Artikel

Panduan Singkat Untuk Memulai Digital Marketing.

Panduan Singkat Untuk Memulai Digital Marketing.
Panduan Singkat Untuk Memulai Digital Marketing.

Panduan Singkat Untuk Memulai Digital Marketing.-Digital marketing merupakan salah satu upaya yang dilakukan para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. 

Saat ini digital marketing atau pemasaran online yang memanfaatkan teknologi digital sangat digemari serta banyak peminatnya, dari segi konsumen maupun pelaku usaha. Kedua belah pihak ini merasa terbantu karena dengan menggunakan teknologi digital, maka pemasaran bisa menjadi simple dan mudah untuk dilakukan.

Karena pemasaran online atau digital marketing dapat dilakukan secara tidak langsung, jadi penjual dan pembeli tidak bertemu dan tatap muka secara langsung untuk melakukan proses jual beli. Digital marketing juga memberikan beberapa kemudahan lain seperti dapat menjangkau audiens lebih luas serta iklan yang dibuat bisa ditargetkan agar sesuai dengan target pasar, atau target audiens, sehingga lebih tepat sasaran.

Saat ini banyak pelaku usaha khususnya UMKM yang sudah mengembangkan bisnisnya menjadi digital marketing. Untuk pemula, digital marketing pastinya merupakan hal yang ribet, sulit dilakukan, dan membingungkan.

Maka dari itu, ilmu tentang digital marketing sangat diperlukan untuk para pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM. Untuk mengetahui lebih lanjut, anda bisa membaca panduan seperti yang ada di bawah ini : 

  1. Menentukan strategi dan tujuan dari digital marketing.

    Sebelum memulainya, pastikan anda memiliki tujuan serta menentukan strategi yang jelas. Contoh dari tujuan digital marketing antara lain untuk meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak konsumen atau pelanggan, meningkatkan keloyalitasan para pelanggan, meningkatkan penjualan produk, menjangkau lebih banyak audiens yang nantinya akan mengunjungi situs web anda, dan anda bisa menentukan tujuan lainnya yang sesuai dengan produk anda.

    Setelah menentukan tujuan yang jelas, maka anda bisa menentukan strategi digital marketing yang sesuai dengan produk anda. Strategi ini mencakup media yang digunakan untuk melakukan promosi atau pengiklanan produk seperti website, media sosial, email marketing, dan anda juga harus bisa menentukan strategi agar dapat mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO).

  2. Membuat serta membangun beberapa media yang digunakan.

    Sebelum membuat pastinya anda harus mengidentifikasi media sosial atau platform digital lain yang saat ini sedang trend atau sedang digunakan banyak orang. Agar nantinya banyak yang dapat melihat serta mengenal produk anda melalui promosi atau iklan yang dibuat dan diunggah pada platform tersebut.

    Setelah itu, anda bisa menentukan media apa saja yang akan anda gunakan untuk melakukan promosi produk, setelah itu nantinya anda harus membuat akun serta mengembangkan media yang digunakan. Media ini berupa platform digital seperti aplikasi media sosial, marketplace, website, atau lainnya.

    Anda harus bisa mengelola serta mengoptimalkan platform yang akan digunakan. Maka dari itu, anda harus bisa mengembangkannya agar nanti tampilan dari platform yang anda gunakan bisa lebih menarik, konten yang diunggah juga relevan, navigasi mudah.

    Selain itu, anda juga harus bisa mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO), agar nantinya situs web anda beserta konten yang ada di dalamnya bisa muncul di halaman paling teratas pada mesin pencari. Sehingga memudahkan para audiens untuk mencari serta melihat promosi produk yang anda buat. 

    Untuk mengoptimalkan SEO, anda harus bisa membuat konten promosi yang berkualitas, relevan dengan produk anda, dan bisa diidentifikasi dengan menggunakan kata kunci agar nantinya lebih mudah dicari oleh audiens. 

  3. Menciptakan konten menarik dan mengunggahnya.

    Untuk menarik para audiens, pastinya anda harus menciptakan konten yang berkualitas, relevan dengan audiens dan produk yang anda tawarkan, sehingga konten ini bisa menarik para audiens. Agar konten promosi yang anda buat bisa dilihat oleh banyak audiens serta bisa dilihat oleh audiens yang sesuai, maka anda harus mengunggahnya ke platform digital seperti media sosial atau marketplace yang saat ini sedang disukai dan sedang trend sehingga banyak audiens yang melihat dan tertarik dengan konten tersebut.

    Hal ini bisa menjadi salah satu upaya agar menarik banyak pelanggan, sehingga banyak juga audiens yang akan membeli produk anda.

  4. Mengukur serta mengevaluasi.

    Tahap akhir dari proses digital marketing yaitu mengukur serta mengevaluasi kinerja dari strategi serta platform yang anda gunakan untuk melakukan promosi. Hal ini dilakukan agar anda bisa melihat seberapa efektif platform yang anda gunakan untuk promosi sehingga anda bisa mengidentifikasi seberapa banyak audiens yang tertarik dan membeli produk anda.

    Selain itu, evaluasi juga dilakukan untuk memahami kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan saat melakukan promosi atau proses jual beli, agar nantinya kesalahan ini bisa diperbaiki serta tidak terulang kembali.

    Itulah beberapa tahap yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan bisnis melalui platform digital. Apabila anda belum benar-benar memahami tahap tersebut, anda bisa mengikuti pelatihan digital marketing yang ada di PT. Kombas Digital Internasional.

    Materi yang akan diajarkan dan diberikan juga kurang lebih mencakup hal-hal yang sudah dijelaskan diatas tadi. Untuk anda yang memiliki bisnis dan belum bisa mengembangkan bisnis pemasaran anda karena belum memahami konsep serta langkah digital marketing, anda bisa langsung saja untuk mengikuti pelatihan digital marketing di PT. Kombas Digital Internasional dengan menghubungi nomor di bawah ini :

    http://wa.me//+628112829002/.co.id .

    Atau untuk anda yang ingin mengecek informasi tentang pelatihan atau tempat pelatihan ini, anda bisa langsung saja cek Instagram atau website PT. Kombas Digital Internasional melalui link dibawah ini :

    https://www.instagram.com/kombasdigitalinternasional/ 

    https://akademikombas.co.id/ .