Artikel

Langkah Dalam Membuat Rencana Konten? Yuk Pahami Disini!

Langkah Dalam Membuat Rencana Konten? Yuk Pahami Disini!
Langkah Dalam Membuat Rencana Konten? Yuk Pahami Disini!

Langkah Dalam Membuat Rencana Konten? Yuk Pahami Disini!-Pembuatan rencana konten merupakan langkah awal yang penting dalam proses membuat konten. 

Kesuksesan Content Creator yaitu apabila konten yang dibuat banyak yang melihat dan juga relevan dengan para audiens saat ini. Maka dari itu, Content Creator harus bisa membuat konten yang menarik, berkualitas, dan juga relevan dengan para audiens. 

Untuk membuat konten, maka Content Creator harus membuat rencana konten terlebih dahulu. 

Apa itu rencana konten?

Rencana konten adalah suatu rancangan untuk membuat konten yang terstruktur. Serta merinci berbagai hal penting yang ada pada konten tersebut seperti apa tema atau pembahasan yang akan digunakan untuk konten, kapan konten dibuat dan diunggah, dan bagaimana konten tersebut dibuat serta diunggah dimana. 

Rencana konten ini memiliki berbagai manfaat dan tujuan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Manfaat dan tujuan dari rencana konten. 

Ini dia manfaat dan tujuan dari rencana konten yang dibuat :

  1. Lebih terorganisir.

    Dengan adanya rencana konten maka dapat membantu dan mempermudah dalam pembuatan hingga pengunggahan konten. Karena semua hal yang berkaitan dengan konten sudah terorganisir. 

  2. Lebih terjadwal.

    Rencana konten juga meliputi jadwal pembuatan konten dan pengunggahan konten. Sehingga Content Creator akan lebih terjadwal dalam melakukan pembuatan konten dan juga memiliki jadwal tersendiri dalam mengunggah konten. 

    Hal ini bisa menjadi upaya dalam meningkatkan konsistensi pembuatan dan juga pengunggahan konten. 

  3. Fokus pada tujuan.

    Dengan adanya rencana konten, maka Content Creator akan lebih mudah untuk fokus dalam melakukan satu persatu langkah yang harus dilakukan dalam membuat konten. Sehingga ia tidak akan merasa bingung untuk melakukan langkah-langkah dalam pembuatan konten. 

  4. Efisiensi waktu.

    Dengan adanya rencana konten, maka Content Creator sudah memiliki gambaran terkait konten yang akan dibuat. Sehingga ia tidak perlu lagi memikirkan secara langsung untuk membuat alur dan tema yang akan dibahas pada konten. 

Langkah-langkah pembuatan rencana konten. 

Ini dia langkah-langkah yang bisa dilakukan dalam membuat rencana konten : 

  • Memahami audiens.

    Hal yang pertama kali dilakukan yaitu memahami audiens, karena audiens menjadi hal penting dalam kesuksesan konten. Semakin banyak audiens yang melihat, maka konten akan dinilai lebih baik serta berkualitas. 

  • Memahami tujuan dari pembuatan dan pengunggahan konten.

    Agar lebih mudah dalam membuat rencana konten maka tujuan dari pembuatan konten harus ditetapkan terlebih dahulu. Dengan memahami dan menetapkan tujuan konten yang jelas, maka lebih mudah untuk membuat konten yang sesuai dengan rencana dan tujuan pembuatan konten. 

  • Melakukan riset.

    Melakukan riset konten juga penting dilakukan sebelum membuat konten. Agar nantinya semua hal yang berkaitan dengan konten yang dibuat bisa cocok dan relevan dengan audiens, dan juga cocok dengan rencana konten yang sebelumnya sudah dibuat. 

    Bukan hanya melakukan riset audiens saja, tetapi Content Creator juga harus melakukan riset terkait trend yang ada, melakukan riset terkait berbagai referensi konten dari konten-konten yang sudah ada. Serta melihat kompetitor lainnya yang sudah membuat konten. 

  • Mencatat ide konten.

    Agar tidak lupa, maka Content Creator harus mencatat ide-ide konten yang ia miliki. Atau bisa juga dengan membuat daftar ide konten. 

  • Menentukan jenis konten.

    Ada berbagai jenis konten yang bisa dibuat untuk berbagai keperluan dan kepentingan yang berbeda-beda. Untuk membuat rencana konten, maka Content Creator harus menentukan jenis konten yang akan ia buat terlebih dahulu. 

  • Membuat jadwal konten.

    Hal yang dilakukan selanjutnya yaitu membuat jadwal pembuatan dan pengunggahan konten. Agar Content Creator bisa meningkatkan konsistensinya dalam membuat dan mengunggah konten. 

  • Mengembangkan dan membuat konten.

    Apabila semuanya sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yaitu mengembangkan rencana konten untuk membuat konten. Setelah itu mengunggah konten dan menganalisis kinerja dari konten. 

  • Revisi.

    Apabila konten sudah diunggah maka Content Creator harus bisa menganalisis kesalahan atau kekurangan dari konten tersebut. Apabila sudah menemukan kesalahan ataupun kekurangan pada konten, maka ia harus bisa melakukan revisi dengan memperbaikinya atau bisa dijadikan pembelajaran agar konten berikutnya lebih baik dan berkualitas. 

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam membuat rencana konten. Untuk mempelajari lebih dalam lagi terkait rencana untuk membuat konten, maka kamu bisa mempelajarinya di pelatihan Content Creator. 

Pelatihan Content Creator. 

Pelatihan Content Creator adalah program pelatihan yang dibuat khusus untuk para Content Creator pemula ataupun yang sudah profesional. Karena sebagai Content Creator harus selalu ingin belajar dan mencari tahu hal-hal baru yang berkaitan dengan pembuatan konten ataupun pembuatan rencana konten. 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap lagi tentang tempat pelatihan dan program pelatihan Content Creator ini, kamu bisa langsung saja cek di Instagram dan website Kombas Digital Internasional melalui link yang ada di bawah ini :

https://www.instagram.com/kombasdigitalinternasional/ 

https://akademikombas.co.id/ .

Atau kamu juga bisa menghubungi nomor telepon yang ada di bawah ini untuk mencari tahu informasi dan mendaftarkan diri ke program pelatihan Content Creator :

http://wa.me//+628112829002/.co.id .