Artikel

PELAKU UMKM? YUK SIMAK!

Pelaku UMKM –  UMKM singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jadi pelaku UMKM merupakan orang yang memiliki usaha kecil. Seseorang bisa di katakan sebagai pelaku UMKM jika memiliki keuntungan dari usaha yang di lakukan sebesar Rp 300.000.000 dan memiliki aset sebanyak Rp 500.000.000 di luar aset bangunan dan tanah, dan terkadang keuangan tersebut masih bercampur dengan keuangan pribadinya. UMKM bisa di lakukan secara individu maupun kelompok.

KAMU SALAH SATU PELAKU UMKM?

Yang termasuk dalam pelaku UMKM yaitu warung, usaha rumahan, pedagang kaki lima, toko kelontong, dll. Begitu juga dengan restoran, hotel, kafe, tempat penginapan, dan usaha lainya juga bisa di katakan UMKN apabila pendapatan tidak lebih dari angka tersebut.

Berikut cara agar bisa mengembangkan UMKM :

  1. Melakukan survey

Salah satu cara yang dapat di lakukan yaitu dengan melakukan survey, yaitu melakukan survey tempat. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan kita untuk mengetahui di mana tempat yang cocok untuk memasarkan produk kita dan setelah menemukan tempat yang sesuai, kita lebih mudah untuk menjangkau dan mengetahui target pasar kita.

  1. Mengikuti acara pameran

Untuk memperkenalkan produk yang kita jual, sering – seringlah mengikuti acara pameran. Hal ini akan membuat produk yang kita jual menjadi lebih kenal di mata masyarakat luas. Dengan mengikuti pameran, kita bisa mengenal kompetitor kita, mengenal vendor baru, dan akan mendapatkan konsumen setia.

  1. Membangun relasi

Memasarkan produk tidak hanya untuk berdagang sendiri, namun juga menambah relasi. Semakin banyak relasi yang kita dapat, semakin mudah juga untuk mendapatkan vendor terpercaya. Semakin banyaknya relasi akan mempermudah kita untuk membuka peluang bisnis yang lebih luas. Agar bisa mendapatkan relasi yang banyak kalian bisa mencoba untuk bergabung dengan komunitas yang memiliki bisnis yang sama, dengan mengikuti komunitas tersebut lebih mempermudah kita untuk mendapatkan informasi terkait bisnis yang sedang kalian jalani.

  1. Meningkatkan layanan

Hal ini tidak kalah pentingnya. Ketika mendapatkan kritik dan saran dari konsumen, cobalah memperbaiki hal tersebut. Dengan hal tersebut membuat mutu pelayanan semakin meningkat. Tetapi kalian juga harus melihat kritik dan saran yang dapat membangun kemajuan bisnis, sekiranya tidak membangun tidak perlu untuk di penuhi. Antara kritik dan saran, kalian harus memprioritaskan untuk memenuhi kritik. Karna kritikan merupakan hal yang membuat konsumen tidak merasa nyaman, hal tersebut harus segera di tindak lanjuti untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Karena bisa jadi kritikan dan saran tersebut merupakan suatu hal yang membedakan dari kompetitor.

  1. Mengikuti perkembangan teknologi

Di era digital seperti sekarang ini sangat disayangkan jika kalian tidak mengikuti perkembangan tersebut. Karena dengan mengikuti perkembangan teknologi, kalian bisa meningkatkan dan mengembangkan keuangan, penjualan, dan komunikasi dengan konsumen kalian. Dan sering – sering lah membuka artikel mengenai informasi perkembangan teknologi agar kalian bisa mengembangkan bisnis dan tidak ketinggalan perkembangan yang ada. Mengikuti perkembangan teknologi saat ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada seperti menggunakan aplikasi yang ada, mengirimkan foto dan video bisnis kalian, dll. Hal tersebut dapat meningkatkan angka penjualan pada bisnis yang kalian lakukan, karena sekarang ini pasar menuntut untuk CTT apa itu? Cepat Tepat dan Terpercaya.

  1. Gunakan media sosial

Di era digital sekarang ini siapa si yang tidak tau media sosial, bahkan hampir semua menggunakan media sosial. Hal itu bisa di manfaatkan untuk meningkatkan penjualan bisnis kita. Dengan menggunakan media sosial kalian bisa menjangkau konsumen secara lebih luas, dan hal itu membuat bisnis kita menjadi lebih efektif. Media sosial yang dapat di gunakan untuk memasarkan produk kita yaitu Instagram, Facebook, WhatsApp, dll.

  1. Gunakan E-commerce

Manfaatkan E – Commerce yang ada untuk memasarkan produk kita,E-Commerce yang bisa digunakan yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dll. Karna di jaman sekarang ini bisa di lakukan dimana dan kapan saja. E-Commerce memiliki konsep marketplace yang menawarkan produk kita secara online dengan membuka toko pada situs. Dengan adanya fitur yang ada, dapat memudahkan kalian untuk mengatur penjualan.

Nah kira kira seperti itulah cara yang bisa di lakukan oleh kalian para pelaku UMKM untuk menambah dan meningkatkan bisnis yang kalian lakukan.

Jika kalian belum paham mengenai hal tersebut kalian bisa mengikuti pelatihan di Akademi Kombas dari PT Kombas Digital Internasional yang menyediakan kelas pelatihan.

Buat kalian yang ingin belajar lebih banyak tentang media sosial, kalian bisa belajar  pelatihan social media marketing, dan akan mempelajari materi pelatihan social media. jika kalian sudah mahir media sosial tapi bingung gimana cara membuat konten yang menarik, kalian bisa mengikuti pelatihan dan sertifikasi desainer multimedia. sudah tau media sosial, cara membuat konten dan kalian pengen jadi seorang Digital Marketing,  kalian bisa mengikuti pelatihan dan sertifikasi digital marketing BNSP atau bisa mengikuti pelatihan yang lainnya.

 

Buat kalian pelaku UMKM tertarik belajar lebih dalam lagi untuk meningkatkan dan memperluas bisnis kalian? Yuk gabung pelatihan bersama Akademi kombas dari PT Kombas Digital Internasional.

Untuk informasi lebih detail, bisa hubungi :

Telp / Wa : https://wa.me/628112829002

Instagram : @akademikombas