Artikel

Iklan Facebook vs Iklan Google

Iklan Facebook vs Iklan Google – Iklan facebook dan juga iklan google merupakan media yang sama-sama dapat anda gunakan untuk melakukan kegiatan promosi dari iklan.

Lalu apa sih yang membedakannya? Yuk, simak lebih lanjut tentang keduanya di bahas ini!

Apa Itu Iklan Facebook dan Iklan Google?

Sebelum anda mengetahui apa saja perbedaannya, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa arti dari iklan facebook dan juga iklan google tersebut. Jadi, berikut ini pengertian dari keduanya:

Iklan Facebook

Iklan Facebook, atau lebih gaulnya disebut dengan nama Facebook Ads adalah media/platform yang dapat di gunakan untuk beriklan pada media sosial.

Dengan jumlah MAU (Monthly Active User) tertinggi pada semua jejaring media sosial di dunia,  Facebook sudah menjadi elemen yang cukup mempunyai potensi keuntungan pada segi periklanan secara digital untuk bisnis anda.

Facebook juga bisa di gunakan untuk mengidentifikasi sikap dan perilaku dari semua user atau penggunanya.

Contohnya yaitu, dapat mengetahui halaman pada facebook yang banyak di sukai pengguna, topik yang mereka ikuti di news feed, daftar tempat, lokasi, tanggal kelahiran, dan yang lain sebagainya.

Dari semua informasi tersebut, Facebook mempunyai berbagai opsi agar dapat menargetkan audiens untuk para pelaku iklan.

Penargetan yang di lakukan Facebook juga sangat spesifik, sehingga iklan itu dapat menampilkan suatu penjualan dengan hasil yang besar. 

Iklan Google

Iklan Google, atau bisa juga di sebut dengan nama Google Ads merupakan sebuah platform atau media untuk beriklan dengan PPC (Pay Per Click).

Jadi, pelaku iklan hanya akan membayar jika iklan tersebut tayang pada google dan audiens tersebut mengkliknya.

Iklan yang di tampilkan di platform google, umumnya akan di beri tanda dengan label tulisan “Ad” maupun “iklan” yang berada di kotak hijau.

Selain menayangkan suatu iklan yang sesuai dengan kata kunci pada penelusuran audiens, google juga akan menampilkan iklan dengan lokasi yang relevan.

Apa Keunggulan Iklan Facebook dan Iklan Google?

Iklan Facebook vs Iklan Google memang memiliki beberapa perbedanaan.  Ada beberapa keunggulan yang akan anda dapatkan jika anda mulai melakukan promosi/iklan pada platform facebook dan juga google. Berikut ini merupakan keunggulannya:

Keunggulan Facebook Ads

  1. Dapat meningkatkan serta mengembangkan branding awareness anda.
  2. Iklan akan lebih tertarget.
  3. Anggaran yang di gunakan dapat anda sesuaikan.
  4. Memakai gambar maupun video.
  5. Memperoleh suatu keuntungan yang tidak ada batasnya.

Keunggulan Google Ads

  1. Target/sasaran audiens lebih spesifik.
  2. Pembiayaan yang bisa anda kelola sendiri.
  3. Hasil iklan dapat anda sesuaikan dengan keinginan.
  4. Suatu laporan yang akurat dan dapat di percaya.
  5. Iklan menjadi akan lebih optimal karena terdapat bantuan tools.

Perbedaan Iklan Facebook dan Iklan Google 

Perbedaan iklan facebook dan google
Iklan Facebook vs Iklan Google

Meskipun Facebook Ads dan juga Google Ads sama-sama akan di tayangkan secara online, namun cara kerja dari keduanya mempunyai perbedaan.

Berikut ini merupakan hal-hal yang menjadi perbedaan antara menggunakan Facebook Ads vs Google Ads:

Cara Untuk Penayangan Iklan 

Perbedaan pertama yaitu tentang bagaimana caranya untuk menayangkan produk/layanannya kepada para pelanggan.

