KEUNGGULAN REELS INSTAGRAM DIBANDING TIKTOK
Keunggulan reels instagram dibanding TikTok – saat ini sudah banyak orang yang telah memanfaatkan dua aplikasin ini untuk mengupload video. Telah banyak orang juga dapat menghasilkan uang dari kedua aplikasi tersebut.
Meskipun reels Instagram dan TikTok memiliki layanan yang serupa, namun terdapat beberapa perbedaan dari kedua fitur tersebut. Salah satu perbedaaan yang dapat kita lihat adalah mengenai durasi. Durasi dalam membuat video yang singkat, pada reels membatasi durasi yaitu maksimal 15 detik. Sedangkan pada TikTok dapat membuat video panjang dengan durasi maksimal 60 detik.
Keunggulan reels Instagram dibanding TikTok
Pada umumnya reels di manfaatkan untuk mempromosikan produk maupun menyampaikan sebuah infromasi dan juga berbagi video. Namun sebenarnya reels Instagram juga dapat di gunakan lebih dari hal itu saja. Reels merupakan fitur populer yang di sediakan oleh aplikasi Instagram. Reels memungkinkan penggunanya untuk mempromosikan sesuatu dalam bentuk video pendek yang kreatif dan juga menarik. Selain itu dalam sebuah bisnis reels memiliki peran penting, sebab jangkauannya yang lebih luas. Mungkin anda tidak asing lagi dengan video promosi pada TikTok, namun perlu anda ketahui bahwa Instagramn juga memiliki fitur reels yang memiliki peran yang sama. Reels memiliki keunggulan lebih di bandingkan dengan TikTok sebab manfaatnya yang begitu banyak. Pengguna reels pada bisnis dapat memberikan beberapa manfaat seperti :
1.Dapat meningkatkan visibilitas
Meningkatkan visibilitas pada produk tidak hanya di lakukan dengan menggunakan TikTok saja. Namun anda juga dapat mencoba fitur terbaru yang kini di miliki oleh Instagram. Dengan menggunakan reels pada bisnis anda, anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas di bandingkan dengan yang sebelumnya. Reels juga dapat muncul pada pada bagian “jelajahi” Instagram. Hal ini memungkinkan pengguna Instagram yang bukan pengikut anda juga dapat melihat konten yang anda bagikan. Dengan demikian akan membuka peluang untuk menarik perhatian orang yang baru serta dapat meningkatkan visibilitas sebuah bisnis.
2.Pemasaran produk dan juga layanan
Reels juga dapat anda gunakan untuk mempromosikan produk baik barang maupun jasa yang terdapat pada bisnis yang anda jalani. Anda dapat membuat video mengenai produk yang anda tawarkan dengan menampilkan fitur yang terdapat pada produk anda. Selain itu anda juga dapat memberikan tips penggunaan produk anda dalam video tersebut secara singkat. Menggambarkan produk yang anda tawarkan dengan cara yang kreatif juga dapat anda lakukan untuk menarik para pengguna. Reels dapat membantu anda untuk memperkenalkan produk baru, meningkatkan penjualan serta memperluas jangkauan pelanggan.
3.Kreativitas dan branding
Reels dapat memberikan kesempatan bagi sebuah bisnis untuk menunjukkan keatifitas serta membangun citra merek yang menarik dan unik. Anda dapat membuat video dengan cara membuat konten yang menarik, edukatif, menghibur, menyenangkan dan bahkan mencerminkan kepribadian serta nilai dalam bisnis anda. Reels yang kreatif dapat membantu orang membedakan bisnis anda dengan bisnis para kompetitor. Selain itu reels juga dapat meningkatkan kesan yang positif terhadap penonton.
4.Analitik serta pengukuran kerja
Aplikasi Instagram juga menyediakan analitik khusus yang terdapat pada reels. Dengan hal ini anda dapat melihat jumlah tampilan, interaksi serta pertumbuhan pengikut dari setiap reels yang telah anda bagikan. Fitur ini memungkinkan anda untuk memantau serta mengukur kinerja reels anda. Selain itu anda juga dapat mengoptimalkan strategi anda dengan berdasarkan data yang anda peroleh.
Anda perlu untuk merencanakan serta membuat konten reels yang sesuai, menarik, serta sesuai dengan target audiens yang telah anda riset sebelumnya. Dengan cara konsisten dan membagikan konten yang berkualitas, reels yang anda bagikan dapat menjadin alat yang efektif untuk memperluas jangkauan pada bisnis anda.
5.Keterlibatan serta interaksi
Reels adalah fitur yang populer serta interaktif pada aplikasi Instagram. Dengan cara menggunakan fitur seperti pertanyaan, tantangan maupun polling, anda dapat memberikan dorongan terhadap audiens terlibat dan berinteraksi dengan bisnis anda. Hal tersebutb dapat melibatkan seorang audiens untuk terlibat, membangun hubungan agar lebih dekat serta dapat meningkatkan interaksi dengan pengikut pada akun Instagram anda.
6.Pertumbuhan jumlah pengikut akun anda
Reels yang menarik serta bermanfaat dapat membantu anda untuk meningkatkan jumlah pengikut pada akun bisnis anda. Apabila konten reels yang anda bagikan banyak di sukai dan di bagikan oleh pengguna lain, maka dengan begitu artinya anda telah mendapat lebih banyak pengikut yang dapat berpotensi menjadi pelanggan setia.
Pada dasarnya Instagram dan TikTok adalah salah satu fitur social media yang dapat anda gunakan untuk menajdi alat dalam digital marketing bisnis anda. Anda dapat merasakan keunggulan reels Instagram di banding TikTok apabila anda telah mencoba untuk menggunakan fitur trsebut pada bisnis anda. Bagi selain pebisnis juga dapat menggunakan fitur ini untuk digunakan sebagai alat berbagi momen baik berupa foto slide maupun dalam bentuk video.
Untuk memepelajari hal tersebut anda dapat mengikuti pelatihan social media marketing bersama Akademi Kombas. Apabila anda memerlukan narasumber digital marketing anda juga dapat menghubungi kami.
Telp/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas