5 Program Pelatihan Sertifikasi HR BNSP
Program Pelatihan Sertifikasi HR BNSP – Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan suatu bagian dalam perusahaan yang mengurusi karyawan dalam perusahaan tersebut.
Human resources departemen bertugas untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja.
Bagian ini sangat penting. Kenapa penting? Sebab, tanpa karyawan atau tenaga kerja, sebuah perusahaan tidak dapat berjalan dengan lancar.
Oleh sebab itu, tugas dari bagian HR yaitu memastikan karyawan mendapatkan hak mereka, dan puas dengan pekerjaan mereka.
Apa Saja Bagian HR?
Dalam departemen human resource, setidaknya ada bagian yang mengurusi hal-hal berikut.
>> Perekrutan
>> Pelatihan ataupun training karyawan
>> Tunjangan karyawan
>> Kompensasi bagi karyawan yang telah mengundurkan diri
Prospek Kerja Lulusan HR
Lulusan dalam Human Resources akan bekerja sebagai:
-
Staff rekrutmen
-
Staff kompensasi dan kesejahteraan kerja
-
Staff pelatihan dan pengembangan karyawan
-
Staff HR
Setiap perusahaan baik itu swasta maupun pemerintah, baik itu perusahaan kecil maupun besar pasti membutuhkan HRD untuk mengelola bagian sumber daya manusianya.
Bahkan, institusi pendidikan juga memerlukan HR. Contohnya dalam bagian penerimaan murid, guru atau dosen, dan juga staff lainnya.
Jika kamu ingin memiliki kualifikasi dari jurusan lain seperti keuangan, hukum, dan lain-lain peluang kerjamu akan semakin luas.
Pendapatan awal dari pekerjaan di bidang HR bervariasi. Hal ini tergantung dari kualifikasi yang kamu miliki, ukuran perusahaan serta bidang kerja.
Namun, pada umumnya pendapatan kerja berkisar 6 juta per bulan.
Sertifikasi HR Apa Saja?
Perlu kamu ketahui, sejauh ini tidak ada otoritas tunggal dalam memberikan sertifikasi di bidang Human Resources.
Kebanyakan lembaga yang menawarkan training sertifikasi HR, baik itu yang berlisensi tingkat nasional ataupun secara global.
Setiap individu maupun perusahaan mempunyai kebutuhan yang khas.
Baca Juga: Jenis Kompetensi pada BNSP Pelatihan
Program Pelatihan Sertifikasi HR BNSP
BNSP atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi itu adalah badan resmi negara yang telah memberikan sertifikasi terhadap profesi di Indonesia.
Sertifikasi BNSP ini tidak hanya terlisensi pada level nasional saja, tetapi juga hingga ke level regional Asia Tenggara.
Dalam mendapatkan sertifikasi ini, seorang profesional haruslah lulus ujian kompetensi resmi oleh LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) sehingga telah mendapatkan lisensi dari BNSP.
Apa saja program sertifikasi yang tersedia? Berikut 5 program sertifikasi HR BNSP yang nanti tersedia pelatihan untuk setiap programnya juga.
-
Sertifikasi HR Staf
Certified Human Resources Staff yaitu program pelatihan dan sertifikasi dalam level staff yang bekerja di bidang SDM (Sumber Daya Manusia).
Program ini diperuntukkan bagi orang yang berkarier di bidang sumber daya manusia pada level pemula maupun staf.
Waktu program selama 3 hari yang terdiri atas dua hari pemberian materi dan satu hari assessmen serta ujian kompetensi.
-
Sertifikasi HR Supervisor
Program ini ditunjukkan bagi seorang yang akan bahkan sudah menduduki posisi supervisor di bidang Sumber Daya Manusia (SDM).
Waktu program berlangsung selama 2 hari ditambah dengan ujian kompetensi selama satu hari.
-
Sertifikasi HR Manager
Program sertifikasi ini ditunjukkan kepada seorang yang akan bahkan sudah menduduki posisi manajer dibilang sumber daya manusia (SDM), ataupun telah menjadi supervisor selama minimal 2 tahun.
-
Sertifikasi Recruitment dan Selection Staff
Jenis program sertifikasi yang satu ini terlaksana untuk profesional di bidang Sumber Daya Manusia yang menangani dalam penyeleksaian dan juga perekrutan karyawan.
Waktu program ini yaitu selama 2 hari. Pada akhir sesi akan dilakukan ujian kompetensi.
-
Sertifikasi Compensation dan Benefit Offiicer
Program ini untuk profesional di bidang SDM yang mengelola kompensasi pada karyawan.
Waktu program selama 2 hari, ujian kompetensi dilakukan di akhir sesi.
Pentingnya Sertifikat Kompetensi bagi Para Praktisi HR
Sertifikat kompetensi bagi para pelaku profesi HR sangat penting untuk dimiliki.
Hal ini terbukti melihat kondisi di lapangan menunjukkan banyak sekali pengelolaan SDM yang belum memahami kompetensi yang mereka miliki ataupun yang mereka butuhkan, baik itu untuk keperluan masa sekarang maupun keperluan pada masa depan.
HRD sebagai personal terdepan untuk mendukung peningkatan kompetensi dan kinerja karyawan.
Jadi, jika perusahaan itu ingin berkembang dan maju, tim HR perlu memberikan dan mengarahkan potensi karyawan atau pekerja secara maksimal.
Karenanya, perusahaan atau personal yang akan menjadi HRD perlu memperhatikan kompetensinya.
Alasan pentingnya pelaku HR dalam memiliki sertifikat kompetensi yaitu karena industri semakin berkembang yang mengikuti pola perilaku zaman dan juga digitalisasi.
Perkembangan itu sangat menuntut manusia, khususnya Sumber Daya Manusia (SDM) untuk ikut berkembang.
Peran pelaku HRD berperan untuk mengayomi sumber daya manusia dalam menghadapi perkembangan itu.
Manfaat Memiliki Sertifikat Kompetensi bagi pelaku HR
Berikut beberapa manfaat memiliki sertifikat kompetensi bagi pelaku HR, sebagai berikut :
✓ Mampu dalam melakukan fungsi koordinasi pada bidang-bidang lainnya di dalam perusahaan
✓ Siap sedia dalam melakukan tugas-tugas yang secara langsung bersentuhan dengan masalah pegawai seperti mempekerjakan dan juga memberhentikan pegawai, memberikan penghargaan atas prestasi pegawai, serta mengevaluasi kinerja pegawai
✓ Mampu dalam merumuskan strategi dan juga tujuan kebijakan perusahaan atau organisasi
✓ Dapat memberikan saran kepada pemimpin perusahaan apabila timbul hambatan-hambatan dalam kinerja perusahaan atau organisasi
Itulah beberapa manfaat-manfaat memiliki sertifikat kompetensi bagi pelaku Human Resources (HR).