Artikel

KESALAHAN FATAL BISNIS ONLINE

Kesalahan fatal bisnis online – Bisnis online merupakan suatu usaha yang di lakukan dengan cara online dengan di bantu dengan adanya jaringan internet. Bisnis online telah menghasilkan banyak keuntungan bagi para pelakunya.

Saat ini sudah banyak orang yang mencoba keuntungan ini dengan cara berbisnis online. Walaupun terdapat beberapa orang yang gagal di tengah jalan, berbisnis secara online sudah terbukti mampu menciptakan pengusaha sukses walaupun hanya berawal dari modal yang minim.

Kesalahan fatal bisnis online yang biasa terjadi di era digital :

1.Memulai bisnis tanpa plan matang

Untuk memulai suatu bisnis tentu saja sangat memerlukan plan atau perencanaan yang matang. Berbinis memanglah tidak harus menunggu plan yang di buat sempurna, namun bukan berarti anda dapat memulai suatu bisnis tanpa perencanaan.

 

Sebelum memulai suatu bisnis alangkah baiknya anda memahami secara detail mengenai bisnis yang akan anda jalani. Dengan demikian anda memiliki tujuan yang pasti dalam menjalankan suatu bisnis. Apabila tidak memiliki plan yang jelas, bisnis anda nantinya berjalan tidak sesuai arah yang di harapkan.

 

Meskipun plan yang di rencanakan waktu awal ketika hendak memulai bisnis tidak sempurna, setidaknya anda mempunyai plan untuk berlangsungnya bisnis. Membuat plan bisnis dapat di lakukan mulai dari meriset produk dan kompetitor. Tidak hanya itu anda juga perlu menentukan target pasar yang akan anda tuju.

 

2.Lamanya launching produk

Launching produk merupakan peluncuran produk baru yang di lakukan oleh sebuah perusahaan yang bertujuan untuk memperkenalkan produk yang baru di keluarkan. Namun terkadang terdapat perusahaan yang menyepelekan hal tersebut. Padahal hal ini sangat berpengaruh terhadap keberadaan konsumen. Produk yang terlalu lama di keluarkan akan membuat konsumen jenuh dan bahkan fatalnya konsumen akan hilang kepercayaan kepada sebuah perusahaan.

 

Perusahaan akan dianggap tidak profesional oleh konsumen ketika perusahaan terlalu lama untuk mengeluarkan produk barunya tersebut. Konsumen akan merasa kecewa karena produk yang di nantinya tidak kunjung keluar.

 

Perusahaan harus disiplin dalam melakukan pengeluaran produk dan mengelola timeline kerja. Hal ini dapat berdampak bagi perusahaan, bisa saja ide produk yang ingin anda pasarkan di dahului oleh kompetitor anda.

 

3.Mengabaikan hubungan dengan konsumen

Sebagai seorang pelaku bisnis online tentunya anda tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Ada pepatah yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja, oleh karena itu sebagai pelaku bisnis  anda perlu memberikan pelayanan terbaik dengan konsumen.

 

Pelayanan yang baik sangat berpengaruh dengan kepuasan konsumen. Perusahaan perlu menjadin hubungan yang baik dengan konsumen untuk menarik simpati konsumen agar membeli atau menggunakan produk yang telah anda pasarkan secara online.

 

Para komsumen merupakan aset yang sangat berharga dalam setiap proses jual beli. Konsumen adalah ujung tombak dari proses memasarkan produk dengan cara mulut ke mulut. Maka dari itu sebagai seorang pebisnis anda tidak boleh untuk mengabaikan hubungan dengan konsumen. Membangun hubungan yang baik misalnya saja dengan memberi diskon, vocher dan juga bantuan jika mereka merasa kesulitan ketika menggunakan produk.

 

4.Tidak fast respon

Dengan adanya perkembangan teknologi yang ada, memanfaatkan teknologi untuk di jadikan media berjualan untuk mempermudah berhubungan dengan konsumen. Terkadang pertanyaan-pertanyaan akan muncul di berikan kepada pelaku bisnis oleh para konsumen.

 

Sebagai pelaku usaha anda harus siap 24 jam untuk menanggung orderan dan pertanyaan yang datang dari konsumen. Perlu anda ketahui bahwa tidak semua orang memiliki waktu luang, maka dari itu sangat dianjurkan para pelaku usaha untuk segera merespon konsumen. Biasanya konsumen akan melakukan belanja secara online pada saat jam-jam tertentu seperti istirahat, makan siang atau ketika mereka telah selesai melakukan aktivitas mereka.

 

Para pelaku bisnis online harus bijak dalam mengatur waktu respon agar konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama dan konsumen tidak berpaling ke produk lain. Biasanya ketika bisnis baru mulai di bangun akan merespon konsumen dengan cepat. Namun seiring berjalannya waktu biasanya mereka akan mengabaikan jika ada konsumen yang bertanya. Oleh karena itu sangat dianjurkan setiap perusahaan menyediakan khusus untuk melayani konsumen atau bisa disebut dengan customer service.

 

5.Tidak meiliki social media

Sebagai bisnis online tentunya sangat memerlukan adanya social media untuk di jadikan sebagai tempat untuk melakukan promosi. Namun terkadang social media yang di miliki tidak di kelola dengan baik dan benar. Hal ini bisa saja menjadi kesalahan yang paling fatal, sebab sering diabaikan begitu saja dan menganggap hal ini adalah hal yang biasa.

 

Mengelola social media marketing sebenarnya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, sudah banyak perusahaan yang menggunakan social media untuk mendukung bisnis mereka.

 

Para pelaku bisnis online kerap kali mengabaikan hal-hal di atas. Mereka cenderung meremehkan hal mereka anggap kecil namun nyatanya sangat berpengaruh bagi bisnis yang mereka jalankan. Mulai saat ini anda perlu memperhatikan hal di atas agar bisnis anda terhindar dari kerugian yang mungkin akan menimpa bisnis anda.

Telah banyak pelatihan untuk menjadi seorang digital marketer yang profesional, salah satunya adalah Akademi Kombas. Menyediakan pelatihan yang sangat berguna untuk bisnis yang anda jalankan tentunya.

Segera gabung dan ikuti pelatihan bersama Akademi Kombas

Telp/WA : https://wa.me/628112829002

Instagram : @akademikombas