Artikel

Ini Dia Skill Yang Dibutuhkan Oleh IT Support!

Ini Dia Skill Yang Dibutuhkan Oleh IT Support!
Ini Dia Skill Yang Dibutuhkan Oleh IT Support!

Ini Dia Skill Yang Dibutuhkan Oleh IT Support!-Ada beberapa hal yang dibutuhkan oleh seorang IT Support. 

Information Technology atau yang biasa disingkat dengan IT menjadi hal yang penting dan pastinya sudah tidak asing lagi untuk didengar saat ini. Di era digital yang teknologinya semakin berkembang pesat, IT menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kelancaran dalam komunikasi melalui platform digital, selain itu IT juga memberikan keamanan yang lebih dari teknologi lainnya.

Saat ini banyak bahaya mengancam, salah satunya yaitu meningkatnya ancaman siber, pencurian data pada platform digital, dan lainnya. Maka dari itu, dengan menggunakan teknologi ini, data-data akan lebih aman dan tidak mudah bocor, karena tingkat keamanannya lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi lainnya.

Adanya IT juga memberikan profesi serta karir sebagai IT support, untuk memahami lebih dalam lagi tentang IT support, yuk simak artikel ini sampai akhir!

Apa itu IT Support?

IT support adalah orang yang memiliki tanggung jawab atas berjalannya komunikasi dengan menggunakan berbagai platform, serta berbagai macam kegunaannya seperti untuk menjalankan bisnis, mempromosikan produk, atau lainnya. IT support merupakan orang yang juga memiliki tugas untuk memelihara serta melakukan perbaikan dan perawatan dari software ataupun hardware yang dimiliki suatu perusahaan. 

Seorang IT support juga harus berani bertanya tentang masalah yang ada pada teknologi tersebut, serta harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah. Sehingga IT support juga harus memiliki cara tersendiri serta ide-ide untuk memecahkan masalah dengan baik dan benar. 

Selain itu, IT support juga bertugas sebagai penginstal jaringan, melatih orang lain agar bisa menggunakan teknologi tersebut, serta memantau kinerja komputer atau teknologi lainnya yang digunakan. Maka dari itu, tanggung jawab seorang IT support memang sangat banyak, sehingga mereka juga harus memiliki kemampuan dan skill seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Skill yang harus dimiliki oleh IT support.

  1. Memecahkan masalahIT support harus memiliki cara dan strategi untuk memecahkan masalah dengan baik dan tepat. Sehingga para IT support harus memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah atau yang disebut dengan problem solving, kemampuan ini bisa digunakan sebagai pemecah masalah, mengidentifikasi akar masalah, serta memberikan solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  2. Komunikasi.

    Sesuai dengan profesinya, pastinya IT support harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara baik dan benar, selain itu mereka juga harus bisa menyampaikan suatu hal dengan jelas. Agar mereka bisa menyampaikan masalah serta pendapat atau solusi yang diberikan akan lebih mudah untuk dipahami oleh orang lain atau klien. 

  3. Pengetahuan tentang sistem operasi.

    IT support harus memiliki pemahaman mendalam terkait dengan dasar-dasar sistem operasi. Serta mereka juga harus memahami tentang prinsip-prinsip jaringan yang biasanya digunakan untuk melakukan pekerjaan.

  4. Memanajemen waktu.

    Setiap pekerja memang sudah seharusnya bisa memanajemen waktu, karena dengan ini para pekerja akan bisa lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaannya secara tepat waktu dan akan memberikan hasil yang paling maksimal. Seorang IT support juga seringkali mendapatkan tugas yang tidak hanya satu, tetapi lebih dari satu, sehingga mereka harus bisa memanajemen waktu agar semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik dan mereka juga bisa mengatur prioritas yang paling penting.

  5. Pemahaman tentang perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

    Seorang IT support memang seharusnya memiliki pemahaman lebih tentang penggunaan perangkat lunak atau software. Selain itu pekerja juga harus memahami tentang penggunaan perangkat keras atau yang biasa disebut dengan hardware. 

    Karena mereka akan memperbaiki ataupun menyelesaikan masalah yang terdapat pada beberapa perangkat tersebut, sehingga setiap IT support harus memiliki pemahaman terkait software dan hardware. Apabila pekerja memiliki pemahaman yang lebih, maka pekerjaan akan lebih cepat selesai sehingga tidak membuang-buang waktu.

Itulah skill yang harus dimiliki oleh IT support, karena skill yang sangat beragam dan tidak hanya satu, maka untuk menjadi IT support harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang teknologi serta perangkat ataupun jaringan-jaringan. Maka dari itu, untuk bekerja sebagai IT support, kamu harus bisa memahami beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas tadi, untuk mempelajari dan memahaminya, kamu bisa mengikuti pelatihan.

Pelatihan IT support. 

Kamu bisa mengikuti pelatihan khusus untuk mempelajari IT di salah satu tempat pelatihan yaitu PT. Kombas Digital Internasional. Disini para peserta akan mempelajari berbagai materi yang berkaitan dengan IT, dan para peserta juga akan dibimbing untuk memahami materi serta praktek dari awal sampai akhir. 

Materi yang akan disampaikan juga bisa disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan dari masing-masing peserta, sehingga para peserta yang belum paham sama sekali akan dibimbing untuk belajar memahami dari nol sampai benar-benar bisa dan paham. 

Untuk kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang tempat pelatihan dan program pelatihan IT support, kamu bisa langsung saja cek Instagram dan website PT. Kombas Digital Internasional melalui link yang ada di bawah ini : 

https://www.instagram.com/kombasdigitalinternasional/ 

https://akademikombas.co.id/ .

Atau kamu juga bisa menghubungi nomor telepon CS yang ada di bawah ini :

http://wa.me//+628112829002/.co.id .