Artikel

Ini Dia Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli!

Ini Dia Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli!-Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang sedang diminati banyak orang saat ini.

Digital marketing pada saat ini sangat penting dan paling dibutuhkan, karena dapat memudahkan masyarakat untuk membeli barang yang mereka butuhkan dan mereka inginkan. Dengan adanya digital marketing, maka masyarakat yang menjadi pembeli atau konsumen tidak perlu lagi keluar rumah dan bepergian untuk membeli barang.

Dengan digital marketing ini, apapun yang diinginkan bisa dibeli lewat platform digital yang merupakan marketplace. Maka dari itu, pembeli atau konsumen tidak perlu kemana-mana karena saat ini bisa memesan apapun yang diinginkan dengan alat digital seperti handphone atau alat lainnya.

Pengertian Digital Marketing.

Pengertian digital marketing sendiri yaitu strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi digital. Teknologi digital ini dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang dijual. 

Dengan teknologi digital, penjual dapat mempromosikan barangnya secara efektif, karena dengan teknologi digital, promosi produk akan bisa lebih luas lagi. Bahkan sampai ke luar negeri, maka dari itu digital marketing memungkinkan pemasar atau penjual untuk menjangkau audiens yang spesifik berdasarkan data dan perilaku mereka yang sebelumnya sudah dianalisis.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli.

Pada dunia yang serba digital ini, digital marketing membawa banyak perubahan serta pengaruh untuk masyarakat. Banyak ahli di bidang teknologi dan pemasaran memberikan definisi tentang digital marketing menurut mereka sendiri.

Berikut ini merupakan definisi atau pengertian digital marketing menurut para ahli : 

  1. Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009).

    Menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan, digital marketing adalah rangkaian proses pemasaran yang menggunakan beberapa media, seperti situs website, blog, email, surat digital, serta beberapa media digital lainnya.

  2. Brian Solis.

    Menurut Brian Solis, digital marketing merupakan cara terbaru yang dilakukan pelanggan dengan penjual, dimana orang tersebut sudah terbiasa menggunakan teknologi digital. Seperti pandangan dari definisi Brian Solis, bahwa masyarakat perlu mengembangkan serta memahami teknologi digital seperti yang banyak digunakan pada saat ini, agar nantinya kita bisa dan sudah terbiasa untuk menggunakan teknologi digital tersebut.

  3. Kathryn Aragon.

    Menurut Kathryn Aragon sendiri, digital marketing merupakan penggunaan teknologi digital yang dimanfaatkan untuk mempromosikan merek atau produk, menjangkau pelanggan, serta meningkatkan penjualan. 

  4. Philip Kotler.

    Menurut Philip Kotler, digital marketing atau pemasaran digital merupakan pemasaran digital yang dilakukan melalui teknologi digital seperti smartphone, komputer, laptop, ataU teknologi digital lainnya. Teknologi digital ini nantinya digunakan untuk komunikasi antara pelanggan dan penjual.

  5. Neil Patel.

    Sedangkan menurut Neil Patel, digital marketing merupakan cakupan dari semua proses dan upaya dalam pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet. Menurutnya digital marketing ini bertujuan untuk menarik para konsumen dan membangun loyalitas konsumen.

  6. Dave Chaffey.

    Menurut Dave Chaffey, digital marketing merupakan pencapaian tujuan pemasaran yang prosesnya dilakukan dengan teknologi digital. Teknologi digital ini merupakan alat yang membantu para digital marketer untuk mencapai tujuannya.

  7. Sánchez-Franco et al.

    Menurut Sánchez-Franco et al, digital marketing merupakan evolusi atau perkembangan di era pemasaran. Karena saat ini, teknologi digital digunakan dan dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pemasaran. 

    Pemasaran yang dilakukan dengan teknologi digital dengan memanfaatkan berbagai saluran digital seperti website, media sosial, email, dan lainnya yang berbasis data.

  8. Michael Brenner.

    Menurut beliau, digital marketing merupakan strategi serta taktik yang digunakan untuk mempromosikan produk melalui digital. Dengan memanfaatkan beberapa media sosial dan platform digital lainnya.

  9. Ann Handley.

    Menurut Ann Handley, digital marketing adalah cara beradaptasi dengan konsumen, dan berinteraksi dengan konsumen untuk mempromosikan produk atau merek. Hal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan konsumen dan harapan para konsumen.

  10. Kaufman dan Horton.

    Menurut Kaufman dan Horton, digital marketing yaitu penggunaan media digital serta teknologi yang berbasis digital untuk membantu perusahaan atau sebuah organisasi dalam mencapai tujuan pemasaran yang ingin dituju, dengan memasuki pasar yang lebih efektif yaitu pasar yang berbasis digitalisasi.

    Itulah beberapa pengertian digital marketing yang berbeda-beda sesuai pemikiran dan pemahaman para ahli. Digital marketing pastinya memiliki arti yang berbeda dari setiap orangnya, tetapi inti dari pengertian tersebut pastinya sama yaitu proses pemasaran yang menggunakan teknologi digital yang mengadaptasi dari perubahan yang ada pada saat ini. 

    Salah satu perubahan serta perkembangan zaman yang ada pada saat ini yaitu berubah dan berkembangnya digitalisasi di dunia ini. Yang saat ini diadaptasi untuk proses pemasaran yang saat ini berbasis digital.

    Untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba digital, anda bisa menjadi digital marketer yang merupakan orang yang bekerja di bidang pemasaran digital atau digital marketing. Untuk menjadi digital marketer yang berpengalaman dan nantinya bisa berhasil membangun usaha, anda bisa mengikuti pelatihan digital marketing.

    Untuk pelatihan digital marketing, anda bisa mengikuti pelatihan digital marketing di PT. Kombas Digital Internasional dengan langsung saja hubungi nomor ini http://wa.me//+628112829002/.co.id untuk melakukan pendaftaran. Atau bisa juga cek informasi pelatihan serta pendaftaran di Instagram ini https://www.instagram.com/kombasdigitalinternasional/ .