, dan dapat mengatasi setiap rintangan yang ada. Leadership bukan tentang jabatan, namun lebih tertuju untuk bisa mempengaruhi sosial.

Anda dapat melatih jiwa kepemimpinan yang Anda miliki dengan cara menerima proyek untuk mengerjakan tugas tertentu, mengikuti seminar, praktek secara langsung dalam workshop, dan juga bisa dengan cara mengikuti kegiatan – kegiatan lain, yang bisa mengasah jiwa kepemimpinan Anda.

Leadership merupakan hal penting karena kepemimpinan merupakan salah satu kunci untuk bisa mencapai keberhasilan sebuah organisasi. Dan leadership sebagai dasar untuk bisa membangun tim yang kuat.

Pemimpin yang baik bukan yang suka memberikan perintah – perintah saja, namun pemimpin yang mampu bekerja sama dengan orang lain, bisa mengarahkan tim untuk berkembang bersama – sama, dan bisa terbuka dengan semua anggotanya. Jika Anda ingin mengasah jiwa leadership Anda, Anda bisa dengan mengikuti pelatihan.

Pelatihan yang bisa Anda pilih yaitu bersama Akademi Kombas, yuk ikuti pelatihan bersama kami!

Untuk informasi lebioh lengkap bisa Anda cek Instagram Akademi Kombas yaitu @akademikombas, dan jangan lupa untuk follow agar Anda bisa mengetahui setiap informasi yang baru di update. Anda juga bisa langsung menghubungi WhatsApp Akademi Kombas jika langsung tertarik untuk mengikuti pelatihan caranya klik https://wa.me/628112829002 .

Jika Anda sedang mencari narasumber untuk digital marketing jangan bingung – bingung. Anda langsung saja menghubungi WhatsApp Akademi Kombas, Akademi Kombas menyediakan mentor – mentor yang sudah berpengalaman terkait dengan digital marketing.