Uncategorized

Pengertian Landing Page Facebook Ads 

Ajeng Puspita Prasasti Negoro 

25 Maret 2023

Pengertian Landing Page Facebook Ads 

Apa yang dimaksud dengan Landing Page?

Landing Page Facebook merupakan suatu halaman situs website pada Facebook yang khusus di desain untuk kepentingan marketing seperti iklan dan juga promosi.

Landing page tersebut yang menjadi platform akses awal suatu website.

Untuk anda yang mempunyai usaha online dan memiliki keinginan untuk meningkatkan penjualan produk yang akan di jual, maka di sarankan untuk memakai sebuah website maupun medsos sebagai tempat promosi untuk produk yang nantinya anda jual. 

Setelahnya, buatlah konten yang dapat menarik para konsumen agar membeli produk anda.

Tidak sekedar konten, anda juga perlu menyiapkan serta menerapkan digital marketing dan juga landing pagenya.

Nyatanya, landing page memberikan arahan untuk semua orang yang mengklik halaman produk tersebut dan mereka tertarik terhadap produk yang anda promosikan serta melakukan pembelian. Sistem tersebut dapat disebut dengan nama sistem CTS (Call To Action).

Landing Page isinya apa saja?

Isi dari Landing Page ada beberapa bagian, di antaranya yaitu:

  • Unique Selling Proposition (USP)

USP adalah pemisah antara bisnis anda dan juga bisnis kompetitor.

Pada landing, USP wajib dengan jelas di tampilkan.

Dengan itu, para pengunjung akan dapat langsung paham mengenai manfaat yang di beri oleh produk anda di bandingkan dengan yang lainnya.

Untuk memulai USP yang menarik, mulailah untuk memikirkan bagian headline yang haruslah menarik, lalu tambahlah supporting headline untuk memberikan penjelasan.

Anda juga dapat menambah satu kalimat yang lainnya yang disebut reinforcing statement agar mendefinisikan USP anda dengan lebih baik lagi. Kemudian, lakukan closing statement.

  • Hero Image

Bagian ini adalah bagian dari landing page untuk menentukan kesan sebuah situs.

Karena, Hero Image merupakan hal yang pertama kali para pengunjung lihat ketika sedang membuka landing page milik anda.

Oleh sebab itu, pilih image/gambar yang menggambarkan suatu produk/layanan anda dengan baik.

  • Manfaat

Manfaat/Benefit yang perlu di jelaskan yaitu manfaat yang di dapat oleh pelanggan setelah menggunakan produk/layanan anda.

Pada bagian ini, perlu juga di jabarkan mengenai fitur-fitur yang di promosikan.

Manfaat tersebut menjelaskan hal-hal yang positif mengenai apa saja yang akan di peroleh pelanggan dari fitur yang di promosikan 

  • Social Proof

Hal yang paling umum yang di gunakan di Social Proof yaitu Direct Quote dari Pelanggan.

Selain itu juga, Social Proof dapat menampilkan bentuk:

  • Studi Kasus
  • Video Interview
  • Logo dari perusahaan yang telah bekerja sama
  • Tinjauan skor situs lain

Yang intinya, Social Proof itu sendiri adalah suatu bukti yang di tunjukkan oleh para pengunjung untuk menyakinkan mereka mengenai produk/layanan anda.

  • Conversion Goal

Conversion Goal itu sendiri, umumnya di ringkas dengan CTA (Call To Action) yang menarik.

Yang terpenting, Conversion Goal itu hanya ada satu pada Landing Page.

Dengan hal itu, maka para pengunjung tidak akan merasa kebingungan untuk memilih dan melakukan sesuatu jika nantinya terdapat 2 atau lebih Goal.

Jenis-jenis Landing Page 

Pada Landing Page, anda beberapa jenisnya. Di antaranya yaitu:

  • Lead-generation Landing Page

Jenis ini, di pakai untuk menggabungkan beberapa data-data dari para konsumen/pelanggan.

Data-data yang di dapatkan, akan di pakai untuk meningkatkan interaksi dengan para pelanggan.

Jadi, perusahaan bisa memberikan/men-share berbagai macam informasi kepada para pelanggan.

  • Click-through Page

Click-through Page merupakan suatu tombol yang fungsinya untuk para pelanggan pilih.

Contohnya, tombol yang mempunyai tulisan “Beli Sekarang” atau yang lainnya.

Pada halaman ini, isinya yaitu mengenai informasi yang tujuannya adalah untuk mengajak para pengunjung untuk menekan tombol tersebut agar dapat menarik para pelanggan untuk membeli sebuah produk/layanan anda dengan melewati ajakan bertindak (CTA).

  • Lead Capture Landing Page

Pada jenis ini, umumnya meminta para pelanggan untuk memberikan alamat emailnya di form yang sudah di sediakan.

Informasi yang di berikan di halaman ini, harus sejelas-jelas mengenai apa yang anda promosikan agar menarik para pelanggan untuk mengisi informasinya secara detail.

Selain itu juga, pada halaman ini juga dapat menggabungkan/mengumpulkan daftar-daftar email para pelanggan.

  • Advertorial Landing Page

Halaman ini adalah halaman yang mempunyai gaya jurnalistik objektif.

Dengan adanya hal tersebut, para audiens akan lebih mempercayainya. Sehingga, ada peluang yang besar untuk membelinya.

  • Product Detail Landing 

Untuk jenis ini, mempunyai isi yang mendeskripsikan produk secara jelas dan detail.

Apa manfaat Landing Page?

Untuk Landing Page, ada beberapa manfaatnya. Yaitu:

  1. Menjadi Sarana Promosi yang Efektif.
  2. Mengumpulkan Data-data Pelanggan dengan lebih mudah.
  3. Meningkatkan dan Memperluas Prospek Usaha/Bisnis.
  4. Meningkatkan Penjualan.
  5. Mengumpulkan List Email lebih banyak.
  6. Menciptakan dan Meningkatkan Kredibilitas dan juga Brand/Merek Awareness.
  7. Meminimalisir para Pelanggan beralih kepada Pesaing.

Nah, dengan anda mengetahui pengertian, jenis, serta manfaatnya. Dapat diketahui bahwa banyak sekali keuntungan/keunggulan dengan kita menggunakan Landing Page pada Facebook Ads.

Bagi anda yang ingin belajar lebih lanjut, serta ingin melakukan pelatihan seputar Facebook agar bisnis anda yang sedang anda kelola dapat lebih maju dari sebelumnya, anda dapat langsung menghubungi tempat pelatihan kami melewati:

Website: https://akademikombas.co.id

Instagram: @akademikombas

No.HP/WA: klik disini