JENIS SOCIAL MEDIA MARKETING
Jenis jenis social media marketing – Social media marketing merupakan strategi memasarkan produk yang kini sudah banyak di pakai. Sebab media social bagi semua kalangan telah di jadikan tempat untuk berbagai kondisi. Mulai dari senang,sedih atau bahkan juga bisa dijadikan sebagai ladang mencari cuan. Terdapat berbagai macam jenis-jenis social media marketing yang dapat anda gunakan.
Social media marketing adalah salah cara memasarkan produk melalui media social dengan mengandalkan aplikasi pendukung serta dibantu dengan jaringan internet. Social media marketing memiliki berbagaia jenis.
Berikut ini jenis jenis media social media marketing :
-
Instagram
Instagram merupakan salah satu aplikasi yang biasanya di gunakan untuk melakukan proses jual beli. Instagram ini biasanya di sebut dengan Instagram marketing, di mana nantinya para pelaku usaha akan melakukan beberapa hal seperti memeperkenalkan produk, mempromosikan produk, bahkan hingga melakukan komunikasi dengan konsumen mereka.
Dalam menggunakan Instagram marketing dapat menggunakan berbagai macam strategi dan teknik pemasaran yang di gunakan untuk membangun bisnis. Ini dapat di lakukan dengan cara :
-
mengoptimasi profil
Mengoptimasi profil bagi seorang pengguna baru sangat perlu di lakukan, hal ini di krenakan profil adalah hal pertama yang akan di lihat oleh orang-orang. Mengoptimasi Instagram dapat di lakukan mulai dari memeberi username sesuai dengan bisnis yang di jalani, mengisi bio Instagram dengan jelas, mencantumkan contact person, mencantumkan alamat jan menyisipkan link tambahan yang biasanya berisi menegnai produk yang di pasarkan misalnya linktree atau bisa juga link untuk order yang dapat di akses oleh orang yang mengunjungi profil.
-
Mengikuti trend
Trend yang di miliki oleh setiap aplikasi sering kali tidak sama. Antara aplikasi satu dengan yang lain pastinya memiliki trend yang bisa untuk di ikuti. Oleh karena itu, sebagai pengguna harus mengetahui trend apa yang sedang ramai di ikuti. Hal itu dapat di manfaatkan sebagai media promosi yang mana nantinya di harapkan para konsumen akan melakukan tindakan.
-
Menambahkan hastag
Menambahkan hastag merupakan salah satu hal yang tidak boleh di lewatkan ketika hendak memposting sesuatu. Hashtag di awali dengan menggunakan simbol #. Dengan menambahkan hashtag konten yang sudah di posting konten tersebut akan terhubung dengan mudah ke playlist lain yang memakai hashtag tersebut dan juga dapat mempermudah pencarian terkait dengan melalui penelusuran.
-
Facebook
Zaman dahulu Facebook hanya di gunakan untuk memposting foto-foto random bahkan terkadang tidak bermanfaat. Yang biasa menggunakan aplikasi ini adalah para orang tua saja. Namun seiring berkembangnya zaman Facebook sudah dapat di gunakan untuk melakukan proses jual beli. Facebook ini biasa di sebut dengan Facebook Marketplace, merupakan fitur e-comemerce yang kini ada di aplikasi facebook dan sudah dapat di gunakan. Para pengguna facebook dapat menjual barang dengan kategori tertentu. Mereka juga dapat melakukan proses jual beli secara langsung pada aplikasi. Selain itu antara pelaku usaha dengan konsumen dapat melakukan komunikasi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur lokasi yang mana memudahkan bagi pengguna untuk mencari produk yang ada di daerah terdekat mereka.
-
Twitter (X)
Twitter atau sekarang berganti nama menjadi X. Belum banyak yang mengetahui jika aplikasi ini dapat di gunakan untuk memasarkan barang. Bahkan kebanyakan orang belum lancar menggunakan aplikasi satu ini. Hal ini di karenakan perbedaan yang ada pada aplikasi ini. Namun perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk di jadikan sebagai media memasarkan produk. Ketika menggunakan aplikasi X sebenarnya strategi yang di gunakan hampir sama dengan social media lainnya. Manfaat X untuk bisnis :
- Membantu brand anda menjangkau konsumen lebih luas
- Aplikasi ini nyaman di gunakan untuk berinteraksi dengan konsumen
- Dapat digunakan untuk membangun komunitas
- Bisnis dapat selalu mengikuti perkembangan
Terdapat tantangan ketika menggunakan aplikasi ini untuk media memasarkan produk. Hal ini yang menjadikan banyak pebinis yang gagal untuk membangun bisnis dengan menggunakan aplikasi ini. Tantangan ini dapat berupa tidak berjalannya bisnis yang sudah dibangun dan bisnis tersebut tidak berjalan dengan baik.
-
Yotube
Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan YouTube, dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia pun sekarang dapat menggunakan aplikasi ini. Biasanya YouTube digunakan untuk menonton berbagai macam video, diantaranya adalah video animasi, video edukasi, video vlog para YouTuber bahkan yotube terkadang juga bisa untuk menonton film mulai dari film pendek dan juga panjang.
Saat ini YouTube dapat di gunakan sebagai media untuk memasarkan produk atau biasa di sebut dengan YouTube marketing. YouTube marketing merupakan cara memasarkan produk dengan mengandalkan video sebagai cara untuk promosi.
-
Tiktok
Selain dapat di gunakan untuk membuat video yang sedang trend, TikTok juga dapat di gunakan untuk memasarkan produk. Saat ini juga terdapat TikTok Shop, fitur baru yang dapat di gunakan untuk berjualan. Sudah banyak konsumen yang menggunakn aplikasi ini untuk berbelanja.
Sudah banyak jenis aplikasi yang dapat di gunakan dan dapat di manfaatkan untuk proses promosi jualan. Namun banyak orang yang kurang tahu tentang bagaimana cara menggunakan media social marketing yang tepat. Hal tersebut perlu di latih agar dapat menambah pengetahuan mengenai social media marketing.
Mau tahu gimana caranya? Yuk gabung dan ikuti pelatihan di Akademi Kombas!!!
Tepl/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas