Artikel

Kesalahan Umum Pada Digital Marketing.

Kesalahan Umum Pada Digital Marketing.-Digital marketing merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan saat ini.

Digital marketing adalah pekerjaan atau profesi yang dilakukan oleh seseorang. Seseorang yang melakukan proses digital marketing disebut dengan digital marketer.

Digital marketer memiliki tugas untuk melakukan proses digital marketing, mulai dari memilih dan menetapkan produk yang akan dijual, menganalisis perilaku konsumen, menganalisis aplikasi atau marketplace yang sedang trend, menentukan bentuk promosi.

Maka dari itu menjadi digital marketer merupakan pekerjaan yang menantang, maka dari itu pada dunia pemasaran di bidang digital pastinya ada keuntungan dan ada kelemahan. Serta pastinya digital marketer juga pernah melakukan kesalahan yang berkaitan dengan usahanya di bidang digital.

Keuntungan dan Kelemahan Digital Marketing.

Digital marketing memberikan keuntungan dan kemudahan untuk para pelaku usaha ataupun para konsumen. Keuntungan serta kemudahan yang didapatkan oleh para pelaku usaha yaitu memiliki jangkauan pasar yang luas, karena dengan melakukan pemasaran digital, produk yang dijual serta akan dipromosikan akan lebih mudah menyebar serta bisa lebih efektif. 

Selain itu dengan digital marketing, targeting pasar akan lebih efektif, menghemat biaya yang dikeluarkan untuk proses promosi, umpan balik yang diberikan oleh konsumen ataupun penjual akan lebih cepat, fleksibel. Hal ini menjadikan pemasaran digital lebih unggul serta lebih bisa menarik para konsumen, karena adanya kelebihan serta kemudahan yang diciptakan dengan pemasaran digital.

Selain kemudahan dan keuntungan, digital marketing juga memiliki beberapa kelemahan seperti persaingan yang semakin ketat karena saat ini sudah banyak orang yang memahami pemasaran yang dilakukan dengan teknologi digital, tetapi masih banyak orang atau pelaku usaha yang belum memahami dan belum bisa melakukan proses pemasaran dengan teknologi digital. Kelemahan lainnya yaitu kurangnya kepercayaan dari konsumen karena konsumen tidak bisa melihat secara langsung kondisi produk yang ingin ia beli maka dari itu penjual harus bersikap jujur kepada konsumen tentang kondisi produk yang dijual, agar nantinya konsumen bisa percaya dan konsumen pastinya akan selalu membeli produk dari anda.

Kesalahan Pada Digital Marketing.

Dalam proses pemasaran melalui teknologi digital atau yang disebut digital marketing, pastinya ada kelemahan dan keuntungan. Selain itu, pastinya juga ada kesalahan yang dilakukan oleh digital marketer.

Meskipun digital marketing ini menawarkan banyak keuntungan atau kemudahan, tetapi jika digital marketer melakukan kesalahan maka akan berpengaruh kepada promosi produk serta penjualan produk. Maka dari itu, anda harus memahami apa saja kesalahan-kesalahan yang biasanya dilakukan oleh para digital marketer.

Ini dia beberapa kesalahan digital marketer yang dilakukan saat melakukan proses digital marketing : 

  • Kurang beradaptasi dengan trend.

    Hal yang dapat menghambat serta merupakan kesalahan pada digital marketing yaitu kurangnya adaptasi dengan hal-hal yang sedang trend. Karena dunia digital marketing akan terus berkembang pesat dengan cepat, maka dari itu para digital marketer harus bisa beradaptasi dan mengikuti trend yang ada untuk melakukan promosi ataupun penjualan produk.

    Sehingga nantinya anda tidak ketinggalan zaman dan trend, karena trend sangat mempengaruhi ketertarikan konsumen kepada produk atau promosi yang dilakukan sesuai trend.

  • Tidak memiliki strategi yang jelas.

    Strategi pemasaran adalah rancangan yang akan dilakukan oleh pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Strategi yang akan digunakan harus dipikir secara matang, karena strategi ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penjualan atau keberhasilan suatu usaha.

    Apabila strategi atau taktik yang dilakukan tidak jelas dan belum dipikirkan secara matang, maka kemungkinan besar usaha yang dijalankan akan kurang efektif bahkan bisa gagal.

  • Pembuatan konten yang kurang berkualitas.

    Konten promosi yang berkualitas akan berpengaruh terhadap penjualan produk dan ketertarikan para audiens. Selain menarik, konten harus memiliki kualitas yang baik serta sesuai dengan siapa audiens yang akan dituju.

  • Kurangnya pemahaman terhadap calon konsumen.

    Digital marketer harus bisa menganalisis perilaku serta siapa saja calon konsumen yang akan dituju, agar konten, produk, serta promosi yang dilakukan. Apabila digital marketer sudah memahami calon konsumen, maka produk, konten, serta promosi yang dibuat oleh digital marketer pastinya sesuai dan pesannya juga bisa diterima oleh audiens yang merupakan calon konsumen.

    Selain itu, anda juga bisa menganalisis apa saja yang sedang trend dan apa saja yang sedang dibutuhkan oleh audiens atau calon konsumen saat ini.

  • Kurang mengoptimasi Search Engine Optimazation (SEO).

    SEO merupakan bagian penting dalam digital marketing, apabila SEO dioptimalkan maka promosi atau pengunggahan konten juga akan memberi hasil yang baik. Dengan SEO, konten yang diunggah akan muncul diposisi paling atas atau pertama.

    Maka dari itu, SEO merupakan hal penting dalam dunia pemasaran digital, agar promosi dan unggahan konten bisa dilihat oleh banyak audiens. Dan audiens tersebut akan tertarik kepada produk yang ditawarkan.

    Itulah beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan para digital marketer, agar anda tidak melakukan kesalahan tersebut dan bisa lebih memahami hal yang harus dilakukan oleh digital marketer, anda bisa mengikuti pelatihan digital marketing di PT. Kombas Digital Internasional. Anda bisa langsung hubungi nomor ini http://wa.me//+628112829002/.co.id 

    atau cek informasi tentang pelatihan di Instagram PT. Kombas Digital Internasional melalui link ini https://www.instagram.com/kombasdigitalinternasional/ .