Artikel

Panduan Facebook Ads Yang Lengkap: Definisi, Serta Teknis Dan Istilah

Panduan Facebook Ads Yang Lengkap- Definisi, Serta Teknis Dan Istilah -Tujuan awal dari adanya Facebook yaitu hanya untuk menghubungkan bagi orang-orang yang ada di seluruh dunia ini, dan mendekatkan mereka kepada keluarganya, atau kepada kerabatnya, atau bahkan bisa juga untuk menemukan teman lamanya. Akan tetapi dengan seiringnya waktu yang selalu terus menerus berjalan, Facebook saat ini telah berkembang pesat dan menjadikan Facebook adalah salah satu media dengan adanya promosi yang cukup efektif.

 

Apa Itu Facebook Ads?

 

Facebook Ads merupakan sebuah layanan iklan, dimana layanan tersebut adalah salah satu layanan yang berbayar bagi para pengguna Facebook. FB Ads saat ini juga telah menjadi suatu media promosi dengan lingkupan yang cukup sangat luas/besar. Nah, dari hal itu, maka Pengiklan akan bisa dengan mudah melakukan targeting untuk bisa mendapatkan semua target audiens yang telah sesuai seperti harapanya.

 

Facebook Ads juga mempunyai pilihan media yang sangat beragam untuk kamu yang ingin mulai beriklan, contohnya saja yaitu dengan melalui foto, atau bisa juga video dan teks. Biaya didalam iklan Facebook Ads ini juga sangatlah terjangkau, dimulai dari angka Rp 10.000. Sebagai pengiklan, Kamu akan bisa dengan mudah untuk memantau dan dapat melakukan evaluasi terhadap suatu iklan Kamu tersebut dengan melalui fitur pada Facebook yaitu Advert Manager.

 

Apa Saja Jenis Iklan Pada Facebook Ads?

 

Belajar FB Ads akan jauh lebih mudah, apabila kamu sudah mengetahui jenis iklan apa saja sih yang ada didalam Facebook Ads tersebut. Nah, Berikut ini adalah jenis-jenis iklan yang ada dalam Facebook Ads:

 

Page Post Engagement : iklan satu ini mempunyai tujuan yaitu tujuan untuk bisa mendapatkan engagement yang berupa like, atau comment atau bisa juga share dari sebuah postingan pada Facebook yang sudah dipromosikan.

 

Page Likes : iklan yang satu ini, bertujuan agar kamu bisa mendapatkan likes pada fanpage Bisnis. Dan apabila jika sudah semakin banyak mendapatkan like pada fanpage bisnismu itu bisa mempengaruhi dalam meningkatkan kepercayaan konsumen.

 

Click to Website : iklan ini juga mempunyai aksi yaitu berupa sebuah tombol klik yang dapat menuju kamu kepada halaman website tertentu.

 

Istilah Dalam FB Ads

 

Setelah tadi kamu mengerti pengertian tentang apa itu FB Ads, Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui istilah-istilah yang bisa kamu temukan ketika kamu sudah menjalankan FB Ads. Beberapa istilah yang dimaksud dan yang perlu diketahu yaitu:

 

Ad : Ad merupakan salah satu materi pada iklan yang akan dipergunakan oleh kamu untuk melakukan promosi dengan menggunakan FB Ads.

 

Adset : Pengertian Adset sendiri adalah Kumpulan dari ad. Adset juga akan sangat memungkinkan Kamu untuk bisa melakukan penargetan, atau penjadwalan, atau juga penawaran serta menentukan anggaran iklan pada Facebook Ads Manager.

 

Campaign : Campaign sendiri merupakan sekumpulan isi dari beberapa Adset.

 

CPM : CPM merupakan singkatan atau kepanjangan dari Cost Per Million. CPM juga bisa diartikan/dikatakan sebagai biaya per 1000 kali dalam tayangan.

 

CTR : CTR sendiri adalah singkatan dari Click Through Rate. Maka jika semakin besar nilai pada CTR maka juga akan semakin pesar pula ketertarikan para audiens tersebut terhadap iklan kamu.

 

Tips Beriklan Di Facebook Agar Lebih Hemat

 

Banyak sekali yang bertanya mengapa sih Facebook Ads itu lebih hemat? Nah, bayangkan jika Kamu masih saja menggunakan media iklan konvensional yang di mana tidak akan mundah bagi yang ingin menargetkan pelanggan tersebut secara tepat sasaran. Biaya iklan juga nantinya akan dikatakan terbuang dengan sia-sia.

 

Iklan online saat ini bisa menjadi alternatif yang sangat praktis dan juga efisien dalam menghemat biaya dan waktu. Secara lebih rincinya, mari kita bahas beberapa tips beriklan di Facebook Ads supaya iklan lebih hemat dan bisa kamu Ikuti.

 

•Tentukan Dahulu Target Konsumen yang Tepat

 

Penting bagi kamu untuk terlebih dahulu melakukan riset pada pasar sebelum nantinya kamu beriklan online. Iklan online seperti halnya Facebook Ads juga sudah fokus dalam menjangkau jumlah target konsumen yang Kamu tentukan sebelumnya.

 

• Pemilihan Waktu yang Cocok untuk Memasang Iklan

 

Ada istilah yang dinamakan prime time yaitu waktu di mana orang-orang tersebut banyak yang telah mengakses Facebook. Prime time ini juga biasanya dilakukan pada waktu jam-jam menunjukkan makan siang atau ketika seorang tersebut melakukan istirahat dari pekerjaannya itu.

 

•Buat Konsep Iklan yang Menarik

 

Call To Action (CTA) dalam iklan Facebook juga sangat penting untuk kamu yang ingin meningkatkan konversi. CTA juga merupakan suatu cara untuk mempermudah Kamu dalam mencapai tujuan dari dilaksanakannya promosi. Kamu bisa membuat CTA dengan semenarik mungkin agar nantinya konsumen bisa mengetahui Brand kamu dan mau mencobanya.

 

•Atur Iklan Sesuai Budget Promosi

 

Hal yang sudah pasti tidak kalah pentingnya untuk bisa menghemat biaya didalam iklan Facebook Ads adalah mengetahui seberapa besar jumlah pengeluaran anggaran pada promosi yang kamu miliki. Usahakan Sesuaikan dahulu dengan pemasangan iklan sesuai jumlah anggaran promosi Kamu.

 

Ternyata, Belajar Facebook Ads itu tidak terlalu sulit, bukan? Memasang iklan dengan menggunakan Facebook Ads bisa kamu gunakan untuk bisa lebih menghemat biaya daripada dengan menggunakan media iklan seperti media konvensional.