Artikel

Cara Membuat Landing Page

Cara Membuat Landing Page – Landing page merupakan halaman web yang difokuskan untuk menghasilkan prospek melalui Tindakan yang di lakukan oleh pengunjung web. Halaman bisa berupa halaman sendiri yang di tautkan pada website utama. Fokus yang dilakukan pada landing page berbeda – beda, tergantung pada jenis dari bisnis tersebut.

Umumnya, tujuan dari halaman ini adalah untuk mengajak agar orang – orang melakukan pendaftaran untuk mendapatkan uji coba secara geratis. Atau untuk menambahkan produk ke dalam keranjang dan juga wish list.

Saat membuat sebuah website, halaman pertama biasanya berisikan berbagai macam elemen. Seperti menu, link, post, dan sidebar. Banyaknya elemen ini membuat website terlihat menjadi lebih berantakan. Dengan membuat landing page, perhatian yang utama akan tertuju pada satu Tindakan yaitu konversi. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sebuah bisnis.

Landing page dapat menaikkan tingkat respon dari pengunjung karena menjadi sarana untuk mendorong mereka melakukan sebuah tindakkan yang Anda inginkan.

Cara Membuat Landing Page

Berikut ini Langkah yang dapat Anda lakukan sebelum membuat landing page.

1. Tentukan target konversi

Pertama Anda menentukan tindakkan apa yang efektif untuk landing page Anda yang sesuai dengan bisnis Anda. Apa tujuan akhir Anda? Apakah ingin pengunjung melakukan transaksi pembelian, mendownload aplikasi?, atau untuk mendaftar langganan bulanan?

Agar bisa mencapai tujuan tersebut Anda bisa membaginya menjadi beberapa target secara lebih kecil. Caranya Anda bisa mengajak untuk mendaftar uji coba geratis selama 30 hari, mendapatkan ebook secara geratis, atau voucher diskon.

 

Misal saja landing page spotify. Yang mengarahkan Anda untuk menggunakan dan mendaftar versi geratisnya. Namun sayangnya anda akan mendapatkan iklan di antara lagu yang sedang di putar. Jika ingin terus mendengarkan lagu tanpa adanya gangguan iklan, Anda harus berlangganan paket premium terlebih dahulu.

Kenali lebih dalam audiens yang Anda tuju dan jadikan mereka sebagai pertimbangan yang utama. Lakukan analisis terhadap target dan perilakunya, cari tau kelompok pengguna yang menjadi mayoritas, pahami apa yang di butuhkan mereka, dan Anda bisa menempatkan diri Anda pada posisi mereka.

 

2. Tulis Nilai yang jelas

Setelah pertama menentukan target konversi selanjutnya Anda menjelaskan manfaat yang di dapat pengunjung jika melakukan sebuah Tindakan yang sudah Anda targetkan. Hindari kata – kata yang terlalu umum seperti “temukan kebahagiaan Anda di sini” atau kata – kata lain yang bersifat umum.

Jelaskan secara singkat spesifik dan bisa meyakinkan. Pesan yang di sampaikan harus mudah untuk di pahami oleh pengunjung. Jika perlu, bisa tambahkan tagline yang keren namun tetap terlihat sederhana. Asalkan masih mendukung nilai utama.

 

Seperti yang di contohkan sebelumnya yaitu soptify. Spotify menggunakan tagline music untuk semua orang “music  for everyone” dengan di tambah deskripsi jutaan lagu. tanpa kartu kredit “millions of song. No credit card needed”.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa proposisi nilai dari spotify adalah menyediakan music untuk semua orang, dengan mendapatkan manfaat berupa koleksi lagu yang sangat – sangat banyak dan bisa di dengar secara geratis.

 

3. Buat CTA yang mudah di terima

Setiap CTA harus terlihat jelas mudah di pahami dan sulit untuk di tolak. CTA ( Call To Action ) merupakan elemen utama yang dapat mendorong pengunjung untuk melakukan Langkah yang selanjutnya. Buat CTA yang mudah untuk di klik baik berupa tombol atau bisa juga formulir dan gunakan warna yang cerah.

Pada landing page spotify, berupa tombol berwarna hijau yang terlihat mencolok dari latar belakang yang berwarna kuning dan juga oranye.

CTA harus singkat, dan langsung ke dalam intinya. Ukuran font sebaiknya berbeda dari teks yang lain, dan pastikan setiap gambar atau elemen yang Anda gunakan mengandung CTA.

Contoh CTA yang sering digunakan

  • Baca artikel lainnya
  • Mulai sekarang
  • Beli sekarang
  • Uji coba geratis
  • Langganan newletter kami

 

Setelah mengetahui hal yang perlu di perhatikan, berikut :

cara membuat landing page melalui WordPress

  • Di dashboard WordPress arahkan ke pages dan pilih Add New atau bisa juga edit home page.
  • Klik Add block di pojok kiri atas block editor. Tambah elemen desain seperti judul, cover, tombol, dan teks.
  • Publikasi dengan mengklik publish, setelah itu Kembali ke dashboard.
  • Lalu arahkan ke appearance dan pilih Customize.

Homepage setting lalu opsi A static page, tetapkan landing page sebagai homepage. Pastikan Anda memiliki halaman blog yang di buat sebagai postingan Anda.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu landing page dan bagaimana cara membuatnya. Bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis penting sekali untuk membuat landing page. Karena dengan menggunakan landing page dapat meningkatkan penjualan Anda.

Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai Cara Membuat Landing Page. Ingin tau tutorial – tutorial yang lain? Yuk ikuti pelatihan bersama Akademi Kombas!

Anda bisa langsung menghubungi nomor WhatsApp Akademi Kombas di https://wa.me/628112829002 . Anda juga bisa cek Instagram Akademi Kombas terlebih dahulu di @akademikombas. Yuk segera bergabung bersama Akademi Kombas!