Content Creator : Pengertian, Strategi, Prospek karir.
Content Creator : Pengertian, Strategi, Prospek karir.-Content creator merupakan salah satu profesi yang banyak diminati orang saat ini.
Di zaman yang sudah sangat berkembang seperti saat ini, konten merupakan salah satu hal yang terpenting. Hal apapun bisa dijadikan bahan untuk membuat konten. Maka dari itu, saat ini juga ada profesi yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu content creator.
Apa itu content creator?
Content creator merupakan salah satu profesi yang saat ini banyak diminati. Orang yang berprofesi sebagai content creator memiliki tugas untuk membuat konten, mengedit konten, mengunggah konten.
Tetapi banyak content creator yang hanya membuat konten saja, untuk bagian mengedit dan mengunggah konten, biasanya ada orang lain yang sudah bekerjasama dengan content creator tersebut. Content creator harus memiliki ide-ide yang cemerlang dan harus kreatif dalam membuat konten.
Agar nantinya konten yang kamu buat berbeda dari yang lain, tanpa mengikuti ide konten orang lain. Selain itu, kamu juga harus bisa membuat konten yang berkualitas dan menarik, agar banyak audiens yang tertarik untuk melihat kontenmu.
Konten ada beberapa jenis yaitu konten dalam bentuk gambar, video, teks, desain grafis. Maka dari itu, content creator juga harus bisa menyesuaikan konten agar bisa sesuai dengan pesan dan informasi apa yang ingin kamu sampaikan.
Content creator juga harus bisa memahami langkah pembuatan konten, strategi konten, editing konten (bagi yang mengedit sendiri), Search Engine Optimization (SEO), target yang sesuai dengan konten kamu, dan masih banyak lagi hal yang harus kamu pahami sebagai content creator. Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, bahwa sebagai content creator kamu harus memahami strategi dari konten yang akan kamu buat.
Strategi konten.
Ini dia beberapa strategi konten yang bisa kamu terapkan apabila menjadi content creator :
-
Menentukan topik.
Kamu harus bisa menentukan topik dan fokus pada topik yang akan dibahas. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan topik tersebut dengan trend atau hal yang saat ini sedang dibahas masyarakat agar para audiens juga bisa lebih mudah dalam memahami informasi atau pesan yang ingin disampaikan dalam konten.
Kamu juga bisa menggunakan topik yang berbeda dari yang lain, khususnya yang berbeda dari kompetitor.
-
Memahami audiens.
Agar konten yang kamu buat bisa sesuai dengan audiens yang melihat konten tersebut. Maka kamu harus memahami sikap, perilaku, kebiasaan, usia, dan faktor lainnya yang berkaitan dengan calon audiens yang akan kamu pilih.
Hal ini dilakukan agar pesan atau informasi yang akan disampaikan lewat konten bisa tersampaikan dengan baik dan para audiens juga bisa memahaminya dengan baik. Dengan memahami audiens terlebih dahulu, maka bisa memudahkan kamu dalam membuat konten yang sesuai dengan audiens.
-
Konsisten.
Kamu harus membuat konten secara konsisten, salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu membuat jadwal untuk pembuatan dan pengunggahan konten.
-
Membuat konten yang berkualitas.
Sebagai content creator yang profesional memang sudah seharusnya kamu membuat konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat. Hal ini dilakukan agar para audiens juga bisa tertarik untuk melihat konten yang kamu buat.
-
Berinteraksi dengan audiens.
Kamu bisa membuat konten yang bisa menjadi salah satu upaya untuk berinteraksi kepada para audiens. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan audiens melalui chat atau komentar, kamu harus merespon dengan cepat agar bisa selalu menciptakan keterhubungan dengan audiens kamu.
-
Meningkatkan kreativitas.
Kamu harus selalu meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan kreativitas dalam membuat konten yang berkualitas. Hal ini bisa menjadi upaya agar kamu selalu memiliki ide-ide yang kreatif dan baru untuk membuat konten yang unik dan berbeda dari yang lain.
Itulah beberapa strategi yang bisa kamu lakukan apabila menjadi content creator.
Prospek karir.
- Freelance, sebagai content creator kamu bisa menjadi freelance content creator dengan menawarkan jasa pembuatan konten kepada klien.
- Youtuber, kamu juga bisa menjadi Youtuber dengan mengunggah konten-konten kamu ke YouTube.
- Influencer, apabila kamu sudah memiliki banyak followers atau pengikut di beberapa platform atau media sosial, seperti YouTube, Instagram, Tiktok, dan lainnya maka kamu bisa menjadi influencer. Influencer ini nantinya akan menawarkan produk dengan menggunakan konten yang nantinya akan diunggah ke media sosial atau platform lain.
- Content marketing specialist, nantinya kamu akan membuat konten dari nol. Konten yang kamu buat merupakan konten yang menawarkan produk atau jasa.
- Social media content creator, kamu bisa menjadi content creator yang mengunggah konten-konten yang kamu buat di media sosial. Untuk ini kami harus selalu mengikuti trend dan perkembangan yang sesuai dengan sosial media yang akan kamu gunakan.
Itulah beberapa prospek karir dari seorang content creator. Untuk kamu yang ingin mengembangkan karir sebagai content creator, kamu bisa mempelajari beberapa hal penting yang berkaitan dengan konten dan profesi content creator.
Kamu bisa mempelajarinya dengan mengikuti pelatihan content creator yang merupakan salah satu program pelatihan yang ditawarkan oleh PT. Kombas Digital Internasional. Apabila kamu tertarik untuk mengikuti pelatihan ini, yuk langsung saja daftarkan diri anda dengan menghubungi nomor telepon CS dari PT. Kombas Digital Internasional yang ada di bawah ini :
http://wa.me//+628112829002/.co.id .
Untuk cek informasi lebih lengkap, kamu juga bisa melihat profil lengkap tentang PT. Kombas Digital Internasional di Instagram atau website melalui link yang ada di bawah ini :