Blog

UKK SMK BDP Kota Semarang

UKK SMK BDP Kota Semarang – selamat datang di tulisan saya. kali ini saya membuat pembahasan tentang UKK SMK BDP Kota Semarang. Ingin tahu, apa itu UKK jurusan BDP? UKK jurusan BDP di Kota Semarang? Dan program UKK apa saja yang ada di PT. Kombas Digital Internasional? kalau ingin tahu, yuk baca artikel saya berikut ini!! Selamat membaca…

Penjelasan UKK

Salah satu cara untuk mengukur kompetensi kejuruan peserta didik SMK adalah melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK). UKK atau Uji Kompetensi Keahlian penting karena merupakan bagian dari intervensi pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemudian, dari UKK inilah kita akan medapatkan sertifikat yang akan memudahkan kita mendapatkan pekerjaan.

UKK yaitu ujian guna menguji ketrampilan peserta didik dalam bidang yang sudah mereka pelajari sebagai penilaian khusus peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi tingkat 2 atau 3 pada KKNI (Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia).

UKK atau Uji Kompetensi Keahlian juga memiliki manfaat, diantaranya adalah:

  1. Siswa lebih dekat dengan praktisi kompetensi keahlian DUDIKA.
  2. Sertifikasi yang didapat memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan lebih diakui oleh dunia usaha.
  3. Membantu guru mengevaluasi tingkat kompetensi yang telah dicapai oleh siswa sesuai dengan tuntutan di DUDIKA.

UKK Jurusan BDP

UKK jurusan BDP ialah sebuah program keahlian yang terdapat pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang termasuk ke dalam bidang keahlian bisnis dan manajemen. Jurusan BDP merupakan Uji Kompetensi Keahlian jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

BDP yaitu sebuah kompetensi keahlian yang memepelajari ilmu tentang bagaimana menjadi seorang marketing melalui media daring (internet/online) dan marketing konvensional. Dalam jurusan BDP para peserta didik diajarkan tentang bagaimana cara menemukan peluang bisnis dan menganalisis pasar.

Peluang pekerjaan untuk lulusan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan kompetensi keahlian yang mampu menciptakan tenaga kerja ahli bidang bisnis daring di era serba digital masa kini. Berikut peluang pekerjaa bagi lulusan jurusan BDP :

  1. Sosial media marketing
  2. Staff digital marketing
  3. Supervisor pemasaran
  4. Staff advertising
  5. Admin marketing
  6. Wirausaha
  7. Marketing analysis dll.

Program keahlian jurusan BDP memiliki keunggulan dibidangnya masing-masing seperti, jurusan BDP ini sesuai dengan konsep perkembangan industri 4.0, jurusan yang multifungsi karena mempelajari banyak hal misalnya fotografi, coding, teknologi, dll.

UKK Jurusan BDP di Kota Semarang

Kota Semarang yaitu Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, merupakan Kota metropolitan terbesar kelima yang ada di Indonesia. Kota Semarang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, di bagian Selatan Kota Semarang berbatasan dengan Kabupaten Kabupaten Semarang, di bagian timur ada Kabupaten Demak, kemudian di bagian Barat Kota Semarang terdapat Kabupaten Kendal.

Sekitar 89 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dari berbagai kecamatan yang ada di Kota Semarang yang meliputi 12 SMK Negeri dan 77 SMK Swasta. Kemudian, dari 89 Sekolah tersebut ada beberapa SMK yang terdapat kompetensi keahlian/jurusan BDP, antara lain :

  1. SMK Negeri 2 Semarang
  2. SMK Negeri 9 Semarang
  3. SMK YPE Semarang
  4. SMK Teuku Umar Semarang
  5. SMK Antonius Semarang
  6. SMK Ignatius Semarang
  7. SMK Palebon Semarang
  8. SMK Swadaya Semarang

Itu beberapa SMK yang terdapat jurusan BDP, namun masih banyak lagi SMK yang terdapat jurusan BDP baik sekolah Negeri maupun Sekolah Swasta di Kota Semarang. Kemudian, dari salah satu SMK tersebut ada yang berhasil mengembangkan website e-commerce dan sudah menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri. Dan menjadi SMK yang berhasil mencapai predikat sebagai contoh Sekolah bagi jurusan BDP. Jadi UKK SMK BDP Kota Semarang mempunyai SMK yang terdapat jurusan BDP memiliki kualitas yang baik.

Program UKK di PT. Kombas Digital Internasional

PT. Kombas Digital Internasional adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital marketing untuk meningkatkan potensi UMKM di Indonesia. Selain itu, PT. Kombas jugameyediakan produk layanan contohnya seperti Kombas Akademi, Kombas Agensi, dan Kombas Pedagangan. Selanjutnya, PT. Kombas Digital Inernasional sebagi sebuah perusahaan yang didirikan oleh komunikasi bisnis online Banyumas Raya yang telah 3 tahun membimbing dan mengembangkan siswa SMK di bidang marketing.

Layanan dari PT. Kombas Digital Internasional meliputi Kombas Akademi yang meyediakan sarana belajar digital marketing seperti optimasi media sosial untuk marketing. Misalnya instagram, Facebok, Youtube, dan pembuatan website. Selain itu, PT. Kombas juga menyediakan jas Digital Agency untuk memfasilitasi perusahaan-perusahaan UMKM.

Lingkup kompetensi yang dapat diujikan oleh PT Komba Digital Internasional adalah sebagai berikut:

  1. Big Data Scientist                                
  2. Teknisi Audio Visual                              
  3. Network Administrator Utama                               
  4. Junior Technical Support                                      
  5. Staff Operasi Layanan IT                                      
  6. Ahli Cloud Computing                                           
  7. System Integrator                                                    
  8. Network Security Analyst                                      
  9. Digital Computer Technology Scientist              
  10. Network Security Auditor                                       
  11. Web Administrator                                                  
  12. Chief Information Office                                      
  13. Junior Mobile Programer                                       
  14. Digital Marketing                                     
  15. Database Programmer                                           
  16. System Analyst
  17.  Advance Office
  18.  ICT Project Manager
  19.   Digital Artist Junior, dll                                         

Academy Kombas menyediakan tempat uji kompetensi SMK, untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Alamat Tempat Uji Kompetensi (TUK) berada di PT Kombas Digital Internasional, Perumahan Griya Satria Mandalatama Blok 2A no 2, kelurahan Karangwelas Kidul, Kecamatan Karangwelas, Kabupaten Banyumas, 53161.

Kesimpulannya adalah, bahwa UKK SMK BDP Kota Semarang terdapat banyak SMK yang terdapat jurusan BDP. Selanjutnya, Program UKK di PT Kombas Digital Internasional juga mempunyai banyak kompetensi yang dapat diujikan dan menyediakan Tempat Uji Kompetensi SMK. Untuk informasi lebih lanjut, yuk kunjungi web akademikombas.co.id.

Sekian pembahasan yang saya tulis, semoga bermanfaat. Sampai jumpa…