Facebook akan menayangkan suatu iklan kepada para pengguna menurut minatnya. Sedangkan Google akan menayangkan suatu iklan yang sangat relevan kepada para pengguna yang dengan khusus mencari sebuah produk.

Menargetkan Audiens

Perbedaan yang kedua yaitu cara menargetkan audiensnya. Untuk Facebook, anda bisa menargetkan suatu iklan kepada para pengguna menurut sikap, perilaku, suka, dan tidaknya.

Dengan opsi-opsi tersebut, dapat anda jadikan untuk menargetkan audiens secara lebih spesifik lagi.

Sedangkan, pada google akan menayangkan suatu iklan sesuai pada kata kunci (keyword) atau lokasi para penggunanya.

Maka dari itu, anda harus menargetkan audiens dengan cara mencari keyword mereka pada wilayah geografisnya.

Biaya atau Anggaran Iklan 

Lalu, perbedaan yang selanjutnya yaitu pada biaya iklannya. Karena, pembiayaan iklan pada Facebook Ads dan juga Google Ads pasti berbeda.

Berdasarkan Databox, iklan yang memakai Facebook Ads cenderung akan jauh lebih murah di bandingkan beriklan pada Google Ads.

Anda dapat menyesuaikan anggaran iklan berdasarkan tujuan iklannya, misalnya awareness, conversion, serta consideration.

Serta dapat juga menetapkannya berdasarkan tenggat waktu yang di pilih. Contohnya yaitu anggaran harian maupun anggaran bulanan. 

Suatu Sistem Laporan

Baik itu pada Facebook Ads atau pun pada Google Ads, sudah di lengkapi suatu sistem laporan yang baik. Sehingga, hal tersebut akan mempermudah pengiklan untuk dapat melihat informasi yang berkaitan dengan jangkauan, impresi, klik, dan lain sebagainya.

Untuk sistem laporan pada Facebook, anda perlu untuk memasang sebuah UTM tracking. Sehingga anda dapat melihat berbagai performa iklan yang sudah tayang.

Sedangkan jika pada google, telah di dukung dengan auto tagging serta dapat di integrasikan pada Google Data Studio untuk keperluan visualisasi. Sehingga, anda dapat dengan mudah melihat banyaknya traffic yang di hasilkan oleh iklan pada tools Google Analytics.

Segi Jaringan Penayangan Iklan 

Perbedaan yang selanjutnya yaitu pada segi jaringan penayangannya. Iklan yang akan di tayangkan melalui Facebook, akan lebih fokus untuk menampilkan iklan di jaringannya sendiri.

Sedangkan untuk Google, akan menayangkan iklan di berbagai saluran iklan yang lainnya. Dari mulai layanan Google, yang contohnya yaitu YouTube, Gmail, sampai dengan website serta aplikasi yang berkaitan lainnya.

Dimana Belajar Iklan Facebook Ads?

Anda dapat menentukan jenis media/platform iklan yang sesuai dengan yang anda butuhkan. Baik itu Facebook Ads mampu Google Ads yang mempunyai keunggulan serta kekurangan masing-masing.

Apakah anda tertarik untuk beriklan pada Facebook Ads dan ingin mempelajarinya lebih lanjut? Yuk, bergabung di PT Kombas Digital Internasional!

PT Kombas Digital Internasional adalah sebuah tempat agensi di bidang digital marketing yang akan membantu anda untuk mendapatkan berbagai ilmu yang nantinya akan bermanfaat untuk anda yang ingin beriklan pada Facebook Ads.

Akan ada berbagai macam penawaran menarik lainnya yang berkaitan dengan hal ini. Kunjungi langsung di website akademikombas.co.id kami dan kepoin juga Instagram kami yaitu @akademikombas.

Yuk, segera hubungi kami dengan klik disini!