Cara Kerja Facebook Ads
Cara Kerja Facebook Ads – Berhubung cara kerja Facebook Ads adalah dengan cara menargetkan iklan pada audiens dengan kriteria interest tertentu, bukan tidak mungkin kita akan menemukan audiens yang memiliki interest yang nantinya tidak sesuai dengan aslinya.
Apa Perbedaan Google Ads dengan FB Ads?
Dalam menjalani suatu usaha, penting sekali bagi Kamu untuk memahami cara-cara bagaimana kerja pemasaran digital , Salah satunya pilihannya ialah iklan online yang terbilang efektif untuk digunakan adalah Google Ads vs Facebook Ads. Manakah, di antara keduanya yang terbaik?
Google dan Facebook merupakan dua platform yang dibilang berbeda, Mengapa? Karena, jika dilihat dari cara kerja iklannya tak sama. Namun, keduanya merupakan pemain terbesar di pasar iklan saat ini.
Nah, apabila Kamu baru saja memulai iklan digital, pastinya akan bertanya-tanya manakah yang paling efektif antara iklan Google dengan iklan Facebook?
Meskipun diantara Google Ads dan Facebook Ads sama-sama ditayangkan denagan cara online dan sama-sama menggunakan internet, akan tetapi kinerja keduanya berbeda.
Berikut ini adalah poin-poin yang membedakan antara Google Ads vs Facebook Ads:
1. Cara Penayangan Iklan
Perbedaan pertama yang paling menonjol dari Google Ads dengan Facebook Ads adalah tentang bagaimana cara mereka menampilkan produk/jasa kepada pelanggan.
Cara Facebook sendiri menampilkan iklan kepada pengguna berdasarkan dengan minat mereka, sedangkan cara Google menampilkan iklan yang paling relevan kepada mereka yang secara khusus dengan mencari suatu produknya.
2. Audiens Penargetan
Karena dalam Google Ads sendiri hanya akan menampilkan iklan yang sesuai dengan kata kunci atau lokasi penggunanya, maka dari itu kamu perlu menargetkan orang yang sedang mencari kata kunci mereka pada wilayah geografis tertentu.
Sementara itu, berbeda halnya dengan Facebook Ads kamu dapat menargetkan sebuah iklan kepada orang-orang yang berdasarkan dengan perilaku dari pola yang dipilihnya.
Jadi, tidak hanya sekedar menargetkan sebuah kata kunci dan geografis, Iklan Facebook juga dapat memungkinkan untuk menargetkan pengguna berdasarkan perilakunya, suka, dan tidak sukanya mereka terhadap iklan tersebut.
3. Biaya Iklan
Tentu saja, Jika dibandingkan dengan biaya iklan Google Ads dengan Facebook Ads terbilang jauh berbeda. Menurut Databox, Jika kamu memakai iklan digital Facebook Ads, maka biaya iklannya cenderung lebih murah dibandingkan dengan kamu menggunakan Google Ads.
Namun, kembali lagi kepada jumlah audiens yang telah ditetapkan. Biasanya, semakin banyak audiens yang Kamu targetkan maka, akan semakin besar biaya iklan yang harus kamu keluarkan juga.
4. Sistem Laporan
Baik dengan Google Ads maupun Facebook Ads telah dilengkapi adanya sistem laporan yang baik sehingga mempermudahkan narasumber untuk melihat jenis informasi yang terkait jangkauannya, impresi, klik, dan lain sebagainya.
Namun sudah banyak yang menilai bahwa dengan adanya sistem laporan Google Ads lebih fleksibel. Hal ini, karena adanya Google Ads sudah mendukung auto tagging dan bisa diintegrasikan dengan menggunakan Google Data Studio untuk kebutuhan visualisasi.
5. Jaringan Penayangan Iklan
Perbedaan Google Ads dengan Facebook Ads selanjutnya adalah dari segi jaringan yang dibahasnya. Biasanya, jenis iklan yang ditampilkan melalui Google Ads juga bisa ditayangkan dengan melalui saluran pemasaran yang lainnya.
Mulai dari jenis layanan Google, contohnya saja YouTube, Gmail, Gmaps, sampai dengan website dan aplikasi rekanan.
Sedangkan dengan menggunakan Facebook Ads maka lebih fokus lagi menampilkan jenis iklannya pada jaringannya sendiri, contohnya seperti Facebook, Instagram, Messenger, dan Audience Network.
Nah, itu dia kelima perbedaan dari Google Ads dengan Facebook Ads. Menurut Kamu lebih efektif mana nih? jika dilihat dari kelima perbedaannya??
Apakah FB Pribadi dan Ads Harus Terpisah?
FB pribadi merupakan salah satu facebook personal, sementara facebook Ads sendiri merupakan salah satu fitur yang ada didalam Facebook Business. Kedua iklan tersebut Tidak harus terpisah, akan tetapi dalam pembuatan iklan facebook Kamu terlebih dahulu harus membuat akun facebook bisnis, minimal membuat fan page (halaman).
Facebook Ads Itu Aplikasi Atau Tools?
Melansir dadi laman resmi milik Facebook, Facebook Ads Manager merupakan salah satu sebuah tool yang memungkinkanmu untuk dapat membuat dan mengelola iklan pada media sosial tersebut.
Facebook telah meluncurkan sistem pengelola ini secara khusus bagi para marketer yang ingin mengiklankan beberapa produknya secara profesional dalam platform mereka.
Software ini juga bisa kamu pergunakan untuk merancang, mengedit, dan melihat sebuah hasil untuk semua kampanye iklan yang kamu publikasi di Facebook milikmu.
Tak hanya sampai disitu saja, Facebook AM juga akan memungkinkan Kamu untuk bisa mendesain sebuah iklan dalam proses yang terbilang mudah, di mana setiap langkah telah dijelaskan secara ringkas.
Nah, tool satu ini digadang-gadang sangat efektif untuk berbagai keperluan pemasaran, terkhusus bagi para semua marketer pemula.
Sebab, meskipun saat ini Facebook sering dimanfaatkan bagi para pemilik perusahaan, platform ads mereka telah hadir dengan cara sistem self service.
Hal tersebut bisa terlihat cukup menakutkan terlebih lagi bagi marketer dengan minimnya pengalaman dalam hal tersebut.
Dengan tersedianya Facebook AM, kamu tak perlu takut lagi, karena sistem manajemen mereka bisa mengatur semua iklanmu secara menyeluruh.
Informasi lebih lanjut tentang layanan Cara Kerja Facebook Ads dari PT. Kombas Digital Internasional dapat menghubungi kami melalui nomor WhatsApp di 0811-2829-002 atau mengunjungi website kami di akademikombas.co.id.