Uncategorized

Pelatihan Facebook Ads Library 

Ajeng Puspita Prasasti Negoro 

25 Maret 2023

Pelatihan Facebook Ads Library 

Apa itu Facebook Ads Library?

Facebook Ads Library merupakan sebuah fitur tidak berbayar yang di miliki oleh Facebook atau Meta yang menayangkan semua iklan dengan tampilan baik pada Facebook, Instagram, Messenger sampai Audience Network/Jaringan Khalayak.

Pada Iklan Facebook Library tersebut, anda dapat melihat semua iklan-iklan yang sedang di tayangkan, lengkap hingga tanggal tayangnya, platform yang sedang di gunakan, gambar dan juga copywriting. 

Terdapat 2 jenis iklan pada Facebook Ads Library, yaitu iklan yang bersifat umum seperti pemasaran produk dan juga iklan pemilihan umum atau pun yang sifatnya politik.

Anda hanya dapat melihat iklan umum yang masih aktif, sementara iklan yang sifatnya politik dapat di lihat juga meskipun sudah tidak aktif lagi. 

Dengan menggunakan sistem yang terbuka dan juga gratis, Facebook Ads Library dapat di akses oleh siapa saja pada internet sekalipun orang tersebut tidak mempunyai akun Facebook.

Itulah sebabnya fitur tersebut dapat di gunakan untuk kepentingan bisnis, dan dapat di manfaatkan untuk melihat iklan milik kompetitor bisnis anda yang sudah menunjukan kesuksesannya.

Pentingnya Riset Kompetitor di Facebook Ads Library 

Mungkin anda atau beberapa orang masih bingung dan bertanya-tanya mengenai penting untuk melakukan riset kompetitor lebih dulu sebelum melakukan iklan?

Karena, dengan kita menggunakan Ads Library ini anda akan mendapat sumber acuan konten iklan dari beberapa kompetitor.

Nah, dengan begitu anda dapat membuat sebuah iklan dengan lebih menarik serta kreatif. Sehingga dapat melakukan persaingan dengan para kompetitor.

Mengenai bagaimana cara kita untuk membuat produk yang akan di promosikan lebih menarik serta banyak yang berminat untuk para pembeli membelinya. Anda mungkin akan datang pada suatu tempat usaha lain yang mempunyai ciri khas atau karakteristik yang sama serta mulai mengamati tentang hal-hal yang di butuhkan agar bisa di minati oleh para konsumen/pembeli.

Facebook Ads Library menjadi sebuah platform yang dimana anda dapat menemukan banyak sekali sumber-sumber referensi yang di butuhkan dari sebuah iklan kompetitor gunakan.  

Dengan banyaknya sumber acuan sebuah konten-konten produk pada Facebook Ads Library, pastinya bisa memotivasi dan memberikan inspirasi bagi anda untuk bisa membuat konten iklan produk jauh lebih menarik lagi.

Dan harus di pastikan juga dapat bersaing dengan para kompetitor – kompetitormu.

Hal yang perlu di perhatikan saat Riset Kompetitor 

Ada hal-hal yang perlu dan harus di perhatikan saat meriset iklan milik kompetitor menggunakan Facebook Ads Library, di antaranya yaitu: 

  • Iklan masih Aktif/ sudah Tidak Aktif 

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mencari iklan yang masih aktif.

Iklan yang aktif dapat menjadi indikator yang dapat mendapatkan konversi untuk produk.

Biasanya, bagi iklan yang masih kurang maju/sukse maka akan di matikan oleh advertiser.

  • Kapan dijalankan

Pada tayangan Facebook Ads Library, terdapat informasi kapan iklan tersebut mulai di jalankan.

Anda dapat mencari berbagai macam iklan yang bisa di katakan masih baru dan dapat di jadikan pedoman untuk membuat iklan anda.

  • Tanggal Penayangan Iklan

Harus di pastikan bahwa anda melihat contoh penayangan iklan yang masih terbilang baru. Karena, hal tersebut akan sangat berkaitan erat dengan trend.

Selain itu juga, tanggal penayangan dapat menghindari persaingan bisnis yang terjadi.

Caranya yaitu mundurkan jadwal iklan/campaign supaya tidak bersaing di waktu yang sama dan berpengaruh untuk penjualan produk anda.

  • Penempatan Iklan

Selanjutnya, lihat dimana anda menempatkan iklan Facebook. Lihatlah logo apa saja yang tampil di iklan tersebut.

Jika terdapat logo Facebook, Audience Network, Instagram, serta Messenger, maka iklan itu akan muncul di keempat tempat tersebut.

  • Ads Copy

Untuk anda yang masih bingung untuk membuat copywriting pada iklan, anda dapat melihat copywriting yang telah di buat oleh para kompetitor.

Anda hanya perlu memodifikasi copywriting tersebut agar lebih menarik lagi dan lengkap. Sehingga, dapat menghasilkan suatu konversi yang sangat baik.

  • Gambar atau Video

Hal terakhir yang perlu di perhatikan yaitu anda dapat melihat dari gambar serta video yang di gunakan.

Anda dapat mengikuti dan memodifikasi gambar serta video yang sudah ada supaya lebih menarik.

Materi yang di sampaikan pada gambar dan video juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan CTR iklan pada Facebook Ads.

Pelatihan Facebook Ads Library 

Facebook Ads Library merupakan suatu cara yang di gunakan untuk berbisnis dan dapat melihat berbagai macam kompetitor bisnis yang sudah sukses.

Untuk anda yang mungkin masih bingung mengenai penjelasan di atas, dan ingin mulai belajar seputar Facebook Ads Library agar menambah kesuksesan dan kemajuan bisnis yang anda kelola, anda dapat mengikuti pelatihan Facebook Ads.

Karena, kami membuka tempat untuk belajar dan berlatih mengenai Iklan Facebook untuk membantu anda mengembangkan bisnis anda.

Anda dapat mencari tahu infonya lebih lanjut pada website kami, dan dapat menghubungi kami via:

Instagram: @akademikombas

No. Hp/Wa: klik disini