Artikel

Kesalahan Membuat Konten Jualan

Kesalahan Membuat Konten Jualan – Merupakan hal yang biasa terjadi dalam pembuatan konten. Kesalahan dalam membuat konten ini pastinya akan membuat konten yang di buat menjadi tidak efektif. Padahal membuat konten yang efektif juga bermanfaat untuk kita juga loh, manfaat konten yang efektif yaitu bisa menjangkau pelanggan yang baru, dengan konten yang menarik akan membuat hubungan dan kepercayaan dengan pelanggan.

Kesalahan yang biasanya terjadi dalam membuat konten itu apa saja sih? Ini dia

Kesalahan membuat konten Jualan :

1. Tidak memahami audiens

Salah satu kesalahan yang di buat yaitu tidak memahami audiens yang akan melihatnya. Saat Anda membuat konten tapi audiens yang melihat tidak memahami apa maksud dan tujuan dari konten tersebut berarti Anda membuat kesalahan dalam membuat konten.

Karena dengan membuat audiens tidak paham akan membuat audiens tidak tertarik, jika audiens tidak tertarik maka sia – sia konten yang sudah di buat.

Untuk menghindari kejadian seperti itu bisa di tangani dengan menggunakan data penelitian. Bagaimana caranya? Jadi di dalam data tersebut berisi tentang siapa pelanggan yang kalian tuju, bagaimana kebiasaan dan apa pengalaman mereka, dan jika memungkinkan ketahui juga masalah yang  di alami audiens.

Setelah meneliti menggunakan data – data tersebut akan lebih memudahkan Anda untuk membuat konten yang sesuai dengan audiens yang di tuju.

 

2. Tidak memiliki tujuan yang jelas

Hindari pembuatan konten yang tidak memiliki tujuan. Karena setiap melakukan sesuatu pasti aka nada tujuannya, jika tidak memiliki tujuan sama saja dengan membuat konten dengan membuang – buang waktu yang ada.

Jadi strategi konten Anda harus memiliki tujuan untuk memberikan arah yang jelas. Sasaran yang di buat harus SMART untuk memastikan tujuan Anda itu jelas dan bisa tercapai.

Apa itu SMART? Jadi buat tujuan secara Spesifik, Measurable ( terukur ), Achievable ( bisa dicapai ), Relevan, dan Tepat waktu.

 

3. Selalu menggunakan konten yang sama

Jika ingin mendapatkan konsumen melalui konten, buat konten yang beragam setiap harinya. Agar konsumen tertarik dan akhirnya memiliki rasa penasaran. Jangan pernah buat konten yang sama setiap harinya, misal hari ini konten jualan, besoknya lagi sama , bahkan hampir setiap hari akan membuat konten jualan. Dengan hal itu tidak akan menarik pelanggan, justru akan membuat audiens yang melihat akan merasa bosan.

Anda bisa membuat konten secara berganti – ganti. Misal hari ini konten jualan, maka besoknya konten tutorial, konten edukasi atau konten lainnya.

Juga bisa buat konten yang berbeda – beda, bisa berupa teks, audio, video, atau gambar.

 

4. Tidak membuat planning konten

Konten yang baik itu sebaiknya sudah di rencanakan dari hari sebelumnya. Agar konten yang akan di buat sudah terencana dengan baik.

Dampak tidak membuat planning konten yaitu membuat konten menjadi berantakan, hasilnya menjadi tidak tertata.

 

5. Format konten membosankan

Konten yang di buat hanya dengan satu format saja akan membuat konten tersebut menjadi membosankan. Sebaiknya membuat konten dengan menggabungkan beberapa format agar terlihat menarik.

 

6. Tidak memiliki ketrampilan

Jika kalian merasa tidak bisa membuat konten jangan di paksakan. Jika konten yang dibuat hanya untuk hiburan saja bisa, namun jika untuk mempromosikan suatu produk sebaiknya belajar lebih dalam lagi mengenai desain konten.

 

7. Tidak ada review

Hal ini biasanya kurang di perhatikan. Karena dengan adanya review asli dari konsumen akan membuat konten ini lebih bisa dipercaya.

hal ini akan meningkatkan alur kerja, membuat tenggat menjadi cepat, dan memastikan merek bisa terpercaya.

 

8. Tidak konsisten

Dalam pembuatan konten itu harus konsisten. Karena hal tidak konsisten ini pasti akan terjadi jika Anda tidak memiliki strategi / proses timbal balik yang efisien.

 

9. Berkolaborasi lemah

Saat tim konten tidak bekerjasama dengan efektif, biasanya akan membuat mereka cepat merasa Lelah. Jadi saat membuat konten yang dilakukan secara bekerjasama lakukanlah secara kompak agar hasil konten yang di buat juga sesuai dengan apa yang di harapkan.

 

10. Tidak mengikuti trend

Jika konten yang Anda buat ingin di lihat oleh masyarakat luas, buatlah konten yang sedang ngetrend saat itu juga. Dengan mengikuti perkembangan trend akan membuat konten yang Anda buat tidak ketinggalan jaman.

 

 

Jangan lupa bekerja dengan cerdas bukan kerja lebih keras. Karena membuat konten itu membutuhkan banyak ide – ide dan kecermatan. Ingin tau lebih banyak lagi bagaimana cara membuat konten yang Benar dan apa saja kesalahan membuat konten jualan?

Yuk ikuti pelatihan bersama Akademi Kombas dari PT Kombas Digital Internasional!

Disana Anda akan di berikan materi seputar konten – konten, dan akan di berikan kesempatan untuk praktek. Jadi pelatihan bersama Akademi Kombas itu 30% materi dan 70% praktek. Jadi di jamin bakalan paham bagaimana cara membuat konten yang baik dan benar.

Yuk gabung bersama Akademi Kombas! untuk informasi lebih banyak bisa cek Instagram @akademikombas jangan lupa juga untuk di follow supaya Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak. Jika Anda langsung tertarik untuk langsung mengikuti pelatihan dan ingin bertanya – tanya terlebih dahulu bisa langsung hubungi nomor WhatsApp Akademi Kombas pada https://wa.me/628112829002 .