Artikel

Cara membuat E-mail Marketing

Cara membuat E-mail Marketing – yaitu  dengan menggunakan Langkah Langkah yang tepat. Karena nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk meningkatkan penjualan, tempat promosi, tempat berbagi edukasi, sehingga bisa berkomunikasi dengan baik terhadap audiens.

E-mail marketing merupakan strategi yang digunakan dengan memanfaatkan E-mail sebagai media yang digunakannya. Bagaimana sih cara membuat E-mail Marketing yang tepat dan efektif? Ini dia

Cara membuat E-mail Marketing yang Efektif :

1. Memilih Platform

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan cara Memilih Platform yang pas / sesuai. Sebaiknya jika akan membuat E-mail Marketing gunakan juga platform khusus yang terkait dengan E-mail Marketing.

Jangan khawatir! Saat ini ternyata sudah banyak platform yang di khususkan untuk pengguna – pengguna E-mail Marketing. Tentunya hal ini untuk mendukung bagi pengguna E-mail Marketing.

 

2. Buat Judul Menarik

Yang ke dua yaitu dengan membuat judul dan juga isi yang bisa menarik audiens. Jadi bisa dilakukan dengan cara membuat konten – konten yang menarik dan dapat menggambarkan dari judul konten tersebut.

Membuat judul yang menarik sangatlah penting, karena dengan judul yang menarik akan membuat audiens yang menerima E-mail tersebut menjadi penasaran. Dan akhirnya akan membuka  dan juga akan membaca E-mail tersebut.

Namun judul saja tidak cukup, membuat isi E-mail juga harus yang menarik. Membuat isi yang menarik bisa dengan berbagai macam cara bisa dengan menampilkan format E-mail yang jelas sehingga tidak membuat audiens kesulitan untuk membacanya.

Selalu ingat jangan buat isi terlalu banyak nantinya akan sulit untuk di pahami. Buatlah isi yang singkat, padat, namun mudah di pahami. Bisa juga dengan menambah gambar agar terlihat semakin menarik. Dan selalu di tutup dengan CTA ( Call to Action ) agar setelah membaca pesan tersebut bisa langsung untuk bertindak.

 

3. Komunikasi yang Baik

Pastikan bisa membangun komunikasi yang baik dengan konsumen yang di tuju. Karena dengan komunikasi yang baik akan lebih mudah untuk meningkatkan persentase audiens untuk membuka E-mail Marketing yang di kirimkannya.

Dengan komunikasi yang baik di harapkan dapat membuka Langkah awal audiens untuk bisa tertarik terhadap produk yang kita tawarkan.

 

4. Memahami Target

Selanjutnya yaitu memahami target sasaran yang tepat. Setiap sasaran E-mail memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Dan inilah yang perlu di perhatikan, pembuat E-mail harus memperhatikan karakteristik dari konsumen yang akan dituju.

Setelah paham karakteristik konsumen, jangan lupa pahami dengan benar minat dari konsumen yang akan dikirimi Email tersebut.

Dengan memahami target yang di tuju, akan memudahkan kalian para pembuat E-mail untuk mendatangkan E-mail yang tepat sasaran. Semua bisa di lakukan dengan baik jika sudah memahami target masing – masing.

 

5. Memperhatikan Waktu

Yang terakhir yaitu perhatikan waktu dalam pengiriman E-mail. Pastikan jika akan mengirim gunakan waktu yang luang, sehingga memungkinkan E-mail tersebut akan di baca.

Saat waktu luang akan lebih mudah di pahami oleh pembaca. Waktu yang bisa di gunakan yaitu tidak terlalu pagi tidak juga terlalu malam, lebih di sarankan di kirim saat jam – jam istirahat.

Namun hal itu juga Kembali lagi  bagaimana karakteristik dari target pasar yang dituju.

 

Sebenarnya ada lebih bayak cara lagi yang bisa di lakukan, namun hal yang sudah di jelaskan di atas merupakan salah satu yang wajib dari cara – cara yang lain. Membuat E-mail Marketing yang efektif bisa di katakan susah tapi gampang. Namun, jika dengan menggunakan E-mail Marketing yang efektif bisa menarik konsumen kenapa tidak.

Tips membuat E-mail Marketing untuk menarik pelanggan :

  • Tentukan tujuan

Buat tujuan dari E-mail yang dikirim. Tujuan yang masih umum yaitu meningkatkan ketertarikan konten, menarik konsumen yang sudah lama tidak muncul, melakukan promosi, atau untuk menyambut konsumen baru.

Dengan mengetahui tujuan, kamu lebih bisa untuk mengukur seberapa efektifkah E-mail yang kamu gunakan. Dan juga akan mudah untuk meningkatkan performa E-mail Marketing dari bisnis kamu.

  • Buat subjek yang menarik

Hal pertama yang akan di baca adalah subjek E-mail. Jadi pastikan subjek E-mail yang kamu gunakan menarik sehingga akan membuat audiens menjadi tetarik untuk membuka E-mail tersebut.

Pastikan subjek yang sesuai denga nisi E-mail yang di buat. Subjek di tulis dengan jelas dan langsung ke poin yang di tuju. Hindari pembuatan subjek yang terlalu Panjang yang bisa membuat audiens enggan untuk membacanya.

  • Tentukan strategi

Menentukan strategi yang efektif juga perlu. Dalam melakukan testimoni, lakukan pengiriman pada target yang sama dengan 1 variabel untuk pembeda. Dengan tujuan pengukuran yang di lakukan bisa valid dan juga tepat.

  • Analisis Campaign

Bandingkan dengan tujuan dan target E-mail, apakah target bisa tercapai lalu evaluasi hal apa yang membuat target tersebut bisa tercapai dan hal apa yang membuat tidak tercapai.

Dari hasil evaluasi tersebut akan memudahkan untuk terus memperbaiki Campaign E-mail Marketing agar lebih efektif.

  • Membagi segmentasi

Kamu bisa membagi segmen berdasarkan factor missal saja dari perilaku, lokasi, dll.

Jika sudah membagi akan lebih mudah untuk mengirimkan E-mail Marketing yang lebih efektif.

 

Nah seperti itulah sedikit penjelasan mengenai Cara membuat E-mail Marketing . ingin tau lebih banyak lagi seputar dunia digital ? yuk ikuti pelatihan bersama Akademi Kombas dari PT Kombas Digital Internasional! Agar kamu lebih mengenal lebih dalam lagi seputar dunia digital.

Untuk informasi lebih jelas bisa cek Insatgram @akademikombas bisa juga hubungi nomor WhatsApp Akademi Kombas pada https://wa.me/628112829002 .