Facebook Pixel
Facebook Pixel – merupakan sebuah kode pada website untuk menggabungkan data-data serta untuk menilai ke efektivitasan dan ke efisiensian pada iklan Facebook.
Apakah Facebook Pixel Itu?
Facebook Pixel merupakan suatu kode-kode yang di cantumkan pada situs sebuah website yang dapat mendeteksi suatu konversi dari Facebook Ads, melakukan suatu optimasi pada pemasaran digital, dan juga menciptakan target atau sasaran dengan tepat pada iklan yang ada.
Dengan tools ini, anda juga dapat memilih dan menentukan orang-orang yang sudah pernah melakukan interaksi pada website untuk bisa di jadikan sebagai target atau sasaran pasar.
Kode pada Facebook Pixel juga bisa di sebut dengan nama cookie. Cara kerja dari cookie itu sendiri yaitu dengan melacak atau mengusut lebih lanjut lagi para pengunjung website, sehingga iklan yang di tayangkan dapat lebih sesuai.
Dari kode Pixel tersebut akan di ketahui tentang identifikasi dari sifat atau karakter pengguna yang datang kembali ke situs.
Pada Facebook Pixel ini, mempunyai fungsi umum, di antaranya yaitu:
- Untuk melacak page view atau perhitungan jumlah halaman yang ada di website serta bisa di buka oleh para pengunjung.
- Menambahkan sebuah barang ke keranjang.
- Melakukan transaksi pembelian.
- Scroll depth atau istilah yang di gunakan untuk mengukur atau menggambarkan sejauh mana para pengunjung situs menggulir web anda.
- Waktu yang di habiskan oleh para pelanggan atau pengunjung untuk masuk ke dalam situs anda.
Dengan alat tersebut, akan membuat iklan yang tampil di website dapat sesuai dengan preferensi atau selera pengunjung.
Sehingga, akan lebih efektif dan bagi orang yang membacanya akan menjadi lebih tertarik untuk mereka membuka iklan tersebut. Yang pada akhirnya akan mendapatkan sebuah keuntungan yang lebih besar lagi.
Manfaat Facebook Pixel
Tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak menggunakan Facebook Pixel, karena ada banyak keuntungan yang nantinya akan di dapatkan jika ingin awareness serta conversion yang banyak.
Fungsi Facebook Pixel yang dapat menggabungkan informasi-informasi penting yang dapat anda gunakan untuk memaksimalkan suatu iklan dengan lebih baik lagi.
Dengan informasi tersebut, akan membuat anda lebih mengetahui siapa saja orang-orang atau pengunjung website yang betul-betul tertarik pada branding yang telah anda iklankan.
Berikut ini merupakan manfaat yang akan di dapatkan jika anda menggunakan Facebook Pixel, yaitu:
Untuk Melakukan Retargeting
Dengan menggunakan Facebook Pixel pada website bisnis anda, maka akan membuat anda mudah untuk melakukan retargeting atau penargetan ulang.
Secara khususnya, pengunjung yang sudah melakukan interaksi di website anda akan kembali untuk melihat iklan yang telah anda tawarkan.
Tidak itu saja, iklan juga dapat di tayangkan lagi kepada para pengguna yang melakukan hal-hal yang ada di bawah ini:
-
Add to Cart
Merupakan penambahan sebuah barang atau produk yang di lakukan oleh pengguna terhadap penawaran yang anda berikan pada website ke keranjang belanja.
-
Purchase
Merupakan sebuah proses untuk membeli sebuah barang atau produk yang anda tawarkan.
-
Sign Up
Adalah cara untuk para pengguna agar dapat mendaftar serta mencantumkan data diri mereka di website tersebut.
-
Add to Wishlist
Terjadi pada saat para pengguna menambah suatu barang di keranjang wishlist merek, mengakses page atau halaman yang di tetapkan di website.
Men-subscribe newsletter pada website, melengkapi registrasi, mencantumkan info pembayaran, memakai fitur search pada website.
Membuat Sebuah Lookalike Audience
Facebook Ads akan memungkinkan anda untuk dapat membuat suatu Lookalike Audience dari para pengguna yang sudah berinteraksi pada website anda. Misalnya yaitu sign up, subscribe dan juga behavior yang lainnya.
Dengan adanya Lookalike Audience tersebut, anda dapat mendapatkan beberapa target baru yang mempunyai kemiripan dengan para audiens anda.
Jika anda memakai Facebook Pixel, maka pelacakan serta pencarian para pengguna menurut kriteria atau pun behavior yang sesuai dengan pengguna tersebut akan lebih memudahkan anda.
Mengoptimasi Conversion yang Spesifik
Facebook Pixel tersebut, juga bisa membantu anda untuk mengkonversi sikap dan perilaku para pengguna pada website secara lebih spesifik.
Dengan tools tersebut, anda juga dapat membuat perhitungan anggaran dari cost per lead, cost per conversion, cost per landing page views, dan yang lainnya.
Mengoptimalkan Value Facebook Ads
Pada Facebook Pixel juga dapat anda pakai untuk memaksimalkan value pada Facebook Ads tersebut serta memperoleh audiens yang mempunyai potensi tinggi menjadi buyer/pembeli.
Jadi nantinya, Facebook Pixel akan menggabungkan data-data para pembeli dan juga banyaknya jumlah yang mereka beli.
Maksudnya yaitu anda akan dapat mengetahui mana saja pelanggan yang membeli produk/layanan anda dengan pembelian besar, dan kemudian akan menampilkan penayangan iklan yang utama kepada mereka.
Bagaimana Cara Menyiapkan Pixel?
Untuk menyiapkan Pixel, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Cara tersebut di antaranya yaitu:
- Buka pada pengelolaan peristiwa.
- Tekan atau klik hubungkan sumber data, lalu pilih web.
- Pilihlah opsi meta pixel dan klik hubungkan.
- Berilah nama pixel anda.
- Lalu, cantumkan URL (Uniform Resource Locator) dari situs web anda agar dapat mengecek opsi penyiapan yang mudah.
- Dan kemudian klik lanjutkan.
Pelatihan Facebook Pixel
Nah, bagaimana dengan penjelasan-penjelasan di atas? Apakah anda merasa tertarik dengan menggunakan Facebook Pixel untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang anda kelola?
Jika anda tertarik dan ingin belajar lebih seputar Facebook Pixel, anda bisa lho bergabung di tempat kami untuk mengetahui pelatihan seputar Facebook Pixel tersebut.
Yuk, langsung kunjungi website akademikombas.co.id kami untuk berbagai macam informasi yang lebih detailnya lagi! Jangan lupa juga cek Instagram kami dengan nama @akademikombas.
Langsung saja klik disini untuk menghubungi kami dan melakukan pendaftarannya yaa!