Artikel

Pelatihan Digital Marketing Kalimantan Barat

Pelatihan Digital Marketing Kalimantan Barat

Pelatihan Digital Marketing Kalimantan Barat – Dalam lingkungan bisnis modern, teknologi telah menjadi elemen tak terpisahkan.

Jika kita melihat di sekeliling, kita akan menemukan banyak kegiatan bisnis yang masih mengandalkan pemasaran secara manual, seperti tatap muka atau bertemu langsung dengan konsumen.

Pendekatan pemasaran secara manual akan mendapatkan hasil yang cenderung sangat terbatas konsumen yang bisa jangkau.

Sebaliknya, pelaku bisnis yang telah menggunakan digital marketing, jumlah konsumen dan pelanggan yang bisa dicapai bisa lebih besar bahkan melebihi target yang ditentukan.

Sehingga dapat dikatakan digital marketing tidak hanya berdampak pada jangkauan konsumen, tetapi juga berpengaruh terhadap pendapatan dan laba yang dapat diperoleh.

Oleh karena itu, penting bagi setiap bisnis untuk memahami peran digital marketing dalam proses pemasaran agar dapat memanfaatkannya secara efektif dan efisien.

Pelatihan Digital Marketing Kalimantan Barat

Dilansir dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), Kementerian Keuangan RI, tercatat 196.656 unit UMKM di wilayah Kalimantan Barat.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 168.623 unit merupakan usaha mikro, 26.328 unit adalah usaha kecil, dan 1.705 unit merupakan usaha menengah.

Kehadiran UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.

Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM, salah satunya adalah adanya tantangan dalam pemasaran produk.

Sejalan dengan itu, penelitian yang dilakukan oleh Veneranda Rini Hapsari, dkk, tentang Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Peluang Usaha Oleh UMKM Di Wilayah Perbatasan, disimpulkan bahwa dengan adanya digital marketing mempermudah pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM.

Digital marketing mempermudah pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan bagi pelaku UMKM (Veneranda Rini Hapsari, dkk, 2023: 495).

Terkait dengan kondisi di atas, maka untuk mendukung pelaku usaha dan UMKM di Kalimantan Barat salah satunya dapat dilakukan pelatihan digital marketing agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

PT. Kombas Digital Internasional adalah mitra tepat dalam melakukan pelatihan digital marketin.

PT. Kombas Digital Internasional telah berpengalaman dan dipercaya oleh berbagai instanasi baik swasta maupun pemerintah dalam menyelenggarakan pelatihan digital marketin.

Strategi Digital Marketing

Ada beberapa strategi digital marketing yang tengah menjadi tren dan wajib diperhatikan oleh pelaku bisnis agar mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing yang perlu dikuasai:

1. Content Marketing

Strategi content marketing mengutamakan pembuatan dan penyebaran konten yang relevan, menarik, dan berharga kepada target audiens.

Konten-konten ini dapat berupa artikel, blog, video, infografis, atau media lainnya yang dapat dikenal dan diingat dengan mudah oleh audiens.

2. Mobile Marketing

Seiring dengan meningkatnya penggunaan perangkat mobile, strategi mobile marketing menjadi sangat penting.

Strategi ini mengutamakan penggunaan teknologi mobile seperti aplikasi, pesan teks, atau pemasaran melalui media sosial yang dapat mencapai konsumen lebih luas.

Melalui mobile marketing, perusahaan dapat melakukan interaksi dengan pelanggan secara langsung. Jadi pelaku usaha bisa mengenali lebih dekat calon pelanggannya.

3. Integrated Digital Marketing

Strategi ini menggabungkan berbagai elemen pemasaran digital seperti SEO (Search Engine Optimization), iklan online, media sosial, dan konten yang menarik.

Integrated digital marketing berujuan untuk menciptakan pesan yang konsisten dan efektif di berbagai platform digital.

Dengan menggunakan strategi integrated digital marketing, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas merek dan mencapai target audiens dengan lebih efisien.

4. Continuous Marketing

Continuous marketing adalah strategi yang fokus pada interaksi dengan pelanggan secara terus menerus. Interkasi yang dilakukan bukan hanya pada saat konsumen sedang melakukan pembelian.

Strategi ini dapat membantu pelaku usaha untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas, dan mempengaruhi keputusan pembelian di masa yang akan datang.

5. Personalized Marketing

Personalized marketing atau pemasaran personalisasi menggunakan data dan teknologi untuk menyampaikan pesan yang disesuaikan dengan preferensi, perilaku, dan kebutuhan individu setiap pelanggan.

Strategi ini dapat mencakup penggunaan email pribadi, rekomendasi produk, atau pemasaran berdasarkan lokasi.

6. Visual Marketing

Visual marketing mengandalkan penggunaan elemen visual seperti gambar, foto, dan video untuk menarik perhatian pelanggan.

Konten visual yang menarik dapat meningkatkan daya tarik produk atau layanan dan bisa mempengaruhi emosi dan persepsi konsumen.

Dalam era sosial media saat ini, gambar dan video adalah elemen strategi visual marketing yang sangat penting.

Pelatihan PT. Kombas Digital Internasional

PT. Kombas Digital Internasional adalah sebuah prusahaan start-up digital yang memiliki komitmen untuk membantu masyarakat Indonesia agar bisa memaksimalkan penggunaan digital marketing.

PT. Kombas Digital Internasional didukung oleh tim talenta-talenta muda yang penuh antusiasme dan kreativitas di bidang digital.

Dalam upaya membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan agar sukses di dunia digital, PT. Kombas Digital Internasional menyelenggarakan pelatihan dengan metode yang terkini dan terbaru.

Peserta pelatihan akan mendapatkan bimbingan dari instruktur yang berpengalaman.

PT. Kombas Digital Internasional menggunakan kurikulum terbaru dan sangat relevan dengan perkembangan digital marketing saat ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pelatihan Digital Marketing di Kalimantan Barat, jangan ragu untuk menghubungi PT. Kombas Digital Internasional melalui kontak 0811-2829-002 atau kunjungi website resmi kami di akademikombas.co.id.