Artikel

Digital Marketing : definisi, jenis, kelebihannya.

Digital Marketing : definisi, jenis, kelebihannya.
Digital Marketing : definisi, jenis, kelebihannya.

Digital Marketing : definisi, jenis, kelebihannya.-Digital marketing merupakan proses pemasaran yang dilakukan dengan teknologi masa kini.

Definisi digital marketing.

Digital marketing adalah penggunaan teknologi digital serta perangkat ataupun alat yang digunakan dengan menggunakan koneksi internet. Hal ini dilakukan untuk mencapai target serta mencapai tujuan akhir dari proses pemasaran atau target pemasaran.

Jadi pemasaran digital atau digital marketing adalah proses pemasaran yang menggunakan alat atau teknologi digital untuk membantu para digital marketer atau pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Pemasaran digital ini muncul karena adanya perkembangan teknologi digital serta masuknya internet yang bisa digunakan serta dimanfaatkan untuk berbagai hal, salah satunya untuk melakukan proses pemasaran.

Jenis digital marketing.

Untuk membangun usaha di era digital ini ada beberapa jenis pemasaran seperti dibawah ini : 

  • Search Engine Optimazation (SEO).SEO merupakan salah satu jenis upaya yang dilakukan saat menjalankan serta mengembangkan usaha di bidang pemasaran digital. SEO adalah pengoptimalan website usahaa agar bisa dilihat banyak orang.Dengan SEO maka konten yang diunggah di website akan lebih bisa dilihat audiens dan para audiens juga akan lebih tertarik. Karena dengan SEO konten yang anda unggah akan berada di paling atas dalam mesin pencarian, sehingga para audiens bisa lebih mudah untuk menemukan konten anda yang berisi promosi produk.SEO merupakan salah satu upaya yang bisa membuat konten promosi anda lebih efektif dan maksimal, karena para audiens akan langsung melihat tanpa perlu scroll ke laman paling bawah, sehingga para audiens akan lebih tertarik untuk melihatnya. Pastinya banyak audiens yang memilih website atau unggahan konten teratas, karena semakin ke bawah, unggahan konten akan semakin kurang kualitasnya dan audiens juga semakin malas untuk scroll ke bawah.
  • Konten marketing.Jenis digital marketing berikutnya yaitu dengan menggunakan konten marketing atau konten yang menawarkan produk. Dengan konten ini, audiens akan lebih tertarik dan pastinya kepo dengan produk yang ditawarkan.Maka dari itu konten promosi produk harus berkualitas dan sesuai dengan produk yang akan ditawarkan agar nantinya pesan serta bujukan yang diberikan akan tersampaikan dengan baik. Dan para audiens juga akan tertarik untuk membeli serta mencoba produk yang ditawarkan.
  • Influencer.Konten yang dibuat biasanya masih kurang menarik perhatian para audiens, maka dari itu influencer dapat dijadikan sebagai model dalam pembuatan konten promosi. Selain menarik audiens, dengan menggunakan influencer maka produk yang ditawarkan juga bisa lebih dipercaya oleh audiens, dari segi kualitasnya, kemanan produknya.
  • Search Engine Marketing (SEM).SEM juga bisa menjadi salah satu jenis upaya untuk mempromosikan produk dalam dunia digital marketing. SEM merupakan iklan berbayar, yang nantinya iklan ini akan ditampilkan di mesin pencari. Biasanya iklan ini akan muncul di dalam website yang anda cari di mesin telusur atau mesin pencari seperti Google atau Yahoo.
  • Social Media Marketing (SMM).Social Media Marketing merupakan proses promosi yang dilakukan dengan bantuan media sosial. Biasanya digital marketer akan memilih sosial media yang digunakan oleh banyak orang ataupun yang sedang trend saat ini.Media sosial yang biasanya digunakan untuk melakukan proses digital marketing yaitu Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, Tiktok, dan lainnya. Sosial media ini merupakan sosial media yang saat ini masih digunakan oleh banyak orang, sehingga para digital marketer bisa melakukan promosi di sosial media ini agar produk yang dipromosikan bisa lebih dikenal banyak masyarakat.
  • Email marketing.Email marketing biasanya digunakan untuk melakukan komunikasi dengan calon konsumen ataupun konsumen. Hal ini dilakukan agar bisa menjalin serta menjaga komunikasi antara pelaku usaha dan konsumen

    Kelebihan digital marketing.

    Pada era yang serba digital ini, proses pemasaran bisa dilakukan secara online dengan menggunakan platform digital. Hal ini membawa kemudahan serta ada banyak kelebihan yang diciptakan dari digital marketing.

    Ini dia kelebihan dari digital marketing : 

  • Menjangkau pasar yang lebih luas.Dengan digital marketing akan lebih mudah untuk menyebarkan promosi atau konten promosi yang anda buat. Konten promosi ini bisa disebarkan melalui platform digital seperti sosial media ataupun marketplace yang digunakan untuk mempromosikan produk bahkan untuk melakukan penjualan.Jangkauan pasar yang dapat dijangkau tidak hanya sekedar di dalam negeri, tapi ada kesempatan untuk memasuki pasar global. Sehingga produk yang dipromosikan akan lebih terkenal dan banyak konsumen yang membelinya.
  • Mengurangi biaya.Dengan iklan secara digital, maka dapat mengurangi biaya pengiklanan. Karena pengiklanan yang dilakukan menggunakan Google atau platform digital lainnya biayanya lebih murah daripada iklan di media lainnya.
  • Dapat melakukan banyak taktik. Dengan adanya beberapa strategi pemasaran digital yang ada, anda sebagai digital marketer bisa melakukan beberapa taktik yang berbeda-beda untuk menarik para audiens.Untuk memahami jenis-jenis atau kelebihan dari digital marketing, anda bisa mengikuti pelatihan di PT. Kombas Digital Internasional dengan menghubungi nomor ini http://wa.me//+628112829002/.co.id dan anda bisa mengecek informasi pelatihan di link ini https://www.instagram.com/kombasdigitalinternasional/ atau https://akademikombas.co.id/ .