JENIS CHANNEL MARKETING
Jenis channel marketing – Pada dunia digital marketing terdapat istilah channel marketing atau sering disebut dengan saluran pemasaran. Dalam era digital sekarang ini yang semakin berkembang, channel marketing merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi bisnis. Sebab hal ini untuk mempertahankan bisnis serta memperluas jangkauan pasar. Anda juga perlu untuk mengikuti perkembangan zaman di tengah persaingan yang semakin ketat.
Jenis channel marketing
Setiap produk yang akan di jual, tentu saja membutuhkan sistem pemasaran yang berbeda-beda. Strategi marekting perlu di sesuaikan dengan target serta kebutuhan agar efektif meraup lebih banyak konsumen. Termasuk dengan jenis channel marekting dari produk.
1.Direct Selling
Direct selling merupakan distributation channel marketing secara langsung. Dalam hal ini memiliki arti bahwa pendistribusian barang di lakukan secara langsung kepada konsumen tanpa melalui perantara terlebih dahulu. dengan menggunakan metode seperti ini, maka akan mendatangkan profit yang tinggi.
Jadi pada jenis ini apabila produk siap untuk di lempar ke pasaran, maka pihak penyedia akan segera menghubungi konsumen tetap atau pelanggan. Direct selling memiliki sistem yang praktis dan simpel. Namun perlu adanya brand awareness yang tinggi agar lebih banyak pelanggan tetap serta proses penjual yang di lakukan lancar.
2.Reseller
Reseller merupakan jenis channel marketing yang saat ini tengah populer. Jenis channel ini mulai di kenal sejak saat digitalisasi ekonomi meningkat pesat. Sistem kerja seorang reseller adalah dengan mengambil barang dari seorang produsen kemudian mereka akan menjualnya lagi dengan harga yang berbeda. Biasanya reselller akan mengambil barang dengan jumlah yang banyak sekaligus. Hal ini di sebabkan ketika melakukan pembelian mereka akan mendapatkan diskon khusus.
Selain itu reseller juga ada yang menjual produk dengan brand yang sama maupun menjual kembali produk tersebut dengan menggunakan brand milik sendiri. hal ini tergantung dengan proses kerjasamanya. Peran channel marketing dalam sistem ini tidak hanya menjual produk dan mendapatkan laba saja, namun juga untuk mengedukasi konsumen terhadap produk tersebut. Terdapat pula yang melakukan pengemasan ulang serta mengatasi permasalahan konsumen mengenai produk secara mandiri.
3.Konsultan
Jenis chanel marketing selanjutnya adalah konsultan. Sebagai konsultan pada umumnya bekerja secara langsung dengan konsumen dari suatu bisnis. Peran dari konsultan adalah memberikan pendapat, opini, nasehat bahkan hingga solusi yang di hadapi oleh seorang konsumen. Dengan adanya konsultan akan memberikan kemudahan kepada konsumen untuk menggunakan produk serta layanan dengan lebih optimal.
Selain itu seorang konsultan akan melakukan promosi secara efisien dan efektif terhadap para konsumen. Dengan melakukan promosi yang baik maka kan membuat konsumen semakin betah serta tidak akan berpaling kepada produsen lain. Promosi yang efektif dan pada jangka waktu tertentu secara rutin dapat diadakan event terkait dengan brand. Hal ini bertujuan untuk menambah konsumen baru.
4.Afiliasi
Contoh dari pemasaran yang tidak kalah populer saat ini adalah afiliasi. Afiliasi adalah sebuah strategi saluran pemasaran yang banyak di terapkan dalam sbeuah bisnis online. Inovasi pada dunia marketing dengan adanya afiliasi biasanya dilakukan oleh seorang influencer maupun para selebgram. Namun saat ini semakin berkembang sehingga banyak orang yang aktif bermedia social dapat bergabung dalam berbagai macam afiliasi brand.
Sistem afiliasi dengan cara memberikan tautan pada sebuah postingan akun social media sehingga apabila terdapat klik dan bergabung menjadi seorang afiliator ada komisi dari sebuah perusahaan. Biasanya terdapat target yang harus untuk terlampaui agar komisi optimal dengan di tambah berbagai bonus yang menggiurkan.
5.Display advertising
Display advertising merupakan salah satu contoh channel marketing yang banyak menarik minat para konsumen. Dalam display advertising iklan produk di buat dengan cara digital serta di pasang untuk konten yang di posting ke aplikasi, website, email dan lain sebagainya.
Dalam jenis channel marketing ini membutuhkan kreativitas yang cukup tinggi agar dapat menghasilkan iklan yang bagus, unik dan keren agar orang yang melihat iklan tersebut dapat tertarik. Display advertising biasanya berupa video, animasi, audio dan dapat berupa foto. Apabila muncul iklan yang anda buat dan ada yang klik, maka iklan di anggap berhasil untuk menarik lebih banyak konsumen.
6.Social media marketing
Promosi bisnis dengan melalui social media saat ini sudah tidak asing lagi dan perkembangannya juga sangat signifikan. Baik dengan melalui Facebook, Instagram, Twitter bahkan hingga aplikasi yang biasa untuk marekting yaitu TikTok. Sebuah bisnis tanpa melakukan promosi melalui social media tentu saja sangat kurang.
Namun untuk membentuk suatu branding terhadap brand dengan melalui social media membutuhkan konten yang berkualitas sehingga dapat menarik konsumen. Untuk membuat sebuah konten yang bagus, ada kalanya seorang pelaku bisnis bekerjasama dengan jasa layanan social media. dengan begitu hasil konten akan semakin baik dan dapat menarik lebih banyak konsumen untuk meningkatkan penjualan.
Anda perlu untuk memahami jenis channel marketing anda. Hal ini dapat mendong agar bisnis yang anda jalani semakin berkembang. Anda juga dapat mengikuti pelatihan digital marketing bersama Akademi Kombas. Apabila anda membutuhkan narasumber digital marketing anda juga dapat menghubungi kami.
Telp/WA : https://wa.me/628112829002
Instagram : @akademikombas