Ini Dia Beberapa Hal Penting Yang Perlu Diketahui Tentang Facebook Ads!
Ini Dia Beberapa Hal Penting Yang Perlu Diketahui Tentang Facebook Ads!-Facebook Ads merupakan salah satu platform digital yang bisa digunakan untuk melakukan pengiklanan produk.
Apa itu Facebook Ads?
Facebook Ads merupakan platform digital milik Meta yang diciptakan khusus untuk mengiklankan produk dengan targeting yang bisa disesuaikan dengan target audiens atau target pasar dari pelaku usaha. Facebook Ads ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha, platform ini banyak digunakan memiliki beberapa keunggulan seperti ada fitur yang disediakan untuk menargetkan audiens secara spesifik.
Memasang iklan di Facebook Ads juga terbilang sangat terjangkau harganya daripada menggunakan platform lainnya, sehingga Facebook Ads merupakan salah satu platform yang banyak digunakan untuk mengiklankan produk. Dengan menggunakan platform ini, para pelaku usaha juga akan mendapatkan beberapa manfaat yang pastinya sangat berkaitan dengan penjualan.
Manfaat tersebut meliputi meningkatkan kesadaran merek, sehingga mendorong penjualan dan mendapatkan banyak pelanggan. Agar mendapatkan manfaat tersebut, anda harus bisa menggunakan Facebook Ads dengan baik.
Sebelum menggunakannya ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui.
Hal penting tentang Facebook Ads.
Ini dia beberapa hal penting yang harus anda ketahui tentang Facebook Ads :
-
Targeting.
Seperti yang sudah dibahas di atas tadi, Facebook Ads memiliki fitur targeting yang bisa sangat membantu para pelaku usaha dalam mengiklankan produknya. Fitur targeting ini bisa digunakan untuk menargetkan iklan agar dilihat oleh para audiens secara tepat sasaran serta sesuai dengan produk yang anda promosikan.
Sehingga nantinya hanya orang-orang dengan spesifikasi tertentu yang melihat iklan anda. Targeting audiens ini bisa diatur sesuai dengan berbagai kriteria seperti kebiasaan, perilaku konsumen, kebutuhan konsumen, minat, lokasi, dan lainnya.
-
Jenis iklan.
Facebook Ads menawarkan beberapa jenis iklan yang bisa membantu anda sebagai pelaku usaha untuk menyesuaikan jenis iklan dengan produk yang anda tawarkan. Dengan menggunakan platform ini, nantinya anda bisa memilih jenis iklan seperti yang ada di bawah ini :
Foto/video :
Iklan foto/video ini bisa lebih menarik para audiens, karena dengan adanya gambar atau video yang ditampilkan, maka iklan tersebut akan lebih jelas. Sehingga para audiens memahami pesan yang disampaikan serta produk apa yang dipromosikan, maka dari itu jenis iklan ini bisa lebih menarik perhatian para audiens.
Untuk membuat iklan dalam bentuk foto/video, anda harus membuatnya dengan kualitas yang baik karena kualitas juga merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi jelas atau tidaknya iklan produk tersebut, serta berkaitan dengan ketertarikan para audiens. Apabila iklan yang berbentuk foto/video memiliki kualitas yang tinggi, maka para audiens juga akan lebih tertarik untuk melihatnya bahkan untuk membeli produk tersebut.
Carousel :
Iklan ini bisa lebih menarik perhatian audiens, karena iklan carousel ini merupakan gabungan dari 2 jenis iklan yaitu iklan dalam bentuk foto dan video. Nantinya beberapa foto atau video yang ditampilkan akan bergerak secara bergulir, tetapi setiap elemen merupakan iklan yang berbeda dengan produk yang berbeda juga.
Apabila anda ingin melihat produk dalam iklan tersebut, anda bisa langsung saja klik salah satu elemen iklan yang ingin anda lihat.
Collections :
Untuk iklan dalam bentuk collections ini merupakan iklan yang nantinya menampilkan satu gambar atau satu video utama, nantinya ada beberapa jenis produk yang bisa digulir oleh audiens.
Cerita :
Iklan cerita ini menampilkan beberapa elemen seperti teks, gambar atau video produk. Nantinya cerita akan ditulis di bagian atas, lalu gambar atau video akan berada dibawah teks cerita.
-
Alat pengukuran.
Facebook Ads juga menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja kampanye atau iklan yang anda buat. Dengan memantau iklan tersebut, maka anda bisa mengoptimalkan kinerja iklan dan bisa merevisi kesalahan atau kekurangan dalam iklan tersebut.
-
Ditampilkan di beberapa platform.
Iklan dengan menggunakan Facebook Ads bisa menjangkau lebih banyak audiens serta penyebarannya bisa lebih luas. Hal ini dikarenakan iklan pada Facebook Ads tidak hanya akan ditampilkan di Facebook saja, tetapi akan ditampilkan di beberapa platform digital lainnya seperti Instagram, Messenger, Audience Network.
Maka dari itu, dengan menggunakan Facebook Ads maka pengiklanan atau kampanye yang dilakukan bisa efektif dan maksimal.
-
Fleksibilitas anggaran.
Anggaran yang akan anda keluarkan bisa disesuaikan dengan budget anda. Karena dengan mengiklankan menggunakan Facebook Ads, maka anda bisa memilih anggaran harian atau total, hal ini juga bisa menjadi salah satu upaya dalam mengoptimalkan kampanye.
Itulah beberapa hal penting yang harus anda ketahui sebelum menggunakan Facebook Ads. Seiring perkembangan zaman, memang sudah banyak pelaku usaha yang memanfaatkan platform digital atau media sosial untuk melakukan pengiklanan, salah satunya Facebook seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.
Untuk mengiklankan produk atau jasa dengan platform digital, maka para pelaku usaha harus bisa menguasai atau serta memahami penggunaan platform tersebut. Untuk anda yang belum memahami cara penggunaan Facebook Ads atau platform digital lainnya yang bisa digunakan untuk beriklan, anda bisa mengikuti pelatihan digital marketing.
Salah satu tempat pelatihan yang menyediakan layanan untuk pelatihan digital marketing yaitu PT. Kombas Digital Internasional. Disini nantinya anda bisa memilih pelatihan salah satu platform digital tersebut atau memilih pelatihan digital marketing yang nantinya mencakup pelatihan beberapa platform digital.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai PT. Kombas Digital Internasional, anda bisa langsung saja cek Instagram atau website melalui link dibawah ini :