LANGKAH UTAMA MEMULAI MARKETING
Langkah utama memulai marketing – Terjun dalam dunia marketing dapat di lakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Ketika anda ingin terjun dalam dunia marketing tentu saja harus didukung dengan menggunakan langkah yang tepat.
Digital marketing merupakan salah satu bidang yang saat ini telah berkembang pesat. Sudah banyak oarang yang mempelajari mengenai seputar marketing dan banyak dari mereka yang telah sukses. Namun bagi pemula memulai dalam dunia industri hal ini dapat terasa menakutkan dan membingungkan.
Langkah utama memulai marketing :
Terdapat beberapa langkah yang perlu anda lakukan ketika anda ingin terjun ke dunia yang satu ini. langkah dibawah perlu untuk di lakukan agar nantinya anda melakukan bisnis yang terarah dan juga jauh dari kata gagal. Berikut langkah yang dapat anda coba antara lain :
1.Melakukan riset
Sebelum anda menjalankan sebuah bisnis hal pertama yang anda lakukan adalah dengan meriset. Riset pemasaran (marketing reseach) merupakan sebuah proses yang perlu di lakukan sebelum memulai bisnis. Terdapat banyak macam riset yang perlu untuk anda lakukan antara lain :
-
Riset kata kunci
Riset kata kunci (riset keyword) merupakan proses untuk menentukan serta menganalisis kata kunci yang akan dimasukkan pengguna internet ke sebuah mesin pencari. Riset kata kunci sangat berperan penting dalam proses pembuatan konten dan pemasaran yang di lakukan secara digital.
Dalam dunia marketing riset keyword memiliki fungsi yaitu mengenai wawasan trend marketing, pertumbuhan traffic, akuisisi pelanggan.
-
Riset kompetitor
Riset kompetitor merupakan proses di mana seseorang akan menganalisis kompetitor atau pesaing dari produk yang di pasarkan. Dengan melakukan riset kompetitor, anda dapat memahami bisnis dengan lebih baik. Selain itu anda juga dapat memahami kekuatan serta kelemahan yang di miliki oleh kompetitor atau pesaing. Riset kompetitor memiliki banyak manfaat antara lain adalah membantu menetapkan tolak ukur dari produk, membantu menyusun strategi pemasaran, dan identifikasi trend industri.
Riset sendiri memiliki fungsi yaitu :
- Fungsi understanding
- Fungsi evaluating
- Fungsi predicting
Hal tersebut harus di simpulkan sehingga anda dapat menentukan produk yang akan dipasarkan.
2.Planing
Planing atau perencanaan yang di lakukan dalam pemasaran mencangkup serangkaian aktivitas, strategi dan sumber daya yang akan membantu bisnis anda untuk memasarkan proses pemasaran dengan baik dan terarah.
Rencana pemasaran penting untuk di lakukan karena membantu untuk memahami konsumen dan bagaimana cara menjangkau konsumen dengan baik. Tujuan dari perencanaan pemasaran adalah untuk memastikan bahwa sebuah perusahaan mampu untuk menjalankan target yang telah ditentukan sebelumnya.
Terdapat hal yang harus anda rencanakan seperti brand identity (identitas brand), dan juga logistic.
3.Exsecute
Execute atau eksekusi dalam pemasaran merupakan proses eksekusi yang berjalan sesuai dengan real market atau pemasaran nyata. Eksekusi di lakukan untuk mewujudkan strategi pemasaran yang telah di buat. Terdapat tips untuk melakukan eksekusi dalam pemasaran, diantaranya adalah :
- Pentingnya kemampuan beradaptasi
- Peran data yang ada dalam eksekusi Fine-Tuning
- Menyeimbangkan otomatisasi
- Menyelaraskan eksekusi pemasaran dengan target penjualan
- Mengevaluasi dan menyesuaikan strategi
Dalam proses eksekusi memerlukan kekuatan tim, kekuatan monitoring serta kekuatan di lapangan. Hal ini bertujuan agar bisnis dapat tereksekusi dengan baik.
4.Controling
Controling atau pengendalian merupakan sebuah proses untuk memastikan bahwa aktivitas perusahaan sesuai dengan apa yang telah di rencanakan. Proses ini mencatat perkembangan yang di lakukan ke arah tujuan dan memungkinkan seorang manager mendeteksi penyimpangan dari perencanaan.
Hal ini di lakukan secara tepat waktu untuk mengambil tindakan sebelum terlambat. Pengawasan akan lebih efektif apabila sistem pengawasan tersebut di lakukan dari perusahaan itu sendiri. Sistem pengawasan terdiri dari pemimpin yang berkaitan dengan tugas baik tugas yang telah di delegasikan, dan juga kesesuaian antara tugas yang di selesaikan dan perencanaan tugas.
5.Analyze everything
Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah menganalisis semuanya. Penting untuk anda melakukan analisis terhadap suatu kegiatan atau aktivitas yang telah di lakukan. Pada dasarkan seseorang akan melakukan analisa apabila mengalami kegagalan saja.
Analisa pemasaran berkaitan dengan dinamika pasar. Biasanya analisa pasar berkaitan dengan berbagai faktor. Analisis pemasaran di lakukan dengan tujuan untuk merumuskan strategi untuk menjalankan bisnis. Namun ketika anda mendapat suatu keberhasilan anda juga perlu untuk melakukan analisa. Sebab keberhasilan tanpa menganalisa tidak akan tahu hal apa yang menyebabkan keberhasilan tersebut. Ketika anda telah mengetahui hal yang menyebabkan keberhasilan anda dapat mencobanya kembali pada bisnis yang anda jalani.
Langkah-langkah di atas dapat anda coba ketika anda akan terjun ke dunia marketing. langkah utama memulai marketing tersebut dapat membantu anda untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang anda harapkan. Kegiatan marketing tidak hanya terpaku pada prosesnya saja, namun lebih kearah bagaimana produk yang di jual dapat di kenal dan melekat pada konsumen.
Selain itu anda juga dapat belajar mengenai seputar dunia marketing dengan cara mengikuti pelatihan. Bersama Akademi Kombas anda dapat mengikuti pelatihandigital marketing.
Telp/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas