Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the thim-core domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/akademikombasco/public_html/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the wedevs-project-manager domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/akademikombasco/public_html/wp-includes/functions.php on line 6114

Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the wordpress-seo domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/akademikombasco/public_html/wp-includes/functions.php on line 6114
4 TREND SOCIAL MEDIA - Akademi Kombas

Uncategorized

4 TREND SOCIAL MEDIA

4 trend social media – Sudah banyak jenis social media yang muncul saat ini dan juga dengan pengguna yang banyak pula. Banyaknya pengguna social media memunculkan adanya trend yang biasanya akan banyak untuk di coba.

 

Trend merupakan segala sesuatu yang saat ini tengah ramai di perhatikan, dikenalkan, di bicarakan, maupun dimanfaatkan oleh banyak masyarakat pada saat tertentu. Tanda-tanda apabila sebuah objek tengah menjadi trend adalah jika pada saat tersebut menjadi pusat pembicaraan dan pusat perhatian serta sering digunakan oleh banyak orang.

4 trend social media

Tentu saja sebagai pengguna social media anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya trend. Sudah banyak trend yang berkeliaran pada social media saat ini. trend tersebut dapat berupa trend edukasi, trend dance atau terdapat juga trend yang menyeleneh. Berikut ini 4 trend yang tengah ramai pada social media marketing :

1.Short from video

Short from video merupakan sebuah konten video berdurasi pendek. Biasanya konten jenis ini berdurasi kurang dari 60 detik. Walaupun begitu, terdapat pendapat yang mengatakan bahwa konten jenis ini dapat berdurasi hingga tiga menit. Video ini memiliki karakteristik sebagai konten yang berukuran kecil. Dengan tujuan agar video mudah untuk dicerna sehingga pelihat dapat dengan mudah menelusuri serta menonton beberapa jenis video sekaligus.

 

Telah banyak platform yang menyediakan fitur video pendek pada social media. Terdapat tiga platform yang tengah ramai digunakan untuk membuat video pendek. Platform tersebut berupa TikTok, Instagram dan juga YouTube. membuat video pendek dengan menggunakan platform ini terbilang cukup mudah.

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan video pedek agar banyak dilihat oleh pengunjung. Berikut dibawah ini merupakan hal yang harus diperhatikan anatara lain :

  • Memperhatikan trend yang sedang populer
  • Memulai dengan sebuah kail (dengan sebuah pancingan agar pengunjung tertarik untuk melihat)
  • Membuat konten yang relevan atau sesuai
  • Menggunakan ulang video berdurasi panjang
  • Lebih baik berdurasi kurang dari 60 detik
  • Melakukan posting secara konsisten
  • Menggunakan teks dengan strategis
  • Melakukan rekam secara vertikal atau potrait

 

2.Sustainbility

Sustainbility atau dapat di artikan sebagai suatu proses pendekatan dalam menjalankan suatu bisnis dengan cara mempertimbangkan dampak terhadap sekitar. Tujuan dari sustainbility yang utama adalah untuk mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, perlindungan lingkungan serta kesejahteraan sosial.

 

Keberlanjutan social media merupakan penggunaan platform social media secara bertanggung jawab untuk melakukan promosi berkelanjutan, melakukan iklan upaya ramah lingkungan pada suatu merk serta mendidik para pengunjung mengenai isu keberlanjutan yang terkait dengan merk.

 

Social media dapat menjadi cara yang bagus untuk merk untuk mempromosikan upaya keberlanjutan serta mengadvokasi perubahan yang lebih luas. Dengan sustanbility pada social media anda lebih mudah untuk menargetkan konsumen secara langsung dan mengetahui komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan.

 

3.Fitur social commerce

Saat ini pada social media telah muncul fitur baru yaitu e commerce. Dimana para pengguna social media dapat melakukan pembelian atau menggunakan jasa langsung dari aplikasi. Social media yang biasanya terdapat fitur e-commerce yang tengah ramai adalah Instagram dan TikTok.

 

Banyak orang yang menggunakan fitur ini karena memiliki manfaat yang dapat membantu proses pemasaran yang dilakukan pada sebuah merk.  Manfaat yang dapat anda dapat adalah :

  • Penjualan global

Dengan adanya e-commerce dapat memungkinkan sebuah perusahaan maupun pemilik usaha dapat menjual produk kepada konsumen yang lebih banyak.

  • Penguranagan biaya

Pengurangan biaya pada proses memasarkan suatu produk baik barang maupun jasa dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

  • Pengurangan harga pada produk

Dengan adanya e-commerce harga dapat ditekan murah untuk menarik para konsumen agara tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

  • Waktu lebih efisien

Waktu dalam untuk memasarkan produk akan jauh lebih efisien apabila menggunakan e-commerce. Selain itu keuntungan yang didapat bagi konsumen adalah konsumen tidak perlu datang langsung ke toko untuk membeli produk.

 

4.Personalisasi

Social media saat ini telah menjadi tempat untuk melakukan pemasaran yang di anggap paling ampun dan efisien untuk memasarkan sebuah produk baik barang maupun jasa. Personalisasi sendiri terdapat dua macam, seperti basic personalization dan hyper personalization.

 

Basic personalization biasanya di lakukan secara segmentasi. Misalnya pemisahan antara customer satu dengan custumer lainnya dengan perbedaan produk yang di minati. Perusahaan dapat mengetahui dan memberikan treatment yang berbeda pada setiap customer. Sebab sesungguhnya bicara menegnai customer next adalah berbicara mengenai pengalamn personal.

 

Sedangkan hyper personalization dapat menjadi suatu tantangan besar bagi perusahaan sebab ini menyangkut mengenai data besar. Contoh dari hyper personalization adalah sebuah aplikasi yang akan memberikan sugesti produk yang berbeda pada setiap penggunanya. Sugesti ini biasanya terbentuk karena adanya pengalaman pelanggan. Hal ini membutuhkan personalisasi yang cukup besar.

 

4 trend social media di atas sudah sangat sering kita jumpai ketika kita membuka sebuah social media. pada setiap platform pasti memiliki trend yang tengah ramai orang gunakan. Sebagai pelaku binis anda dapat memanfaatkan trend yang tengah ramai untuk menaikkan volume penjualan pada produk yang di tawarkan.

 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut anda dapat mengikuti pelatihan bersama Akademi Kombas.

Telp/WA : https://wa.me/628112829002

Instagram : @akademikombas