Pelatihan Digital Marketing, Mendorong Kemajuan UMKM.
Pelatihan Digital Marketing, Mendorong Kemajuan UMKM.-Dengan pengetahuan tentang digital marketing yang lebih maka dapat mendorong kemajuan bisnis UMKM.
Di era digital ini para UMKM juga memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha yang ia jalankan. Untuk mengembangkan bisnis dengan teknologi digital, pastinya para UMKM juga harus memiliki pengetahuan serta kemampuan yang lebih untuk menggunakan alat atau teknologi digital yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis.
Kurangnya pengetahuan serta pemahaman tentang penggunaan teknologi digital bisa menjadi salah satu tantangan para pelaku usaha. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak artikel ini sampai akhir.
Tantangan pelaku UMKM di era digital.
Meskipun saat ini sudah serba digital, tetapi belum semua orang sudah bisa memanfaatkannya dengan baik. Tidak terkecuali para UMKM, dengan adanya teknologi digital, belum semua pelaku UMKM sudah mengerti cara untuk memakai teknologi tersebut.
Bahkan saat ini banyak tantangan yang dilalui oleh pelaku UMKM di era digital, ini dia beberapa tantangan bagi UMKM di era digital :
-
-
Keengganan beradaptasi dengan perubahan.
Banyak masyarakat terutama para pelaku UMKM yang enggan bahkan tidak mau beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman. Pada saat ini sudah banyak pelaku usaha khususnya UMKM yang mengembangkan usahanya dengan teknologi digital atau dengan digital marketing.
Tetapi masih banyak juga yang belum memahami sehingga enggan untuk menggunakan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya. Hal ini berkaitan dengan kurangnya pengetahuan tentang digital marketing atau teknologi digital.
-
Persaingan semakin ketat.
Walaupun banyak pelaku UMKM yang belum mengembangkan bisnisnya dengan teknologi digital, tetapi juga sudah lumayan banyak yang telah menggunakan teknologi digital ini untuk memasarkan produk atau jasa para UMKM. Maka dari itu, persaingan pasar yang ada pun akan semakin ketat.
Untuk para pelaku UMKM yang belum terlalu mahir dan belum terlalu memahami teknologi digital juga pastinya akan kalah dengan pelaku UMKM lain. Maka dari itu, para pelaku usaha harus memiliki ide yang lebih banyak lagi dan harus memiliki pengetahuan yang lebih luas lagi tentang teknologi digital yang digunakan untuk mengembangkan usaha di tengah persaingan yang ketat seperti saat ini.
-
Terbatasnya sumber daya.
Banyak pelaku UMKM yang belum memiliki teknologi digital untuk mengembangkan usahanya, serta kurangnya anggaran, waktu, tenaga kerja yang berpengalaman di bidang digital marketing juga dapat menjadi salah satu hambatan dan tantangan yang dilalui oleh pelaku UMKM. Sehingga pelaku UMKM tidak bisa mengikuti perkembangan zaman dengan dan belum bisa menjalankan strategi digital marketing atau pemasaran online dengan optimal dan maksimal.
-
Keterbatasannya pemahaman dan keterampilan.
Banyak para pelaku UMKM yang belum memiliki pemahaman tentang teknologi digital serta penggunanya. Sehingga mereka sama sekali belum bisa melakukan digital marketing seperti para pelaku UMKM lainnya.
-
Apabila belum memahami maka pastinya belum bisa mengoperasikan platform digital, belum bisa membuat konten promosi, serta belum bisa melakukan promosi dan proses jual beli dengan teknologi digital. Maka dari itu, para pelaku usaha bisa menangani tantangan ini dengan mengikuti pelatihan digital marketing di PT. Kombas Digital Internasional.
Nantinya peserta yang mengikuti pelatihan ini akan dibimbing dari nol sampai benar-benar bisa dan mahir menggunakan teknologi digital, sehingga para peserta bisa melakukan promosi produk secara online, melakukan penjualan, dan membuat konten promosi, sehingga para pelaku UMKM bisa mengikuti perkembangan zaman dan bisa mengembangkan usahanya dengan teknologi digital secara mudah dan mahir. Karena di pelatihan ini nantinya para peserta yang merupakan pelaku UMKM, akan diberikan materi seperti mindset digital marketing, riset bisnis digital, product knowledge, buyer persona, funneling dan customer journey, membuat konten foto, video, dan desain grafis, website marketing, social media marketing.
Selain itu, pelatihan ini juga bisa diikuti secara offline atau tatap muka, dengan datang ke tempat pelatihan secara langsung, dan anda juga bisa mengikuti pelatihan secara online atau daring. Untuk pelatihan secara online, nantinya para peserta harus mengikuti pelatihan selama 7 kali pertemuan dengan durasi 2 jam, sedangkan jika secara offline, maka para peserta harus mengikuti pelatihan selama 4 kali pertemuan dengan durasi 6 jam. Untuk peserta yang ingin mendapatkan sertifikat BNSP dari pelatihan ini, maka anda harus mengikuti tambahan satu hari yang nantinya akan digunakan untuk uji sertifikasi BNSP.
Untuk mengetahui lebih dalam lagi, yuk langsung saja gabung menjadi peserta pelatihan digital marketing di PT. Kombas Digital Internasional. Untuk pendaftaran pelatihan digital marketing ini, anda bisa langsung saja hubungi nomor dibawah ini :
http://wa.me//+628112829002/.co.id .
Atau anda juga bisa cek informasi PT. Kombas Digital Internasional dan program-program yang ditawarkan dari tempat pelatihan ini melalui Instagram atau website PT. Kombas melalui link dibawah ini :