informasi

PENTINGNYA LANDING PAGE UNTUK USAHA

Pentingnya landing page untuk usaha – Landing page merupakan sebuah halaman situs yang di buat untuk melakukan promosi pemasaran atau iklan. Pada landing page sendiri berbeda dengan halaman situs lainnya sebab landing page memiliki banyak tujuan yang mana sifatnya untuk mendorong pengunjung untuk melakukan eksplorasi terhadap produk yang di tawarkan.

Landing page merupakan jejaring mandiri tempat di mana para calon pelanggan dapat “landing” atau dalam artian calon pelanggan dapat mendarat setelah mereka melakukan klik terhadap tautan yang terdapat pada sebuah halaman landing page. Landing page di buat secara khusus dengan tujuan yang di kenal sebagai call to action (CTA) untuk para pengunjung yang masuk pada halaman landing page tersebut.

Pentingnya landing page untuk usaha

Landing page dianggap penting apabila seseorang tengah melakukan usaha sebab landing page memiliki beberapa fungsi antara lain:

  1. Pelanggan akan mengarah pada penawaran, tidak hanya terfokus pada perusahaan.
  2. Landing page merupakan sarana kampanye dan promosi yang terbebas dari berbagai gangguan.
  3. Landing page tidak bersifat mengintimidasi sebab isi dari landing page singkat dan ringkas. Pada umumnya hanya alamat email saja.
  4. Landing page akan muncul sesuai dengan segementasi pasar.
  5. Landing page dapat mengumpulkan informasi yang spesifik mengenai para calon konsumen.
  6. Landing page berfungsi sebagai jembatan antara calon konsumen dengan situs situs penawaran utama yang menampilkan sebuah produk.

 

Landing page memiliki berbagai macam jenis yang dapat di manfaatkan oleh anda. Namun, walaupun terdapat banyak jenis, landing page apabila di uraikan berdasarkan kegunaan, biasanya di bagi menjadi dua jenis utama.

Berikut di bawah ini yang termasuk jenis landing page adalah :

  • Landing page click through

landing page click through atau bisa disebut landing page jenis klik dan tayang merupakan jenis landing page dengan titik fokus pada tombol call to action (CTA). Pada dasarnya landing page ini akan mengarahkan para konsumen melalui tautan tombol yang berisi rekomendasi maupun tindakan langsung.

 

Contoh dari landing page jenis ini adalah “unduh di sini” atau “klik di sini” dan masih banyak lagi jenis landing page yang satu ini. dapat di simpulkan bahwa landing page clik through merupakan sebuah tindakan langsung apabila pengunjung menemukan landing page dan melakukan klik pada tombol yang berisi tindakan untuk merubah pengunjung menjadi pelanggan.

 

  • Landing page lead generation

Berbeda dengan landing page click through, jenis landing page lead generation pada dasarnya memiliki sifat yang lebih lambat untuk menghimpun calon pelanggan. Jenis landing page yang satu ini juga biasa di kenal dengan nama lead gen maupun lead captur. Pada landing page jenis ini memiliki sifat yang terfokus pada pengumpulan data. Oleh karena itu landing page lead generation berfungsi untuk mengumpulkan informasi mengenai calon pelanggan.

 

Kriteria utama dari landing page lead generation adalah keberadaan formulir yang di isi untuk menindaklanjuti sebagai call to action oleh calon konsumen. Apabila seorang pengunjung tidak mengisi formulir yang telah tersedia, maka tidak akan ada call to action atau promosi yang akan berlangsung kedepannya.

 

Tidak hanya itu , mengisi formulir juga memungkinkan alogaritma perusahaan melalui landing page tersebut untuk mengetahui kontak dari calon pelanggan. Selain itu hal ini juga bertujuan agar terfokus pada upaya terhadap target pemasaran kepada target yang cocok.

 

Karakteristik landing page

  • Landing page merupakan halaman yang memiliki fungsi khusus pada sebuah website
  • Mendorong pengguna untuk lebih fokus terhadap suatu produk dan segera melakukan transaksi melalui website
  • Mengajak pengguna untuk melakukan tindakan tertentu

 

 

Pada umumnya sebuah landing page mempunyai tujuan untuk menangkap suatu informasi dari kontak dengan beberapa kode penawaran dari target. Beberapa landing page memiliki sifat untuk mendorong para pengguna atau calon konsumen untuk mengambil suatu tindakan seperti membeli produk yang dotawarkan, bergabung, atau untuk mendaftarkan diri.

Namun banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara kerja dari landing page itu sendiri. berdasarkan karakteristik yang di miliki oleh landing page itu sendiri.

Berikut ini merupakan cara kerja dari landing page, antara lain :

  • Seorang pengunjung akan melihat adanya call to action (CTA) dan berakhir dengan suatu landing page dengan cara pengisian formulir
  • Seseorang yang mengisi formulir dan landing page dapat mengubah seseorang dari yang awalnya hanya mengunjungi berubah menjadi prosespek bisnis
  • Infromasi dari formuliryang telah di isi kemudian disimpan dalam sebuah database prospek perushaan
  • Melalui kampanye atau promosi pemasaran digital, mulai dari memasarkan produk kepada kontak maupun prospek berdasarkan isi formulir

Dengan melalui cara kerja landing page maka dapat di simpulkan bahwa landing page berpengaruh pada usaha yang tengah anda jalankan. Landing page berperan dalam proses menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Dapat di katakan fungsi utama dari sebuah landing page adalah untuk mengkonservasi para pengunjung menjadi prospek bisnis atau bisa di katakan merupakan sebuah leads.

Untuk mengetahui mengenai infromasi digital lainnya dapat mengikuti pelatihan bersama Akademi Kombas.

Telp/WA : https://wa.me/628112829002

Instagram : @akademikombas