KEUNTUNGAN SOCIAL MEDIA MANAGER
Apa saja keuntungan menggunakan social media manager – Social media manager adalah sebuah profesi yang mana bertugas untuk menjadi seorang yang bertanggung jawab untuk mengendalikan dan mengawasi aktivitas semua media sosial yang di miliki oleh sebuah perusahaan. Banyak keuntungan yang bisa di dapat ketika menggunakan social media manager. Tugas utama seorang social media manager adalah mengelola semua social media yang di miliki oleh perusahan mulai dari Instagram, Tiktok, X, YouTube dan social media lain.
Ketika sebuah perusahaan menggunakan jasa social media manager, owner perusahaan tidak perlu lagi memikirkan mengenai social media.
Beberapa keuntungan menggunakan social media manager :
-
Mengoptimalkan biaya dalam pemasaran
Dalam pemasaran digital tentu saja berbeda dengan pemasaran dengan cara tradisional, memasarkan suatu produk melalui media digital cenderung lebih murah dibanding dengan memasarkan produk denagn caratradisional. Terlebih lagi di era sekarang hampir setiap platform social media memiliki fitur untuk belanja.
Bagi para pemula tentunya memasarkan produk memalui media social tidak mudah, oleh karena itu terdapat jasa atau layanan untuk mengelola social media yang perusahaan miliki. Jasa ini dapat mempermudah proses pemasaran yang mana nantinya tentu saja akan mendatangkan kenuntungan bagi perusahaan.
- Mengembangkan jangkauan pasar
Tidak semua usaha memiliki jangkauan pasar yang mudah. Terkadang mereka memerlukan jasa untuk mendorong dalam hal ini, social media manager adalah salah satu jasa yang banyak dicari. Apabila media yang digunakan usaha tersebut berupa digital tentunya untuk memperluas jangkauan pasar mereka tentunya melaui media social yang perusahaan tersebut miliki.
Para social media manager akan membantu untuk memastikan media social yang di pakai itu benar dan juga tepat sasaran. Dalam hal ini mereka juga akan membantu untuk membuat strategi yang tepat untuk di gunakan. Namun tidak hanya itu mereka juga melakukan analisis serta monitoring unutk melihat perkembangan jangkauan pasar.
- Meningkatkan interaksi dengan konsumen
Melakukan interaksi dengan konsumen adalah salah satu strategi untuk meningkatkan volume penjualan. Social media manager akan memastikan bahwa komunikasi antara perusahaan atau usaha dengan konsumen berjalan dengan baik. Hal ini juga dapat memperluas relasi penjualan.
Tugas social media manager dalam hal ini adalah menjawab komentar dari para konsumen, pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari konsumen. Di harapkan bahwa seorang social media manager memiliki sifat yang ramah.
-
Menghemat waktu dan tenaga
Bagi para owner perusahaan yang sibuk menggunakan jasa social media manger. Tidak dapat di pungkiri bahwa tidak semua orang sempat membuka media social ketika sedang bekerja. Masalah ini juga sering di alami oleh banyak perusahaan. Padahal mereka memerlukan social untuk memasarkan produknya, apalagi bagi usaha yang memang fokus di dunia digital marketing.
Dengan adanya social media manager masalah-msalah tersebut tentunya dapat segera untuk diatasi. Digital marketing akan terus berjalan dengan baik apabila media social yang mereka pakai juga terkelola dengan baik.
Media sosial sangatlah penting dalam dunia digital marketing. Banyak pemanfaatan media social untuk digital marketing. Namun ketika hendak menggunakan memerlukan strategi yang tepat.
Terdapat berbagai macam strategi untuk social media diantaranya sebagi berikut :
- Posting tepat waktu
Tidak hanya konsisten untuk memosting konten yang berkualits saja, ketika hendak posting juga harus memilih waktu yang tepat. Setiap akun social media yang berbeda memiliki jadwal waktu untuk posting yang berbeda. Gunakanlah waktu yang ramai untuk dikunjungungi. Hal ini dapat untuk promosi produk baik barang maupun jasa.
- Tulislah judul dan caption menarik pada postingan
Merangkai kata-kata untuk di jadikan konten di berbagai media social membutuhkan kreativitas yang tinggi. Pasalnya selain di lihat dari konten yang di bagikan para konsumen juga pasti akan melihat dari caption.
- Percantik bio dan pada media social
Bio merupakan salah satu fitur yang terdapat di social media. fitur ini juga menjadi salah satu hal yang biasa di lihat oleh pengunjung social media. oleh karena itu bio di sarankan untuk di isi secara lengkap.
Hal yang harus di cantumkan di bio dapat berupa nama bisnis, jenis yang di jual, alamat dan juga contack person. Hal tersebut dapat memudahkan para pengunjung untuk melakukan tindakan. Namun tampilan bio juga harus menarik,jelas, dan juga sesuai dengan kenyataan.
Mamanfaatkan social media manager dalam media social perusahaan
Social media merupakan media yang berguna untuk bersosialisasi antara satu dengan yang lain secara online dengan dibantu jaringan internet untuk mendukung kegiatan ini. Kini social media sudah banyak di gunakan sebagai alat untuk jual beli.
Untuk menjadi seorang social media manager yang profesional pada awalnya juga memerlukan pelatihan. Banyak skill yang harus di miliki oleh seorang social media manager.Terdapat berbagai metode pelatihan yang dapat di coba. Akademi kombas menyediakan pelatihan untuk social media bagi anda yang tertarik dapat bergabung dan ikuti pelatihannya.
Info lebih lengkap :
Telp/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas