Artikel

Ingin Mempertahankan Standar Pelayanan Pelanggan? Yuk Cari Tahu!

Ingin Mempertahankan Standar Pelayanan Pelanggan? Yuk Cari Tahu!
Ingin Mempertahankan Standar Pelayanan Pelanggan? Yuk Cari Tahu!

Ingin Mempertahankan Standar Pelayanan Pelanggan? Yuk Cari Tahu!–Dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, maka semakin banyak juga pesaing. 

Dunia bisnis saat ini semakin berkembang dan semakin ketat persaingannya,, maka dari itu setiap pebisnis harus memiliki keunggulan tersendiri. Keunggulan bisa berasal dari mana saja dan dengan berbagai hal. 

Salah satunya yaitu dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan, hal ini biasa disebut dengan service excellent. Dengan adanya pelayanan yang baik maka bisa menjadi upaya untuk meningkatkan kepuasan para pelanggan dan bisa meningkatkan reputasi bisnis.

Mengapa standar pelayanan pelanggan penting dalam bisnis? 

Pelayanan pelanggan sangat penting dalam suatu bisnis, maka dari itu pebisnis harus bisa memperhatikan standar pelayanan pelanggan, bahkan meningkatkan pelayanan untuk pelanggan. Karena hal ini sangat penting dan berkaitan dengan pelanggan serta bisnis yang dibangun. 

Standar pelayanan pelanggan pastinya sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, apabila pelanggan mendapatkan pengalaman pelayanan yang baik, maka mereka juga akan merasa senang dan puas. Pelanggan juga akan lebih merasa dihargai, sehingga dengan ini bisa juga menjadi upaya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

Loyalitas pelanggan tidak hanya dilihat dari seberapa sering pelanggan tersebut membeli produk dari kita, tetapi juga dilihat dari mereka yang membantu mempromosikan serta merekomendasikan produk kepada orang lain. Atau pelanggan juga bisa menginformasikan kepada orang lain terkait pelayanan yang diberikan dari suatu usaha.

Hal ini bisa menjadi upaya dalam meningkatkan reputasi atau nama baik perusahaan, pelayanan yang baik akan bisa meningkatkan reputasi baik dan meningkatkan citra perusahaan sehingga bisa menarik lebih banyak lagi pelanggan.

Langkah mempertahankan standar pelayanan pelanggan.

Untuk mempertahankan standar pelayanan pelanggan yang baik dan benar maka bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengukur standar layanan untuk pelanggan, dengan ini maka kamu bisa menetapkan hal-hal yang harus dilakukan agar bisa melayani pelanggan dengan baik. Kamu juga  bisa melakukan pengumpulan umpan balik yang diberikan pelanggan, hal ini bisa menjadi informasi berharga terkait kekurangan, berjalan baik tidaknya pelayanan yang sudah ditetapkan, dan informasi lainnya terkait pelayanan untuk pelanggan. 

Untuk mengumpulkan umpan balik atau saran dari pelanggan, kamu bisa melakukan survei, mewawancarai pelanggan atau dengan mengadakan suatu diskusi dengan pelanggan secara langsung ataupun melalui media sosial. Apabila sudah dikumpulkan, maka kamu bisa memberikan tanggapan terhadap kekurangan yang dikeluhkan pelanggan dengan memperbaiki kekurangan dan meningkatkan pelayanan secara langsung ataupun dengan memanfaatkan berbagai media seperti media sosial. 

Selain itu, bisa juga dengan cara melatih karyawan atau orang yang bertugas sebagai Customer Service (CS) atau yang bisa disebut dengan orang yang memiliki tugas untuk melayani pelanggan. Dengan pelatihan, maka mereka akan lebih memahami cara-cara untuk melayani pelanggan sebaik mungkin.

Kamu juga bisa mengikuti program pelatihan agar bisa meningkatkan pemahaman terkait standar pelayanan pelanggan, kamu bisa mengikuti pelatihan service excellent yang berkaitan dengan pelayanan pelanggan.

Apa itu pelatihan service excellent?

Pelatihan service excellent merupakan program yang dirancang khusus untuk kamu yang ingin belajar terkait pelayanan pelanggan serta cara-cara untuk meningkatkan kualitas dari  pelayanan pelanggan. Program ini juga memiliki tujuan tersendiri yaitu melatih para peserta agar bisa mengembangkan dan meningkatkan pemahaman terkait pelayanan terhadap pelanggan dengan baik. 

Peserta juga bisa meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif dengan orang lain atau pelanggan, serta bisa belajar terkait pemecahan masalah yang dihadapi oleh para pelanggan. Peserta juga akan belajar berempati dengan orang lain atau dengan pelanggan, sehingga diharapkan peserta nantinya bisa membantu pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya atau keinginannya dan ikut merasakan hal yang dialami oleh pelanggan.

Sehingga peserta diharapkan nantinya bisa membantu dan memberikan solusi dengan baik serta dengan pelayanan yang baik. 

Pada pelatihan ini, para peserta akan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pelayanan pelanggan seperti dasar-dasar dari pelayanan pelanggan, teknik komunikasi yang efektif, penanganan keluhan, dan lainnya. Para peserta nantinya akan dibimbing oleh mentor  yang memiliki pengalaman di bidang service excellent, sehingga harapannya para peserta bisa lebih mudah untuk belajar dan memahami materi yang diberikan oleh pelatih atau yang disebut mentor.

Untuk kamu yang ingin mengikuti pelatihan service excellent, kamu bisa mengikuti program ini di Kombas Digital Internasional yang merupakan tempat pelatihan dengan berbagai macam program pelatihan dan program lain. Untuk mengikuti pelatihan ini, kamu bisa langsung saja menghubungi nomor telepon CS kami yang ada di bawah ini untuk melakukan pendaftaran : 

http://wa.me//+628112829002/.co.id .

Dan kamu juga bisa cek informasi lainnya terkait pelatihan di Instagram dan website Kombas Digital Internasional melalui link yang ada di bawah ini : 

https://www.instagram.com/kombasdigitalinternasional/ 

https://akademikombas.co.id/ .